Blogging cara tepat untukmu

Contoh Artikel Yang Seo Friendly Dan Teknik Seo Onpage

Sebuah artikel yang seo friendly dan teknik Seo onpage saat diterapkan memiliki status susah susah gampang . Oleh karena itu , Untuk Menjawab beberapa pertanyaan dari sobat bloggers yang ada difacebook dan meminta saya untuk membuatkan contoh artikel yang seo friendly maka postingan kali ini akan coba saya ulas semaksimal mungkin .
Contoh artikel yang seo friendly

Sebelum lanjut kebawah Membahas mengenai cara membuat artikel seo dan penerapannya secara teknik seo maka sebelumnya poin yang perlu kalian tahu yakni target kata kunci yang saya bidik Harus ada pada judul artikel  .  Sengaja saya tidak sebutkan diparaggraf ini sebab berpotensi dianggap spam karena apa yang akan saya bagikan ilustrasinya sama dengan kata kunci yang saya coba bagikan pada tutorial ini  . Nah untuk selanjutnya saya akan lanjut perkuat kata kunci saya di paraggraf bawah .

Ingat..jika artikel ini hanya sebagai Contoh artikel yang seo friendly saja saya akan usahakan postingan ini supaya human friendly tapi untuk kualitas seonya kita lihat nanti saja setelah artikel ini terindex ke mesin pencari . Tapi seebelumnya bagi anda yang belum mendadaftarkan blognya ke kebanyak search engine boleh baca artikel yang membahas Panduan mendaftarkan blog ke search engine google bing dan yandex

Baik, Kita lanjut bahas tentang seo artikel .

Yang dimaksud Artikel berkualitas seo dengan penempatan kata kunci yang baik yakni artikel yang disisipkan keyword relevan . Anda bisa mendapatkan keyword relevan dengan mengunakan fasilitas google suggestion sebagai upaya anda melakukan riset keyword yang artinya menggunakan hasil yang pernah diketikkan seseorang Pada mesin pencarian .

Sebagai bahan dasar praktek seo kali ini saya coba mengetikkan Contoh artikel yang seo friendly pada google dan saya disajikan beberapa sugesti ,seperti :
Sengaja saya sajikan berbentuk gambar sebab jika saya tuliskan bukan tempatnya disini . Nah Kalimat terkait ini akan saya urai kedalam artikel yang mau saya perkuat seonya . Saya akan menjelaskan sekalian menerapkan . tugas Anda cukup memperhatikan bagaimana saya menerapkannya .

Contoh Membuat artikel seo friendly

Berikut contohnya . Perhatikan saya sudah uraikan satu kali kata kunci pada sub judul diatas ( tag h2 ) yakni menggunakan kata ARTIKEL dan SEO. kemudian uraian pada kalimat pembuka setelah sub judul yang anda sedang baca ini saya buat sebisa mungkin  memiliki banyak karakter sebab semakin banyak uraian pada bagian ini akan lebih kelihatan natural .

Sub judul diatas saya beri tag heading atau tag h2 untuk memberitahukan ke mesin pencari bahwa itu adalah sub judul yang membahas tentang artikel seo friendly . Berikutnya kita akan mengurai satu persatu kata kunci relevan tadi dengan menggunakan tag heading lainnya seperti tag h3 hingga menggunakan tag lainnya .

Untuk memposisikan tag itu Anda bisa sedikit kreatif . Yang penting artikel yang anda buat itu enak dibaca .Tetap mengutamakan pembaca bukan robot, ciptakan konten untuk manusia bukan untuk robot . jika Artikel human friendly maka artikel itupun seo friendly .

Sekarang saatnya saya gunakan kata kunci dari sugesti tadi dengan mengurai satu persatu .

A. menempatkan kata kunci yang baik pada postingan


Buat lagi satu sub judul seperti diatas tapi kalimatnya bukan dengan mengulang kata kunci melainkan menggunakan kata relevan lainnya atau berkaitan dengan penjelasan yang di bidik . Itu artinya semantic keyword . Kemudian pada bagian sini tidak usah panjang panjang , buat simple saja.

1. Gunakan tag heading

Sampai disini penyebaran kata kunci yang dibidik sudah saya sebar beberapa kali . Yakni di judul utama dengan tag h1 kemudian di tiap tiap paraggraf dan pada sub-sub judul . Kecuali untuk penggunaan tag kecil tidak sematkan sebab posisinya bukan disini .

