2016/11/07

Cara Riset Keyword Yang Benar Dan Cara Menggunakannya

Tags
Tahukah Anda sebelum membuat artikel sebaiknya terlebih dulu kata kunci untuk judul artikel tersebut harus di riset terlebih dulu ? Dengan keyword yang baik kemudian disusul dengan Penempatan Keyword yang Efisien Artikel anda tentu akan mendapatkan hasil yang baik dimesin pencari .Namun Meriset keyword Tidak seperti menebak saja,  sebab sebuah judul artikel adalah titik terbaik untuk menempatkan kata kunci yang nantinya bisa mengantar artikel tersebut untuk bisa berada pada posisi terbaik dimesin pencari .

Agar bisa mendapatkan Keyword untuk Judul yang nantinya mau dijadikan sebuah kata kunci terlebih dulu Anda mencari satu kata yang paling kuat dan tertarget . Kata inilah yang nantinya dikembangkan hingga bisa menjadi sebuah judul . Jadi , Tidak hanya lihat dan pakai . Harus tahu dulu seberapa besar peluangnya . 
Agar bisa lebih baik dalam mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari maka kata kunci tersebut harus dioptimalkan dengan sangat baik dan benar.  Karena itu Omblogging kali ini dalam artikel ini akan berbagi sedikit tips tentang cara saya meriset keyword tanpa menggunakan google adword keyword planer tapi saya akan sedikit berbagi mengenai cara paling mudah riset keyword dan cara yang baik untuk menggunakannya. 

Lantas bagaimana bisa mendapatkan keyword yang baik dan menggunakannya ? ? sebab seperti yang kita tahu untuk mendapatkan fasilitas gratis di google keyword planer sekarang sudah begitu susah yang hanya diperuntukkan bagi advertiser yang membayar saja . Namun anda perlu tahu bahwa untuk melakukan riset keyword anda bisa menggunakan berbagai cara dan artikel ini akan diberitahukan kepada anda tentang cara lain dengan fungsi yang tidak jauh berbeda ketika menggunakan tools berbayar yakni dengan menggunakan google sugestion dan keyword io tool. 
kita akan kombinasikan kedua tools ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam menempatkan kata kunci yang baik dalam satu artikel .


Riset Keyword Menggunakan Fasilitas Gratis


Beberapa hal yang dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan tools online gratisan seperti google sugestion dan beberapa tools online lainnya yang tentunya tidak mengeluarkan uang sedikitpun namun hasil yang didapatkan bisa lebih maksimal layaknya tools premium , selama anda menggunakannya dengan dengan jeli dan terampil.

1 ) Menggunakan Google Sugestion

Apa itu google sugestion ? google sugestion adalah sugesti atau kata relevan yang ditampilkan pada menu pencarian yang pernah di ketik orang . Oleh karena itu kita akan memanfaatkan tool gratis ini untuk mencari keword di google pencarian. Sebagai contoh judul target kita adalah " cara riset keyword " Sekarang mari menuju ke google search .. ketikkan kata kunci kita dan selalu menambahkan spasi di akhir kalimat kata kunci ini fungsinya untuk menampilkan kata yang relevan sebagai contoh perhatikan gambar dibawah .
2 cara riset keyword yang paling benar


Terlihat ada beberapa kata kunci relevan yang pernah diketik orang dan masih berhubungan seputar dengan target kata kunci awal. maka.. untuk membuat judul artikel yang sebaiknya di gunakan adalah mengkombinasikan beberapa sugesti yang disarankan .

2 )MenggunakanTools Online Gratis Yaitu Keyword Tool.io

Sekarang buka keywordtool.io yakni  tools online untuk mencari keyword secara gratis
Caranya mudah, hanya mengisi kata kunci kita maka kata kunci yang relevan juga akan ditampilkan bedanya di keyword tool io menampilkan informasi kata kunci relevan yang lebih banyak, lalu di tools online itu juga ada fasilitas mencari keyword khusus youtube dan web lainnya seperti bing.





