2016/11/17

mengatasi artikel banyak tapi cuma sedikit yang di index google

Tags
Bagaimana cara mengatasi artikel yang sudah banyak tapi cuma sedikit url yang terindex digoogle ?

Ketika kamu mengetikkan kata kunci " Cara agar website terindex google" dan melihat blog dan web 10 besar pada bagian halaman depan google yang membahas tentang hal tersebut itu artinya kamu sudah mendapatkan jawabannya sebab blog yang terindex baik di google akan menempati posisi paling atas saat mereka melakukan dan menerapkan teknik indexing dan seo yang baik.

Tapi ! penjelasan dan tutorial untuk blogger pemula wajib disertakan dengan penjelasan yang informatif,mudah dipahami dan rampung melingkup pembahasan bagaimana cara blog itu bisa berada di halaman depan , cara dia bagaimana, melakukan apa,  wajib juga disertakan dalam penjelasannya . untuk itu saya mencoba untuk berbagi beberapa hal seputar rahasia halaman pertama google yang saya pahami semoga apa yang akan saya jabarkan boleh benar adanya .

Tidak sedikit blogger pemula selalu menanyakan bagaimana cara agar artikel blog cepat terindex di google , Tentu saya selaku admin yang memiliki blog dengan isi tutorial blogging wajib untuk menuntun mereka mengenal lebih jauh blogging yang yang sebenarnya , bukan hanya mengambil kesempatan menjadikan blogger itu sebagai visitor tanpa memberikan informasi yang dibutuhkannya

Informasi mengenai cara agar artikel postingan cepat terindex goolge yang akan kita bahas ini caranya simple saja , artinya setelah saya melakukannya saya memastikan bahwa hal ini tidak susah , yang dibutuhkan hanya dengan membaca artikel ini sampai habis dan mengikuti setiap instruksi yang saya bagikan , dengan demikian kamu dapat pahami mengapa artikel sudah banyak tapi sedikit saja yang terindex.

Tentu agar blog terkenal dan banyak pengunjungnya harus melewati tahap yang tidak sebentar , ada banyak hal dan cara yang harus kita kembangkan terlebih dulu seperti bagaimana cara kita memberikan informasi yang berharga serta pengolahan web atau blog yang profesional dan  bagaimana mencakupi banyaknya artikel yang sudah kita buat dalam web atau blog kemudian melihat apakah semuanya sudah terindex.

Ada juga beberapa blogger sibuk mencari cara membuat blog muncul dihalaman pertama google sedangkan artikel atau postingannya belum terindex 😋 seperti yang saya katakan tadi dibutuhkan banyak waktu untuk belajar , tidak ada cara yang instant akan tetapi jika kamu mau belajar dan mau memahami saya jamin bahwa tidak ada yang tidak mungkin jika kamu ada niat begitu pula dengan dunia blogging , indexing , page one , semua bisa diatasi dengan mudah ! mari belajar sama sama...

Salah satu cara agar blog mudah di temukan di mesin pencari dengan mengetikkan ( site:alamatblogmu.com ) di kolom search , silahkan kamu coba , tapi saya tahu bahwa yang kamu maksud bukan begitu , yang kamu maksud yakni cara agar artikelmu mudah ditemukan ketika seseorang mengetikkan kata kunci artikel itu , benar demikian bukan ? kalau begitu yang kamu butuhkan adalah mengindex terlebih dahulu artikelmu ke search engine dan belajar sedikit mengenai seo , beberapa artikel dalam blog ini sudah mengulas masalah seo tersebut , kamu boleh baca dan terapkan.

google web master submit url salah satu tools yang bisa kamu gunakan untuk mengindex url artikel atau halaman blogmu , caranya kunjungi https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url kemudian isi link artikel mu yang mau kamu index atau masukkan ke mesin pencari google setelah itu menunggu beberapa menit sampai artikelmu benar2 terindex caranya copy url artikelmu kemudian masukkan ke kolom pencarian . jika judul artikelmu sudah muncul itu artinya artikel itu sudah terindex .
google web master submit url

Tapi terindexnya sebuah artikel bukan menjadi tolak ukur untuk menempati posisi pertama google . logikanya , artikelmu tetap ada didalam google tapi mungkin posisinya jauh dibelakang kompetitor papan atas Atau mungkin jauh sekali.. cara melihat posisi artikel dimesin pencari gunakan tools ini http://www.whatsmyserp.com/serpcheck.php isi kolom domain dengan link artikelmu dan google untuk regionnya kemudian check
Bagaimana cara mengatasi artikel yang sudah banyak tapi cuma sedikit url yang terindex digoogle ?
Jika kamu bersaing dengan kata kunci yang sama dan lagi trend dan sudah banyak dibahas oleh kompetitor blogger lainnya saya berani katakan artikelmu tidak akan bisa menempati posisi baik di mesin penacari apalagi jika kamu blogger pemula yang baru saja mengindex artikel tersebut kecuali jika kamu pandai dalam hal seo onpage ( penulisan artikel yang baik ) atau yang punya google itu bapakmu :D


Nah, untuk menerangkan penyebab Artikel blog sudah banyak tapi sedikit url yang terindex digoogle penyebabnya bervarian
  1. Belum dirayapi robot mesin pencari
  2. belum disubmit lewat web master tools
  3. kata kunci bersaing dengan papan atas lalu artikelmu tidak bermutu
Cara mengatasi hal tersebut dengan memanfaatkan google web master tools untuk mengindex artikel kita agar mudah dirayapi oleh robot mesin pencari dengan melakukan submit sitemap ke web master tools dan feetch as google . disimak !

