2016/12/23

7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Mau Belanja Online Supaya Aman

Tips berbelanja online agar tidak tertipu harus diketahui semua pengguna dunia maya. Baik itu tips belanja online di facebook maupun tips belanja online di instagram. Tidak semua kejahatan dunia maya menggunakan nama pribadi mereka sendiri. Ada kalanya pemakaian nama perusahaan besar digunakan sebagai trik jitu meraih kepercayaan calon korban. Biasanya strategi marketingnya tidak melalui cara transparan. Karena itulah Anda wajib menguasai dunia bisnis online setidaknya bagaimana menempatkan diri sebagai konsumen cerdas. Bukan hanya konsumen biasa yang mudah tergiur berbagai tawaran. Ingat, musim-musim belanja seperti Harbolnas, tahun baru, lebaran dan waktu tertentu merupakan timing ideal bagi para penjahat dunia maya memperbanyak keuntungan dengan cara menipu.

7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Mau Belanja Online Supaya Aman

Hal Yang Peru Diperhatikan Sebelum Belanja Secara Online


Berbelanja kebutuhan semendesak apapun hendaknya jangan sampai membuat kita kehilangan akal sampai melupakan Apa yang perlu diperhatikan saat mau berbelanja online secara aman berikut ini.

1. Cari Informasi Terlebih Dulu

Kadang kala jika Anda menjadi subscriber situs web tertentu dengan niche fashion misalnya, Anda akan memperoleh informasi terbaru mengenai stok barang fashion. Informasi ini dikirim melalui email yang telah dimasukkan ke pendaftaran subscribe. Hati-hati, jangan langsung percaya dengan setiap tawaran iklan dalam bentuk apapun. Belanja online aman dan terpercaya diawali dengan memastikan kevalidan data pemberi informasi.

Cek situs web yang dimaksudkan sedang memberi diskon besar-besaran atau kedatangan barang desain unlimited. Biasanya kaum hawalah yang mudah tergiur dibandingkan laki-laki. Mulai sekarang jangan hanya percaya pada deskripsi yang diberikan oleh suatu toko online. Telusuri rating, testimoni dan ulasan para pembeli sebelumnya. Jika ada yang meragukan tidak perlu ikut ragu untuk membeli, cari saja toko yang lain.

2. Perhatikan Kebijakan Website Tersebut

Untuk setiap website profesional, standarnya selalu memiliki halaman kontak, disclaimer dan privacy policy. Jangan hanya mengecek menu-menu yang disediakan oleh toko online tersebut. Periksa juga kelengkapan halaman kebijakan di website tersebut. Pilihlah toko online yang memberi keterangan selengkap-lengkapnya. Mulai dari bagaimana jika barang yang diterima tidak sesuai pesanan, cara retur pembelian, berapa lama masa garansinya, sampai tekhnis siapa yang akan bertanggungjawab atas ketidak puasan yang mungkin Anda rasakan nanti.

Cara transaksi online menggunakan kartu kredit juga harus lebih didetailkan lagi. Berapa pajak yang dikenakan, tanggal berapa maksimal pembayarannya, berapa jumlah yang harus dibayarkan, lama waktu pembayaran dan cara pembayaran yang diterima oleh penjual. Biasanya toko online yang abal-abal alias sudah ditargetkan mencari korban penipuan tidak akan menyediakan informasi kebijakan secara transparan agar ketika diprotes nantinya mereka dapat mengelak.

3. Cari Tahu Deskripsi Produk Tersebut

Siapa yang tidak tergiur sale 50 % ke atas ?. Kebanyakan momen memang dipakai penjual online agar barang dagangannya cepat habis. Cara belanja melalui internet harus cerdas memperhatikan deskripsi produknya. Tidak semua barang murah selalu murahan. Bisa jadi produk tersebut dijual murah karena memang penjualnya adalah supplier tangan pertama. Sehingga dapat menekan biaya distribusi dari tangan ke tangan yang hanya menambah beban harga di konsumen.