Riset Kata Kunci MenggunakanTools Online Gratis Yaitu Keyword Tool.io


Hasil yang akan kita dapatkan akan sangat banyak, disini Anda harus memiliki ide serta pandai dalam ber kreasi merangkai kata kata, sebagai cntoh lagi untuk lebih mudah dipahami . " cara riset keyword " kemudian kata relevan yang ditampilkan , youtube , dengan market samurai,adsense,gratis,google,semrush,hpk,paling jitu, di google dan lainnya, maka jika saya mau kreasikan untuk mendapatkan kata kunci yang lebih baik yakni dengan menambahkan kata relevan lainnya pada judul artikel saya, hasilnya sebagai berikut :

  • Saya akan menempatkan kata youtube dan paling jitu jadi hasilnya Cara paling jitu riset keyword youtube Terlihat kata kalimat target awal cara riset keyword itu tetap ada lalu lebih jelas jika berhubungan dengan youtube dan lebih menarik sebab ada penambahan kata cara jitu
    .
  • Kata relevan berikut jika artikel yang mau anda bahas adalah tentang seputar permasalahan 
    mencari keyword dan berhubungan dengan adsense , Maka salah satu contoh penempatan yang lebih baik adalah cara paling jitu riset keyword adsense dan youtube. terlihat lebih informatif dan lebih bersaing sebab ada kata youtube dan adsense ditambahkan . Itu terlihat mudah bukan ? tapi tunggu dulu.. karena adanya penambahan kata adsense dan youtube maka isi artikelmu harus lebih informatif membahas tentang riset youtube dan adsense .


3- Menggunakan Sponsor Yang Tampil Dalam Blog

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan tawaran yang disediakan dalam blog ini . Jika anda tidak bisa melihat sponsor tersebut coba anda matikan dulu " Adblock " Anda . Sponsor yang tampil ada dua macam :
  1. Fasilitas gratis
  2. Premium tapi ada trial
Nah, walaupun ada masa trial tapi tetap saja bisa digunakan sebagai project anda dalam melakukan riset keyword .Apalagi jika tawaran mereka gratis . Terkadang para pengiklan ini menyediakan fasilitas atau sebuah tools untuk bisa digunakan mencari kata kunci dan tentu tools tersebut terhitung mumpuni alias Ampuh . Jadi Anda juga bisa mencoba dengan mengunjungi website mereka .


Anggaplah sekarang Sudah paham Cara Mencari Kata Kunci Artikel Dari Google Untuk Membuat Artikel Menarik lalu kemudian calon judul sudah jadi , artinya kita sudah menyediakan judul yang bakal diklik lebih banyak orang , Tapi judul itu tidak akan berada pada posisi yang baik di serp jika isi artikelmu tidak informatif sesuai dengan kemauan robot mesin pencari , artinya sekarang disini tehknik dasar seo onpage harus dimaksimalkan . Tenang... cara ini tidak susah, kita hanya diwajibkan membuat artikel yang lebih spesifik sebagai berikut .perhatikan...

Gunakan Dasar Seo Onpage Setelah Riset Keyword


Apa tindakan selanjutnya ketika anda sudah mendapatkan hasil dari riset keyword ?? yang harus anda lakukan adalah memaksimalkan teknik dasar SEO utamanya teknik seo onpage , karena teknik seo onpage adalah teknik seo yang paling mudah dilakukan namun hasilnya sangat maksimal .

1 . Gunakan keyword di tiap paraggraf

Menjelaskan Dan menempatkan keyword di tiap tiap paraggraf . yah, setiap paraggraf yang Anda buat wajib ditempatkan di setiap paraggraf . kreasikan seperti keyword pertama simpan di awal paraggraf, kemudian di tengah pada paraggraf kedua dan di ujung pada paraggraf ketiga . Anda bisa mengulang penepatnnya saat isi artikelmu lumayan panjang di paraggraf-paraggraf berikutnya 