Panduan submit sitemap dan feetch as google di web master tools

Sebelumnya catat dulu beberapa sitemap yang bisa kamu pakai nanti supaya banyak url artikelmu yang boleh di index google
  • feeds/posts/default?orderby=updated
  • feeds/posts/default
  • atom.xml
  • sitemap.xml
  • atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
Sekarang masuk ke webmaster tools , pada dashboard web master klik menu crawl kemudian pilih sitemap
Panduan submit sitemap dan feetch as google di web master tools

Lanjut klik add/test sitemap di kolom sitemap isi satu persatu sitemap yang saya kasih diatas tadi
Panduan submit sitemap dan feetch as google
lanjut isi kolom
Panduan feetch

cara isinya tanpa menggunakan tanda ( / ) jika sitemap yang mau dimasukkan contoh atom.xml jadi isi (atom.xml)


Lanjut menggunakan feetch as google . maksudnya kita membiarkan google merayapi dan mengambil halaman kita dengan posisi yang sekarang . tips dari saya pastikan kamu melakukan ini jika situsmu sudah siap di luncurkan, jangan menggunakan ini jika kamu selalu berganti template . cukup jika kamu sudah siap dan rasa sudah pas baru lakukan ini, kalaupun harus melakukan ini biarkan semua url terindex terlebih dahulu baru melakukan feetch lagi .

Ada dua jenis feetch yang mesti kamu tahu juga .
  1. feetch untuk halaman
  2. feetch untuk artikel beserta backlinknya

Feetc ass google untuk halaman depan

Masih di dashboard web master tools klik menu feetch as google kemudian klik feetch and render . maksudnya ambil dan render termasuk semua data java script yang ada pada templatemu . ini penting !
Feetc ass google untuk halaman depan
kemudian klik request indexing . ajukan index maksudnya :p

request indexing






Feetch as google untuk artikel


Untuk feetch artikel kamu boleh pilih menu feetch saja, masukkan url tanpa menggunakan tanda (/)
contohnya
Feetch as google untuk artikel





Tapi ingat.. semua ketentuan masalah indexed atau deindex semua tergantung pada mesin pencari . tidak semua artikel juga akan di index sebab seperti yang saya katakan tadi artikel yang bersaing dengan kata kunci ketat kemudian secara tiba tiba berada pada bagian depan akan dipertimbangkan terlebih dahulu, akan di filter dan di sanboxed terlebih dahulu, selama masa uji coba jika artikel saya dinyatakan original dan memang bermutu selama masa uji coba akan dilepas dan boleh menduduki posisi paling baik. salah satu artikel saya yang tingkat persaingannya kuat dengan kata kunci ( trik seo )  artikel tersebut sempat bertahan 2 hari di bagian depan lalu masuk tahap pertimbangan atau sementara waktu tidak di index .
Submit artikel blog di google agar cepat terindex


Tutorial diatas untuk melakukan submit sitemap supaya artikel terindex di mesin pencari . untuk lebih bagus dan seonya makin joss tambahkan widget sitemap di blog . caranya buat halaman baru,beri judul sitemap kemudian pada penulisan pilih penulisan html bukan compose
Kemudian isi dengan script berikut

<div id="bp_toc">
</div>
<script src="https://cdn.rawgit.com/Arlina-Design/redvision/master/sitemap-content.js" type="text/javascript"></script> <script src="/feeds/posts/summary?alt=json-in-script&amp;max-results=9999&amp;callback=loadtoc" type="text/javascript"></script>

<style scoped="" type="text/css">
#comments {display:none;}
</style>
dan hasilnya akan seperti ini DEMO Fungsinya sebagai link internal kita, akan di index juga oleh mesin pencari.


Demikian sedikit pencerahan dari saya mengenai mengatasi artikel banyak tapi cuma sedikit yang di index , Mohon maaf jika ada sedikit cara penuturan yang kurang dimengerti , kamu dapat berkomentar dibawah supaya saya bisa lagi menjelaskan apa yang kamu butuhkan.

Happy blogging !

8 komentar

sangat membantu kang tutornya, lengkap dan mudah dimengerti buat ane yg pemula ini..

ijin bookmark gan,, ini yang ane cari2 ,,
terimakasih gan..

Seep, silahkan di bookmark dan di terapkan

Artikel nya bermanfaat min ...
Mudah dpahami ...

Kunbal ya min

sangat membantu buat saya yang masih newbie gan.
kalo boleh tau optimasi seo off page apa apa aja mas biar blog saya makin joss hehe

Teknik seo off page artinya diluar daripada laman berarti alurnya menuju ke :
1 - Template
2 - backlink
dan cara optimas lain diluar daripada oprimasi laman

Mantap, akan saya coba. Sebab artikel saya sudah banyak tapi kok google indexnya sedikit banget.

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

EmoticonEmoticon