Blogging cara tepat untukmu

14 Tips Dalam Memilih Web Hosting Yang Baik Versi Om Blogging

OM Blogging - Memilih web hosting yang baik sangatlah vital dalam proses pengembangan suatu website. Hosting adalah tempat dimana semua data file tersimpan. Jika terjadi gangguan pada server hosting maka turut merugikan seorang web master.
Maka untuk mengatasi agar tidak terjadinya hal tersebut, maka sebaiknya melakukan pertimbangan-pertibangan dalam memilih hosting.Berikut Dibawah ini saran saran omblogging untuk kamu yang lagi mencari Tips memilih Hosting . selamat membaca .

14 Tips Dalam Memilih Hosting Yang Baik Versi Om Blogging

14 tips dalam memilih hosting yang baik dalam pengembangan suatu website.

 

1. Meninjau harga hosting


Harga hosting biasanya merupakan hal pertama yang dilihat orang ketika akan membeli hosting. Tapi hal ini jangan dijadikan sebagai prioritas. Bagaimanapun juga kepuasan merupakan yang paling penting.

Hosting yang mahal bukan jaminan bahwa kualitas hosting lebih baik dari yang murah. Apalagi jika anda berniat untuk melakukan monetize, maka jangan mencari hosting yang murah saja tapi kualitas cetek.

Untuk melihat perbandingan antara kualitas hosting antara satu sama lain, bisa melalui WHReviews atau HostMonk.

2. Web Host Yang Menyediakan Technical Support 24 jam


Pelayanan ini penting jika anda membeli hosting di luar negeri. Pastikan terlebih dahulu bahwa technical supportnya melayani dalam 24 jam. Karena jika tiba-tiba website anda tidak bisa diakses dan harus menunggu jam kantor orang bule, maka tentu saja akan sangat merugikan. Jika tidak melayani dalam 24 jam tapi kualitas server lancer, maka paling tidak pastikan pelayanannya fast respon.

Untuk hosting dalam negeri sebaiknya juga mencari yang melayani technical support 24 jam, walaupun mungkin bisa dimakmuli jika menerapkan jam kerja. Tapi pastikan pelayanan ramah dan menggunakan bahasa baku yang professional.

3. Fitur yang Ditawarkan Kepada Calon Pembeli


Penawaran fitur juga penting bagi anda yang berencana untuk memebeli hosting. Layanan fitur yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan atau perencanaan pengembangan website. Contoh fitur dalam hal ini bisa berupa teknologi yang digunakan, data center, backup data dan sebagainya.

Selain itu, periksa apakah terdapat fitur-fitur special yang membedakan dengan tempat jual beli hosting lainnya. Jika memang menunjang dan dirasa menguntungkan, anda bisa mempertimbangkan untuk membeli hosting di tempat tersebut.

4. Pastikan Sudah Mengunakan Hardware terbaru


Hardware juga penting untuk menilai kualitas hosting yang akan dibeli. Pastikan hosting menggukan hardware terbaru agar tidak menimbulkan masalah pada website anda nantinya. Selain itu periksa servernya, jika tidak menggunakan hardware terbaru maka ada kemungkinan website yang dipasang pada hosting tersebut bisa bermasalah.

Sebelum anda membeli hosting, pastikan untuk mengecek laman faq pada layanan hosting tersebut. Biasanya terdapat pertanyaan beserta jawaban yang berkaitan dengan permasalahan ataupun spesifikasi layanan tempat anda membeli hosting. Perhatikan baik-baik permasalahan yang berkaitan dengan hardware tempat anda membeli hosting.

5. Penawaran gratis Domain Atau Subdomain


Ada banyak layanan penyewaan hosting yang menawarkan layanan gratis domain saat ini. Tapi anda jangan mudah tergiur dulu, setidaknya ada 2 hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu

- Kontrol domain tersebut


Domain yang digratiskan tersebut biasanya diberikan agar hosting yang disewa bisa langsung terisi. Tapi jangan sampai ketika anda ingin transfer domain tersebut ke hosting lain maka akan dibebankan biaya tertentu atau bahkan tidak dibolehkan sama sekali. Ini sama saja dengan control domain tidak sepenuhnya diberikan pada anda.

