2016/12/08

Cara memilih penulis yang baik untuk blog

Cara memilih penulis yang baik untuk blog
Penulis ahli dengan penulis profesional sekilas tampak sama. Namun sebenarnya kedua jenis pekerjaaan ini sedikit berbeda. Penulis ahli adalah orang yang menguasai suatu topik atau bidang karena sehari-harinya dia memang menggelut di bidang tersebut. Sementara penulis profesional bisa datang dari bidang A namun memiliki kemampuan jurnalistik atau literasi yang baik, sehingga ia dapat menulis tentang topik B dengan berdasar referensi dan literatur yang sudah ada.

Berbicara tentang dunia blogging dan visitor online , tentu kita tidak akan bisa lepas dari penulis. Baik penulis ahli yang biasa dijuluki real writer maupun copywriter profesional. Semuanya sama-sama mempengaruhi traffic visitor pada blog dan reputasi popularitas blog di mesin pencari.

Google mau sebuah blog punya penulis yang unik


Selama ini yang kita tahu tentang peraturan google menerima suatu blog menjadi mitranya adalah blog tersebut memiliki konten berkualitas. Definisi kualitas yang dimaksud sendiri banyak dimaknai berupa isi konten yang mengandung kebaruan (fresh), bahasa ramah, dan originalitas artikel. Tetapi baru-baru ini google mengungkapkan kemauannya terhadap isi blog yang terdaftar di indexnya.

Algoritma google memang sulit dipahami orang awam dan para blogger pemula. Namun untuk memberikan petunjuk dan apresiasinya kepada para blogger, google meluncurkan ‘Pedoman Evaluator Kualitas Pencarian Google’ dalam beberapa edisi. Di dalamnya terkandung apa saja faktor yang dipertimbangkan oleh google sehingga suatu konten dinilai bermutu tinggi atau rendah.

Untuk menjawabnya, google mengenalkan istilah EAT (Expert-Authority-Trust)  dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai ‘Keahlian, Otoritas, dan Kepercayaan.’ Menurut google, agar suatu website atau blog dapat dikatakan memiliki kualitas tinggi, maka kontennya harus dibuat oleh para ahli. Sehingga visitor akan lebih mempercayai konten yang bukan hanya bersifat informatif, tetapi juga membimbing mengatasi masalahnya.

Beberapa halaman yang sangat membutuhkan real writer alias penulis ahli adalah halaman medis dan kesehatan, pajak – keuangan –hukum, investasi, parenting, dan beberapa bidang hobi khusus yang membutuhkan keahlian. Tidak bisa dipungkiri, apabila ada dua orang yang akan menulis tentang penyakit tumor berasal dari latar belakang yang berbeda, maka hasilnya pun ikut berbeda. Seorang dokter atau pasien yang sehari-harinya bergelut dengan penyakit tumor pasti akan menulis dari hati. Hasil tulisannya bersifat real dan pastinya konten yang diberi akan fresh dan original.

Sementara untuk website berisi cerita dan sejenisnya lain lagi. Website jenis ini tidak membutuhkan seorang real writer, namun membutuhkan penulis profesional yang pandai merangkai kata. Bukan hanya menulis ulang dari apa yang diceritakan orang-orang dari mulut ke mulut. Di website jenis inilah para penulis profesional lebih cocok bergelut. Di luar itu, google menganggap website tanpa penulis handal adalah website yang abal-abal dan pantas dilempar dari search engine. Maka dari itu sebuah blog harus memiliki seorang penulis yang meguasai 3 kriteria yakni
  1. Unik
  2. Smart
  3. Paham seo
Mereka tahu bahwa hal profesional tidak hanya menulis semata karena , ini bukan koran atau buku bacaan . melainkan sebuah website yang statusnya saling beradu di SERP , bagaimana layaknya seorang penjual di pasar yang menawarkan jajanannya untuk dikenali para pembeli ( visitor ).

Ada satu jenis halaman lagi yang disebut google dengan ‘Your Money Your Life’. Halaman ini berisikan website-website dengan platform keuangan dan informasi seputar kehidupan. Halaman jenis ini diawasi google secara khusus karena cenderung masuk ke halaman berkualitas rendah.

Bila penulis blog hanya sekedar menulis berdasarkan ‘yang penting artikel selesai’ maka kemungkinan besar mencuri perhatian google akan gagal. Pasalnya google sekarang ini berusaha memperhatikan pula pengaruh yang nantinya akan diterima visitor mereka. Jika halaman Your Money Your Life ini dibuat sembarangan, lalu visitor menerapkan tips-tipsnya dan mengalami kegagalan praktek, ditakutkan ada bencana atau dampak negatif lain yang terjadi pada visitor. Karenanya, jangan korbankan website anda dengan menyewa penulis bukan ahli untuk jenis blog YMYL.

Sekarang semua pilihan ada ditangan anda Pakai jasa penulis blog untuk blogging ??


Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

EmoticonEmoticon