Lakukanlah cek ke website resmi barang bermerk terkenal. Misalkan Anda ingin membeli smartphone Samsung J2 yang harganya lebih dari satu setengah juta. Kemudian pada saat riset toko online Anda menemukan barang bergambar sama dengan banderol hanya delapan ratus ribu saja. Curigailah penjual yang mau memberikan produk klaim asli dengan harga tidak wajar. Kebanyakan korban transaksi online adalah mereka yang jatuh cinta pada potongan besar seperti ini.

Cara bertransaksi online yang aman yaitu jangan memberikan data diri lengkap seperti ID berikut password akun milik Anda. Para spammer kapan saja dapat membobol akun Anda lalu mengambil data pentingnya. Jangan pernah membeli barang dari jendela pop up atau tempat lain selain situs resminya langsung. Lebih aman Anda memahami tips belanja online di lazada, tokopedia, bukalapak dan startup sejenisnya daripada bertransaksi dengan penjual tanpa pihak ketiga.

4. Perhatikan Respon Penjual

Coba tanyakan segala sesuatu yang ingin Anda ketahui kepada penjual. Jika responnya cepat, ramah, dan tanggap maka Anda bisa mempercayainya sebagai penjual amanah. Kebanyakan penjual penipu tidak bisa menjawab semua pertanyaan dengan baik. Berilah tantangan kepada si penjual untuk bertransaksi lewat pihak ketiga seperti rekening bersama. Jika mereka tidak berbelit-belit dan siap menerima maka Anda sudah bisa bernafas lega. Setidaknya jika barang tidak sesuai keinginan, nantinya Anda berhak meminta uang kembali setelah dipotong jasa rekening bersama. Penjual yang baik biasanya tidak hanya melayani satu jenis transaksi saja. Profesionalisme bisnis online umumnya melayani beberapa cara semisal pembayaran via kartu kredit, cash on delivery, rekening bersama sampai transfer kirim dan paypal.

5. Utamakan Keamanan Dalam Bertransaksi

Keamanan yang utama datang dari situs toko online itu sendiri. Cek ke ke kotak alamat URL. Apakah situs tersebut sudah mengubah http menjadi https atau shttp ?. Alamat ini penting karena perubahan tersebut berarti pengamanan situs web dapar dipercaya. Perubahan alamat itu merupakan tanda bahwa sebuah web telah dienkripsi, sehingga data yang mungkin Anda masukkan ketika bertransaksi tidak akan bocor semudah membalik telapak tangan.
Di samping itu Anda juga harus mengamankan komputer atau laptop dari kemungkinan spyware atau virus yang ditelusupkan. Software anti virus terupdate berikut anti spywarenya sebaiknya sudah dipasang ke dalam PC.

6. Simpan Histori Transaksi

Semua chat dalam proses bertransaksi jangan buru-buru dihapus. Begitu pula dengan tagihan total, pesan lewat e-mail dan seluruh hal yang berkaitan dengan pembelian. Simpan semua bukti tersebut dan jaga baik-baik. Suatu saat bila terjadi hal diluar dugaan, Anda dapat mengeluarkannya dengan mudah tanpa harus takut tertipu. Periksa juga kemantapan diri Anda memilih toko tersebut.

7. Matikan Laptop Dan Hapus Data Browsing

Dikhawatirkan jika laptop atau komputer yang digunakan bertransaksi menjadi sasaran malware para penjahat dunia maya. Tim penjahat itu dapat kapan saja menjadi operator laptop Anda. Daripada kebobolan, lebih baik sedia payung sebelum hujan. Matikan saja laptop dan hapus chace serta cookies untuk memastikan bahwa anda aman dan tidak bisa disusupi setelah transaksi sukses.

Demikian apa yang harus diperhatikan terlebih dulu sebelum belanja online . semoga membantu.

Artikel Mengenai Tips Bisnis Online Lainnya

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

EmoticonEmoticon