Selain itu periksa jangka waktu akses domain anda. Jangan sampai waktu sewa yang diberikan tidak sama dengan limit akses hosting yang disewa. Ingat untuk selalu membaca syarat dan ketentuan yang berlaku, utamanya jika ada iming-iming gratis dalam penawaran web hosting.

- Perpanjangan Domain


Perpanjangan domain tentunya penting untuk diketahui terlebih dahulu. Biasanya ada 2 jenis perpanjangan. Pertama, anda melakukan perpanjangan domain terlepas dengan perpanjangan hosting. Jadi maksdunya ada bisa memperpanjang dan kemudian menggunakan layanan hosting di tempat lain. Atau kedua, perpanjangan domain harus dilakukan bersamaan dengan perpanjangan hosting.

6. Cari tahu besar Bandwitch dan Disk Space Pada Web Yang Menyediakan Jasa Host


Jika anda memiliki rencana untuk membuat website besar berisi banyak file untuk didownload  dan ribuan visitor per hari, ada baiknya anda memilih layanan hosting yang menyediakan bandwitch dan disk space yang besar. Hal tersebut untuk menghindari penuhnya hosting. Karena jika sudah mencapai limit, maka website tidak bisa diakses sehingga akan sangat merugikan

Tapi jika anda berencana untuk mengisi website dengan artikel-artikel atau gambar dengan ukuran file yang kecil, maka tidak perlu untuk terlalu mengkualifikasi mengenai besar tidaknya bandwitch dan disk space yang disediakan.

7. Tawaran hosting unlimited


Biasanya ada bebererapa perusahaan hosting yang menawarkan layanan hosting unlimited. Tapi anda jangan sampai terjebak dengan iming-iming ini. Perlu anda ketahui bahwa kapasitas penyimpanan di server memiliki batasan, tidak mungkin untuk benar-benar unlimited.

Selalu ingat untuk membaca TOS dan ketentuan pelayanan. Biasanya disana akan dibahas lebih jauh mengenai penawaran hosting ‘unlimited.’ Kapasitas server sangat berkaitan dengan penggunaan CPU. Jangan pernah coba untuk melewati batasaan penggunaan yang telah ditentukan karena bisa berakibat suspense pada website anda.

8. Membaca Review Pelanggan


Sebelum memutuskan membeli hosting, ada baiknya ada mencari informasi yang berkaitan dengan perusahaan hosting yang bersangkutan. Anda bisa melakukannya dengan melakukan pencarian di mesin pencari dengan keyword: review (nama perusahaan hosting), atau (nama perusahaan hosting) mengecewakan. Pelanggan yang merasa puas atau kecewa biasanya menulis review tentang hosting yang mereka gunakan.

Tapi anda tetap perlu memastikan alasan mengapa mereka merasa puas atau kecewa terhadap layanan hostingnya. Jika ternyata kebutuhan anda berbeda, anda tetap bisa menggunakan layanan hosting yang mungkin layanan tersebut masuk kategori mengewakan bagi orang lain. Selalu ingat untuk menyesuaikan kebutuhan website anda.

Selain itu anda bisa langsung bergabung dalam forum-forum yang membahas mengenai web hosting. Contohnya yaitu Forum Diskusi Web Hosting.

9. Fitur Email Domain


Agar membuat website terlihat lebih professional, sebaiknya menggunakan alamat email yang sesuai dengan domain anda. Jika menggunakan email umum semisal @gmail.com atau @yahoo.com tentunya terlihat mainstream. Hal ini penting dalam membangun kepercayaan terhadap siapa saja yang mempunyai kepentingan terhadap website anda.

