2016/12/24

3 Contoh Bisnis Untuk Karyawan Yang Untung Besar Bermodal Kurang Dari Sejuta

3 Contoh Bisnis Untuk Karyawan Yang Untung Besar Bermodal Kurang Dari Sejuta
Seorang karyawan perusahaan mungkin dapat menerima gaji dua kali lipat di atas UMR daerah. Terlebih bila perusahaan tempatnya bekerja sudah terkenal, bahkan multinasional. Berbagai tunjangan sudah lancar diterima tanpa harus melakukan demo buruh. Namun ingat, sebesar-besarnya gaji karyawan per bulan, suatu saat dia akan berhenti bekerja juga. Nah, Andaharus menyiapkan waktu berhenti tersebut. Jika pegawai negeri ada pensiunnya, karyawan swasta hanya pesangon. Uang tersebut harus dibelanjakan secara bijak bila tidak ingin ludes sebelum masanya. Solusinya adalah mengintip 101 peluang bisnis sampingan bagi karyawan. Namun jumlah tersebut terlalu banyak. Seharusnya kita memfokuskan saja pada usaha sampingan tanpa modal yang dapat diaplikasikan ke macam-macam usaha sampingan. Modal yang dikeluarkan tidak terlalu membebani seorang karyawan bergaji standar UMR. Asalkan selama ia bekerja aktif masih mau menyisihkan tabungan demi merintis usaha. Jadi masa tuanya tidak terlalu terbebani. Berikut bisnisnya.

1.Menjadi Blogger

Pekerjaan berpeluang mendatangkan pasif income yang pertama adalah blogger. Pekerjaan ini sangat cocok dilakukan oleh semua orang dari berbagai kalangan. Termasuk pula karyawan, apapun posisi dan tempat bekerjanya. Karena blog yang dapat menjadi ladang pennghasilan hanya blog berkualitas saja, maka pilih niche sesuai kehidupan sehari-hari. Jika Anda seorang pegawai di pabrik roti, maka Anda dapat membuat usaha sampingan karyawan pabrik dengan memulai ngeblog seputar makanan ringan seperti roti.
Modal awalnya tidak terlalu mahal kok, yang lebih penting adalah konsistensi ngeblognya. Jadi untuk menjadi blogger ini termasuk bisnis sampingan modal kecil. Maksimal sejuta rupiah saja yang dikeluarkan untuk sewa domain atau hosting. Lalu bila ingin serius main adsense ada biaya tambahan untuk membeli software-software pembantu pengembangan mulai dari aplikasi riset keyword sampai cek pesaing.

2. Menggeluti Bisnis Online

Rasanya sudah sangat biasa mendengar bisnis yang satu itu. Bisnis online paling terkenal adalah sistem reseller serta dropshipper. Untuk mendapatkan supplier handal terpercaya sebagai mitra usaha sampingan karyawan, Anda dapat mengunjungi supplier.id. Bila Anda ingin membuat website toko online sendiri tidak masalah. Namun lagi-lagi waktu Anda sebagai karyawan juga harus mulai dimanajemen supaya tidak mengganggu pekerjaan utama.

Peluang usaha sampingan karyawan ini sudah banyak dijajaki oleh ibu rumah tangga bahkan anak SMA. Maka jangan heran, pendapatan mereka sudah hampir menyamai para pekerja pabrik tanpa harus berlelah-lelah. Anda bisa juga memulai bisnis sebagai reseller atau dropshipper barang tertentu lalu labanya ditabung dulu. Setelah terkumpul cukup banyak, Anda dapat menjadikannya modal bisnis yang lebih besar, lebih potensial atau mengembangkan bisnis yang sudah ada.

Cara lain memulai bisnis sampingan tanpa modal adalah jual beli produk digital. Sistemnya terserah Anda, bisa affiliate atau reseller. Produk digital mulai banyak dicari. Seiring dengan semakin banyak blogger, maka software pendukung kegiatan blogging pasti akan dicari orang banyak. Begitu pula aplikasi unik lain seperti editing foto versi fullpack, pemutar musik versi fullpack, atau bisa juga produk digital berupa foto dan tulisan di e-book.

3. Mencoba Jadi Makelar

Ini dia yang paling cocok bagi karyawan berusia senior. Jasa makelar memang dibutuhkan dewasa ini. Semakin banyaknya orang kaya baru menambah produksi barang mahal. Properti membutuhkan agen, mobil bekas membutuhkan penyalur, begitu pula sepeda motor dan smartphone premium. Jika Anda memang seorang karyawan lama, pastinya ada banyak kenalan atau mitra bisnis yang menjalin hubungan baik dengan Anda. Nah, mereka ini adalah peluang bisnis.

Menjadi makelar tidak harus melulu berkutat di dunia online sebagaimana ngeblog. Tetapi demi kelancaran dan menjaga profesionalitas, akan lebih baik lagi bila kita membuat website resmi yang menginformasikan keberadaan makelar kita. Jadi bisnis ini tidak hanya berjalan ketika ada yang membutuhkan saja, tetapi berjalan terus sampai menjadi pengganti dari pekerjaan sekarang. Kalau menjadi makelar hanya bermodalkan ingin saja, sulit. Apalagi menjual barang mahal bukan perkara mudah. Yang penting dicoba dulu. Nanti bersamaan dengan waktu, dipelajari juga strategi marketing, cara menjadi makelar properti, seluk beluk bidang produksi sampai bagaimana tekhnik closing yang jitu. Selamat mencoba.

Selanjutnya :

5 Usaha Bisnis Yang Punya Potensi Besar Dijadikan Startup
4 Bisnis UKM Yang Paling Menguntungkan 
Bisnis Online Yang Cocok Untuk Pelajar

2 komentar

yang no 3 berat banget buat ku, aku lebih pilih nomor satu

Sama gan sya saya juga milih poin nomor 1 . menjadi bloggers.. hehehe

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

EmoticonEmoticon