2. Tempatkan kata kunci relevan di tiap-tiap paraggraf

Berapapun paraggraf yg Anda buat pada sebuah artikel usahakan paragraf tersebut anda isi dengan kata kunci . semakin relevan ( kata kunci turunan ) maka akan semakin baik . Cara menggunakannya Anda bisa memenggal kata kunci tersebut dengan mengambil satu atau dua kata dari judul utama tapi ingat harus tertarget  ( short keyword ) atau bisa membuatnya justru agak panjang ( long tail keyword )

3.Gunakan sinonim kata

Gunakan sinonim kata . sebagai contoh :
  • Kata = karakter
  • keyword = kata kunci 
  • artikel = postingan
Gunakan kata kata sinonim untuk menyebar kata kunci bidikan , tidak usah kuatir masalah apakah akan tetap diperhatikan atau tidak, googlebot pintar kog !

4.Perkuat internal link

Internal link berfungsi bukan untuk mendonkrak sebuah artikel ke mesin pencari . banyak definisi yang menurut saya akan pengertian internal link . fungsi sebenarnya adalah untuk meningkatkan page view dari artikel ke artikel .Maka dari itu, ketika sebuah Artikel memiliki navigasi yang baik maka akan dianggap sebagai artikel yang seo frindly karena lebih dulu mengutamakan kenyamanan pengguna .

Sebagai contoh jika saya membuat sebuah artikel dan ada poin tertentu yang saling berhubungan dengan artikel yang sementara anda baca maka itu namanya saya menavigasikan anda . Disini untuk menjelaskannya secara rinci hal tersebut hanya akan butuh tempat yang banyak dan mungkin sangat banyak maka dari itu saya suguhkan beberapa artikel terkait dengan menyertakan link dari artikel tersebut.

5.Buat banyak paraggraf

Para pakar seo selalu merekomendasikan kita untuk membuat banyak paraggraf setiap kali kita membuat sebuah artikel .

Tahu alasannya kenapa ??

Ada yang menjelaskan bahwa artikel dengan banyak paraggraf pasti memiliki banyak kata , semakin banyak kata maka artikel itu dianggap artikel yang bermutu. rata rata direkomendasikan seperti itu . Kiranya Anda membuat artikel paling sedikit 1000 karakter .

Saya pribadi mendefinisikan bahwa dengan membuat banyak paraggraf dalam sebuah postingan itu bertujuan supaya kita dapat menempatkan banyak kata kunci .

6. menulis untuk manusia bukan untuk robot

Google sangat benci dengan arikel yang tidak ilmiah . Jangan menghambur banyak sub judul tanpa dinavigasikan secara baik . Buat artikel itu enak dibaca dan dan buat sebuah artikel untuk manusia seperti yang sudah sy jelaskan di beberapa paraggraf diatas bahwa artikel human friendly berarti seo friendly.

7. Kelengkapan konten

Tahu makna kelengkapan konten ? kelengkapan konten bukan berarti anda sudah membuat Judul , sub judul , paraggraf demi paraggraf hingga tiba pada ending yakni kesimpulanlalu dapat dikatakan bahwa itu sudah lengkap .

Saya jelaskan makna kelengkapan konten yakni sebuah konten disuguhkan lengkap dengan navigasi pendukung seperti kamu menjelaskan sebuah tutorial , nah di tutorial itu sebisa mungkin ajak pembaca untuk mengerti apa yang kamu sampaikan berupa gambar dan penjelasannya atau mungkin mengajak pemirsa untuk menonton sebuah video dengan begitu apa yang kita sampaikan melalui sebuah artikel betul betul disuguhkan secara lengkap

Tapi jangan membuatnya jadi kacau .
Apa jadinya jika gambar yang kamu pasang atau video yang kamu sematkan tidak sesuai dengan apa yang kamu tuturkan .

8 . Buatkan jumlah jumlah point

Seperti yang saya lakukan dengan memberikan 8 poin pembahasan . tujuan ini untuk memberitahukan pada pengguna bahwa hal ini dijelaskan dengan ada hal yang perlu diperhatikan. jangan ambil kesamaan dari artikel ini sebab artikel ini cuma contoh saja tapi penerapan yang harus kamu lakukan yakni apa yang saya jabarkan.


B. Penerapan Seo onpage pada artikel

Beberapa teknik dasar seo friendly dan onpage sudah saya jelaskan diatas seperti penempatan kata kunci artikel, membuat artikel panjang , memenggal keyword dan tata cara menyematkan keyword relevan didalam sub sub judul . Kali ini saya akan bagikan cara penerapannya saja supaya kamu tidak kebingungan . diantaranya :

  • Fokus pada paragraf pertama .
  • Optimasi dengan link internal
  • Gunakan tag alt dan title serta attribusi pada gambar
  • Terapkan permalink atau permanent link

1a . Fokus penuh pada paragraf pertama

Banyak sumber mengatakan bahwa kata kunci sebaiknya disematkan pada 100 kata pertama atau paling tidak tempatkan pada kalimat pertama atau kedua untuk mendapatkan hasil seo yang baik dan Untuk mendapatkan kata kunci yang bagus kamu gunakan fasilitas google sendiri seperti google keyword planer tools, dengan begitu akan ada banyak ide untuk menyematkan kata kunci dalam sebuah artikel.