Tapi tetap saja anda perlu untuk menanyakan hal yang berkaitan dengan layanan fitur email yang ditawarkan. Contohnya mengenai limit dalam pengiriman email, limit pesan masuk yang bisa diterima, dan sebagainya.

Jika ada perusahaan yang menyediakan fitur email dengan ketentuan yang menguntungkan, sebaiknya anda berlangganan di perusahaan hosting tersebut. Hal ini karena fitur email yang baik bisa menjadi nilai plus tersendiri.

10. Kontrol Panel Yang Digunakan


Kontrol panel contohnya digunakan untuk menginstal FTP, menginstal wordpress, backup data, dan sebagainya. Oleh karena itu sebaiknya anda menggunakan control panel yang familiar atau dirasa mudah digunakan.

Saat ini cPanel merupakan Kontrol panel yang paling banyak disediakan oleh perusahaan hosting. Jika anda seorang pemula, maka sebaiknya menggunakan cPanel karena ada banyak tutorial mengenai penggunaan cPanel di internet. Hal ini tentu memudahkan dalam pengembangan website anda.

11. Web Hosting yang besar selalu menyediakan kupon


Kupon sangat berguna untuk mendapatkan hosting dengan harga murah. Kupon biasanya banyak disebar di review hosting. Selain me-review layanan hosting, biasanya penulis juga menyediakan nomor kupon yang bisa digunakan dengan masa expired tertentu. Selain itu ada juga web-web khusus berisi kupon hosting.

Apabila anda betul-betul ingin menggunakan layanan hosting pada satu tempat tapi tidak menyediakan kupon, anda bisa langsung bertanya pada cs perusahaan yang bersangkutan. Harga murah tapi dengan kualitas baik tentu akan sangat menguntungkan.

12. Metode Pembayaran


Penggunaan metode pembayaran menjadi perhatian ketika memutuskan untuk menggunakan hosting diluar negeri. Jika pembelian hosting dalam negeri biasanya menggunakan metode transfer melalui atm, maka pembelian hosting diluar negeri paling umum menggunakan kartu kredit.

Jadi sebaiknya perhatikan metode pembayaran yang biasa anda lakukan. Jika tidak mempunyai kartu kredit atau paypal, sebaiknya menyewa hosting didalam negeri saja. Kecuali jika anda tidak keberatan dalam membuat virtual credit card dan kemudian menyambungkan dengan akun paypal anda, maka metode pembayaran menjadi tidak masalah lagi.

13. Hindari menyewa hosting untuk jangka panjang


Web hosting biasanya menawarkan diskon yang cukup besar ketika akan menyewa dalam jangka waktu 2 tahun keatas. Jika anda belum mempunyai pengalaman terhadap layanan hosting tersebut, maka sebaiknya hindari hal tersebut. Lain halnya jika anda sudah merasa puas terhadap layanan yang diberikan, maka menyewa dalam jangka waktu yang panjang bukan suatu masalah.

14. Skalabilitas


Anggap website anda mendapat jumlah pengunjung yang meningkat pesat atau anda melakukan perombakan pada website dan mengisi data dengan ukuran besar maka kemudian yang dibutuhkan adalah hosting yang powerful. Bukan berupa shared hosting.

Untuk menghindari hal diatas, maka ada baiknya tedapat layanan pemindahan ke VPS atau dedicated server. Jadi tanyakan terlebih dahulu apakah tersedia layanan transfer tersebut atau tidak.

Perusahaan web hosting yang baik selalu memperhatikan pengembangan website pelanggannya sehingga akan menyediakan layanan ini dengan mudah dan sederhana.

Demikian Tips Dalam Memilih Hosting Yang Baik Versi Om Blogging semoga bisa jadi bahan referensi untuk anda. Semoga bermanfaat.

Baca Juga →  Perbedaan antara hosting dan domain


0 Komentar untuk "14 Tips Dalam Memilih Web Hosting Yang Baik Versi Om Blogging"

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan


Back To Top