2. Jangan mengulang kata kunci yang sama

yah, kata kunci yang akan diulang-ulang akan dianggap sebagai spam . jadi bagaimana menggunakannya padahal kita sangat membutuhkannya ??  seperti yang saya jelaskan tadi disini kreatifitas di butuhkan. Kreasikan sinonim kata atau gunakan kata yang hampir sama . contohnya... "cara" bisa saja kata sejenis ini adalah "beginilah" bisa juga "fungsi" atau kata yang mau di ubah lain dan riset . Jika saya punya ide yang baik maka paragraf awal saya akan gunakan contoh

  • cara riset keyword di youtube
  • Beginilah cara riset keyword youtube 
  • Fungsi riset keyword

Dengan demikian , kata kunci anda selain makin kuat juga tidak akan di anggap spam. jadi setiap paraggraf di isi kata kunci yang relevan tapi tidak menghilangkan nilai informasinya.

3. Membuat Internal Link

Apakah ada artikel sebelumnya yang sama dengan artikel yang Anda buat sekarang ? atau mungkin hampir sama ? Jika yah maka silahkan baca Cara kerja link internal pada sebuah laman dan fungsinya Nah tempatkan judul artikel itu kemudian isi dengan link yang mengarah ke artikel itu . Ini Namanya internal link, Fungsinya untuk menavigasikan pengunjung, tenik seo pengalaman pengguna .  tapi jangan gunakan cara ini ketika artikel yang diarahkan tidak relevan dengan artikel yang dibahas.

4. Buat artikel yang panjang 

banyak yang bilang artikel yang panjang akan lebih informatif . Lalu artikel yang pendek bagaimana, kurang informatif ?? Bagaimana dengan artikel mengenai tutorial, rata-rata isinya pendek tapi informasinya lengkap . Alasan orang membuat artikel yang panjang sebab dengan artikel yang panjang akan banyak ruang untuk menempatkan kata kunci kita. setuju.. ??? yah harus setuju !!

5. Gunakan fungsi tag heading 

fungsi tag heading sangat sangat berperan penting dalam membuat sebuah artikel . urutannya begini ( Judul - kata pengantar - sub judul - isi artikel/penjelasan-kesimpulan -ending ) maka tag headingnya urutannya ( tag heading-text normal - Tag sub heading- text normal beserta embel2 keyword kita -tag minor heading yaitu kesimpulan - ending text normal )

Gunakan Kata Kunci Yang Paling Banyak Di Cari Orang Secara Manual


Seperti yang kita tahu bahwa google telusuri kata kunci artikel saat orang bertanya Anda juga dapat melakukan riset keyword Menggunakan fasilitas google trends ,sebab cara ini juga menjadi cara yang paling banyak digunakan orang dalam berburu keyword pilihannya, namun.. kadang kala untuk menggunakan cara ini susah bagi beberapa kalangan sebab adanya kurang pemahaman dalam proses mensetting menu-menu yang disediakan atau kurang mengerti atau tidak mau mengerti. Nah, kita dapat melakukan cara ini tanpa menggunakan google trends yakni secara manual dan tentu akan lebih baik sebab kita akan memilah milih tingkatan penelusuran . semakin sedikit nilai penelusurannya maka semakin sedikit kompetitor yang akan diajak bersaing . lihat gambar..

cara riset keyword

Cara riset keyword mendapatkan hasil pencarian  sekitar 203.000 berarti kompetiror ,kemudian kata kunci cara menggunakan cara riset keyword yang benar mendapatkan hasil sekitar
cara riset keyword yang paling benar
Mendapatkan hasil pencarian sebanyak 153.000 . disini tentu saya memilih yang long tail, sebab.. selain jumlah persaingan yang sedikit, kata kunci saya juga memiliki setidaknya informasi dasar yang dibutuhkan orang . tentu para pengunjung akan lebih memilih cara yang informatif ketimbang mau coba coba buka satu persatu website yang menyediakan kata kunci riset keyword.

