Blogging cara tepat untukmu

Apa yang membedakan antara hosting dan domain dalam dunia internet ??

Mengenal perbedaan antara hosting dan domain dalam dunia internet -Hosting dan domain adalah istilah untuk Tempat dan alamat yang sering digunakan pada dunia jaringan internet. Sebutannya memang beda tapi hosting dan domain memiliki hubungan yang sangat erat dan kedua istilah tersebut susah untuk terpisahkan .
 
Para ahli dibidang jaringan komunikasi internet pasti mengenal betul untuk istilah tersebut , mereka tahu persis untuk menjelaskan secara rinci mengenai Pengertian domain dan hosting dalam dunia internet secara lengkap dan dapat menjelaskan apa fungsi keterkaitan kedua istilah tersebut

Tentu kita sebagai orang yang awam apalagi yang baru saja mengenal dunia internet dan mau coba untuk berkecimpung didalamnya tentu untuk mengenal istilah tersebut dibutuhkan seorang praktisi ahli untuk memberikan jawaban apa itu hosting dan apa itu domain Tapi lebih mudahnya dan secara gampang menemukan jawabannya yakni tadi melalui sebuah  jaringan komunikasi lengkap lewat internet seperti mesin pencari.

Saya akan coba sedikit untuk menjelaskan perbedaan antara web hosting dan domain name ini karena beberapa waktu silam saya mendapatkan pertanyaan dari seorang teman blogger lewat chating facebook mengenai kedua istilah tersebut , Dia bertanya bagaimana supaya alamat blognya tidak berakhiran blogspot lagi melainkan .com sebab ada referensi yang dia dapatkan diluar sana katanya untuk melakukan perubahan alamat blogspot menjadi com tersebut dibutuhkan hosting dan juga domain , sebagai sahabat blogger saya berkewajiban untuk menjelaskan secara rinci perbedaan antara hosting dan domain ini supaya dia tidak tersesat .

Anda juga mencari jawaban dan bisa datang kesini Karena mau tahu pengertian domain dan pengertian hosting dalam dunia internet ??  maka dari itu saya coba untuk buatkan artikel ini supaya pengenalan untuk istilah ini bisa diberitakan kepada banyak orang yang mencari jawabannya .

Pengertian dan perbedaan antara web hosting dan domain name 

Saya akan ulas satu persatu jadi silahkan disimak

apa yang dimaksud Hosting ?
Hosting kata dasar dari host adalah istilah untuk tempat penyimpanan data komputer dari berbagai jenis extensi file seperti gambar,video,text,script dan lainnya yang mudah diakses dan dapat diakses dengan gampang melalui koneksi jaringan internet, hosting bukan berupa toko atau rumah melainkan sebuah komputer yang memiliki ruang hardisk yang sangat besar..

Komputer yang menampung semua data file itu disebut dengan komputer server , komputer server ini harus mendukung spesifikasi yang baik dan besar untuk menampung banyak data , Komputer server ini juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus dengan spesifikasi yang dapat menunjang kinerja server sebab komputer ini beroperasi secara terus menerus.

Komputer Utama atau disebut sebagai server sebagai tempat penyimpanan file secara online ( hosting ) wajib memiliki sumber daya listrik yang baik, dan terhubung secara terus menerus dengan jaringan internet yang memiliki koneksi dengan kecepatan tinggi untuk menyuplai permintaan layanan client dalam jumlah yang banyak.

Apa yang dimaksud domain ?
Pengertian domain yakni nama alamat sebuah situs yang biasa disebut url , untuk lebih mudah dipahami domain adalah pengganti alamat ip jaringan pada komputer client yang mengarah ke web hosting server tadi

Ketentuan untuk memiliki sebuah domain / alamat situs / url diatur oleh badan regulasi domain dunia . Tidak boleh ada nama yang sama untuk memiliki sebuah url , Ada banyak jenis Nama domain , seperti jenis domain yang berakhiran .com , .net , web.id , co.id dan lainnya sedangkan alamat yang berakhiran blogspot.com adalah sub domain atau anak dari domain . com


Bagaimana cara mendapatkan layanan domain dan hosting , apakah saya harus membayar ?

Tidak semua platform blog mengharuskan kita mempunyai server host sendiri, contohnya platform blogger dari google . sebuah blog yang diberikan secara gratis oleh blogger/blogspot sudah memiliki server sendiri akan tetapi untuk mengubahnya menjadi domain singkat seperti mengubah alamat blogspot menjadi .com .net dan lainnya kita wajib membeli domain untuk melakukan pengalihan ke blogger .

Kecuali jika anda ingin memiliki sebuah situs halaman pribadi , memiliki script tersendiri maka anda harus menyewa sebuah web hosting untuk tempat anda mengupload script website anda . salah satu contoh script web yang biasanya di upload ke web hosting biasanya berbasis cms , php , html,css,asp dan masih banyak lagi.

Kemudian untuk mengubah alamat blogspot menjadi .com atau jenis domain lainnya anda harus melakukan custom domain yakni membeli dari web penyedia jasa tersebut, setelah membeli sebuah nama situs anda akan dituntun cara penggunaan hingga anda bisa mengalihkan blogspot menjadi domain name sendiri

Tips membeli domain

Memang ada banyak situs penyedia jasa untuk membeli domain tapi mereka memiliki koneksi server yang beda beda , jadi pilihlah yang benar benar sudah teruji dan terpercaya dengan meminta testimonial para blogger lainnya atau sebelum membeli baca baik baik dulu mengenai tawaran dari situs penyedia tersebut .

Kualitas domain juga tidak diukur dari harga yang di cantumkan ,dan juga biasanya para web penyedia jual domain membuka promo harga, jadi jika kamu pemula dan mau mencoba kamu bisa cari web yang buka harga murah atau yang lagi promosi .


8 Komentar untuk "Apa yang membedakan antara hosting dan domain dalam dunia internet ??"

Blog saya sudah memiliki domain tld tetapi untuk hosting saya masih belum beli, makasih banget infonya

Salam kenal gan...

ok sis salam kenal, makasih dah berkunjung

seep bro.. makasih dah berkunjung . salam kenal balik

Terimakasih om mau berbagi ilmunya saya akan coba buat blog yang gratisan dulu soalnya tulis komentar aja masih belepotan apa lagi artikel sekali lagi makasih

Betul sekali bro . berawal dari yang gratisan berakhir dengan premium dan lebih profesional ..

Ada sarankah web penyedia domain yg terpercaya?

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan


Back To Top