Jangan terlalu berlebihan menabur kata kunci pada bagian pertama paragraf tapi fokus lah pada 2-3 kata yang sangat mendominasi , salah satu contoh semisal anda mebuat kata kunci Cara Simple riset keyword video youtube berarti kata yang lebih fokus untuk dijadikan kunci yakni cara-riset-keyword.

2b . Optimasi link internal sebagai backlink

Walaupun mesin pencari seperti google selalu update algoritma dan mengubah proses penelusuran sampai kapanpun itu backlink akan tetap berperan penting untuk pengembangan sebuah seo , disini bisa disimpulkan bahwa penaruh backlink sangat dibutuhkan .

Internal link , selain berguna untuk menambah jumlah page view, fungsi lainnya juga akan mendongkrak artikel dari sumber link tersebut . jika spider mesin pencari setuju dan suka dengann penempatan internal yang baik maka tidak menutup kemungkinan 2 artikel sekaligus bisa nangkring di halaman depan serp. ada banyak kejadian yang pernah saya temukan kedua artikel dalam satu blog nangkrig bersamaan pada halaman depan google . ini artinya yang membuat artikel tersebut benar2 fokus pada internal link .

Saya menyarankan kalaupun penggunaan internal link sangat direkomendasikan tapi jangan menanam terlalu banyak . maksimalkan 2 sampai 3 saja supaya tidak dianggap spam . untuk medapatkan hasil maksimal kamu bisa kreasikan dengan anchor text yang relevan dengan artikel yang tersumber.

3c. Gunakan tag alt dan title serta attribusi pada gambar

Setiap kali mengupload sebuah gambar ke dalam artikel berapapun banyaknya gambar tersebut isi dengan title dan alt tag . alt tag isi dengan kata kunci dan title isi dengan kata relevan.

Kemudian lengkapi dengan memberikan attribusi . attribusi boleh berupa keyword boleh berupa kalimat yang menyertakan sumber ( sumber gambar ini : www.llalalalalala.com ))

4d. Terapkan permalink atau permanent link

Pengoperasian permalink sangat direkomendasikan oleh pakar pakar seo . pemenggalan Long tail keyword akan lebih maksimal jika sebuah link artikel di penggal atau dibuat pendek . sebagai contoh
  • http://www.omblogging.com/2016/11/contoh-artikel-yang-seo-friendly-dan.html
Hasil pemenggalan untuk mendapatkan permalink yang baik
Semakin pendek permalink makin bagus. kamu juga boleh menggunakan dua kata saja pada link permanent semisal mengambil kata artikel-seo tapi bukan saran saya sebab kata kunci artikel seo memiliki banyak pesaing .

5e. isi deskripsi penelusuran.

Ini sangat penting juga , setelah selesai membuat artikel jangan terburu-buru untuk segera mempublikasikannya , ingat untuk mengisi deskripsi penelusuran terlebih dulu . caranya higlight beberapa kalimat pada paraggraf yang menurut kamu lebih kuat dan titik kata kuncinya sangat pas kemudian copy lalu paste kekolom deskripsi baru setelahnya klik publikasikan.


Nah demikian penjelasan mengenai Contoh artikel yang seo friendly dan teknik Seo onpage pada web ataupun blog, untuk mendapatkan posisi terbaik pada mesin pencari terlebih dulu lakukan riset keyword dan cari keyword yang memiliki kompetitor rendah , dengan begitu saya bisa pastikan bahwa postinganmu bisa nangkring di bagian depan halaman google setelah menerapkan langkah-langkah diatas .  semoga bisa bermanfaat yah...dan terima kasih sudah berkunjung .
Tag : seo
2 Comments for "Contoh Artikel Yang Seo Friendly Dan Teknik Seo Onpage"

oh jadi seperti itu ya om membuat artikel yang seo freindly. saya sih sama dengan om menggunakan google suggestion, dll untuk mengambil keyword yang relavan hihihi

Keyword sugesti juga belum cukup tapi bagaimana kita bisa membuat artikel tersebut benar2 bisa ada pada halaman depan google yakni penerapan kata kunci yang baik.

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Back To Top