Belajar Menggunakan Kata Kunci Yang Baik Dari Pengalaman Bloggers Lainnya


Kemudian cara yang paling baik untuk melengkapi pelajaran kita adalah belajar dari pengalaman, sebab pengalaman adalah guru yang lebih baik .
Disini kita dapat belajar dari para blogger lainnya . misalnya nih yah .. saat Anda lagi ber experiment mencari sebuah kata kunci tentu Anda akan meriset nya terlebih dahulu ke mesin pencari, kemudian akan ditampilkan beberapa website yang pernah mengulas masalah tersebut . nah Anda boleh coba untuk mengunjungi web atau blog tersebut kemudian perhatikan pola susunan artikelnya, jika dia berada page one itu artinya nilai artikelnya baik jadi pelajari dari sana.

Artikel yang lebih baik dimata google tidak serta merta harus sebuah artikel yang panjang, untuk menduduki page one juga tidak harus memiliki kualitas backlink yang banyak . justru dengan mengerjar page one dengan melakukan optimasi seo offpage ( berburu backlink ) akan berdampak buruk . Terutama situs2 baru pasti akan di filter dan dimasukkan kedalam sanbox sebagai masa uji coba situs ini .

Apakah Tanpa Backlink Artikel Bisa Page one ?


Saya senang dan selalu mempelajari apakah benar jika tidak memiliki backlink dapat berada di posisi page one ?? akhirnya pertanyaan saya terjawab juga . ada satu blogger yang pernah membahas tentang ini dan memang sudah dia buktikan . bukti yang paling besar adalah nampak bahwa di melampaui semua kata kunci yang berhubungan dengan video youtube lalu kompetitornya adalah youtube sendiri. wooww... its amazing ! jika Anda mau bukti silahkan ketikkan kata kunci di google " Video apa yang kau suka di youtube " dan lihat website apa duduk manis paling atas dan lihat dibawahnya rata-rata situs video youtube.

Cuma bermodalkan susunan tag heading yang baik, alhasil dia mengalahkan kompetitor inti yang menyediakan video paling banyak serta video itu ada di youtube dengan susunan target keyword video apa yang kau suka di youtube. www.mimaye.com juga adalah sebuah website baru , website yang berumur 1 bulan semenjak artikel ini saya buat . web ini tidak memiliki backlink, web ini cuma mengandalkan tehknik seo onpage, yang ditata rapi serta di pelajari dengan baik.

Anda dapat berkunjung disana sekalian belajar tata cara menggunakan keyword yang baik pada blog . Anda boleh membuka satu persatu artikelnya dan melihat pola pembuatan artikelnya.

Jadi pada kesimpulan artikel ini . sebelum membuat artikel, terlebih dulu kita menguji,riset secara baik , dengan beberapa cara paling mudah tapi tidak begitu mudah . alhasil yang biasa biasa saja akan menjadi luar biasa .

Sekian~~.

6 komentar

Om pribadi sebelum nulis artikel riset keyword dimna om?

Saya biasa pakai wordze dan sugestion google aja bro.

Sangat masuk akal penjelasan mengenai riset keyword dari omblogging..

Jujur saja saya baru menyadari bahwa saran kata kunci dari google bisa dimanfaatkan sebagai riset kata kunci yang sering dicari oleh calon pembaca..

Bermanfaat ini trik riset keyword nya..

Semoga saya bisa menerapkan cara riset kiwoord. Terimakasih .

Ini artikel yang saya cari mengenai cara riset keyword. Terimakasih infonya

ooo gitu ya, setelah saya baca artikel video apa yang kau suka di youtube, saja jadi lebih paham cara bikin artikelnya. sebenarnya dia cuma mengulang-ulang keyword yang nge-trend, lalu kata-katanya diganti dengan yang similar atau sinonim.

misalnya, suka = diminati = dicari = populer = hot
nah, dari kata hot itu dia kembangkan lagi menjadi
hot = ml = malam pertama = aksi goyang maut = porno = film dewasa

ya.. ya... ya... sekilas teorinya memang mudah ya oom, tapi entahlah gimana pas nanti saya praktek. tapi overall saya udah ngerti oom (semoga)...

makasih ya...

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

EmoticonEmoticon