2016/12/13

Gaya Penulisan Seorang Profesi Freelance Writer

Jenis dan gaya tulisan dalam profesi freelance writer - Dengan menjamurnya website-website besar berisi tutorial, berita, edukasi dll tenaga online freelance writer semakin dibutuhkan. Tak ayal profesi ini semakin menjanjikan dari tahun ke tahun. Profesi ini juga salah satu yang paling paling popular di banyak situs freelancer.
Seorang onliners freelance writer diharuskan dapat menulis konten yang sesuai dengan kemauan client. Tapi untuk mencapai tingkatan itu tentu tidak mudah. Jika anda seorang pemula dan kemudian ingin mencoba menekuni profesi ini, ada baiknya ada hanya fokus pada satu jenis tulisan terlebih dahulu. Kali ini saya akan membagikan jenis-jenis tulisan dalam profesi freelance writer yang bisa anda tekuni.
Jenis dan gaya tulisan dalam profesi freelance writer

1. Jurnalistik

Penulis jurnalistik membutuhkan skill dalam menelusuri fakta-fakta terkait yang berkaitan dengan judul tulisan. Jenis tulisan ini berisi informasi yang bertujuan agar banyak orang tahu. Untuk membuat tulisan jurnalistik yang baik dibutuhkan 4 hal yaitu:

a . Fakta yang kuat
Fakta adalah hal atau peristiwa yang benar-benar terjadi, dilengkapi dengan data yang terbukti dan bisa ditangkap indera manusia. Dengan fakta yang kuat, pembaca akan tertarik untuk mencari tahu karena dirasa memberi manfaat. Sayang sekali saat ini banyak client yang meng-request tulisan HOAX dengan mengaburkan fakta.

b. Menggunakan sudut pandang yang berbeda
Setelah mendapat fakta, hal selanjutnya yaitu meminta keterangan terkait fakta tersebut. Proses mendapat keterangan bisa dilakukan terhadap 2 orang atau lebih agar konten anda tidak dianggap berat sebelah. Sebaiknya anda menggunakan sudut pandang yang berbeda dalam mengolah fakta. Hal ini membuat tulisan menjadi semakin menarik.

c. Kecepatan dalam menulis
Anggap saja ada berita yang lagi booming dan anda membutuhkan waktu seminggu untuk mengolah berita tersebut. Apakah tulisan anda masih akan dibaca? Rasanya tidak. Seorang penulis jurnalistik harus mempunyai kecepatan yang mantap dalam menulis suatu berita dan mengedarkannya.

d. Penyajian tulisan yang menarik
Penyajian tulisan yang menarik dalam hal ini meliputi bahasa yang mudah dipahami, tidak bertele-tele, gambar yang jelas, judul yang menarik dan lain-lain.

Jika mempunyai banyak pengalaman di bidang penulisan jurnalistik, anda bisa bekerja menjadi freelance wartawan di portal berita online, atau menyusun script text yang telah dikumpulkan wartawan. Seorang penulis jurnalistik memiliki cakupan yang luas meliputi teknologi, edukasi, fashion, berita dll. Sangat direkomendasikan anda mempunyai ketertarikan di bidang sosial.

2.Translate Bahasa Asing

Suatu hal yang menguntungkan jika anda mempunyai kemampuan bahasa asing. Anda bisa membuka jasa penerjemah. Sangat banyak yang membutuhkan jasa ini mulai dari instansti pemerintah, blogger, bahkan mahasiswa.

Seorang penerjemah biasanya akan disuruh untuk menerjemahkan karya tulis, dokumen, subtitle, jurnal ilmiah, atau menerjemahkan blog bahasa lain ke Indonesia (atau sebaliknya). Pendapatannya bisa anda bisa patok tariff per kata atau per dokumen Membuat Artikel blog Bahasa Inggris Tanpa Menguasai Bahasanya

3.Menulis Review

Menjadi seorang penulis review berarti mengulas produk atau jasa tertentu. Ada tiga pihak yang terlibat yaitu perusahaan/jasa produk yang direview, penulis review dan pengguna jasa/produk yang direview. Oleh karena itu jangan menulis review atas dasar kebohongan karena merugikan pihak lain.

Menjadi penulis review tidaklah sulit. Anda cukup menulis dengan jujur apa adanya produk yang direview, tidak perlu berusaha mengarahkan psikologi pembaca.

Client biasanya langsung mengirimkan barang yang ingin direview kepada penulis, agar penulis tahu betul deskripsi produk. Kemudian tulisan akan dikirim ke website perusahaan atau bahkan blog pribadi penulis jika mempunyai visitor yang banyak.

4.Penulis Kreatif

Jika anda terbiasa menulis cerpen atau mempunyai imajinasi yang luas, maka menjadi penulis kreatif bisa menjadi opsi yang menarik. Untuk creative writing terbagi 2 kategori yaitu fiksi dan non fiksi.

Biasanya hasil tulisannya akan diterbitkan di koran, majalah, media elektronik dan sebagainya. Bahkan sudah banyak perlombaan yang diadakan forum-forum besar untuk jenis tulisan kreatif. Hasil tulisan bisa berupa novel, cerpen, puisi, naskah film dll.

5.Copy Writing

Copy writing adalah tulisan yang bertujuan untuk menjual barang atau jasa tertentu. Patokan sukses atau tidaknya copy writing yaitu berdasar laku atau tidaknya barang yang ditulis. Berbeda dengan penulis review, penulis copy writing secara gambling berusaha mempengaruhi sisi psikologis pembaca untuk melakukan pembelian.

Banyak sekali perusahaan yang membutuhkan jasa copy writing seperti pembuatan brosur, pamphlet, atau iklan baik secara online maupun offline

Itulah tadi 5 jenis tulisan dalam profesi freelance writer. Jika ada pemula sebaiknya mencoba di satu variasi terlebih dahulu walau akan lebih baik jika menguasi banyak jenis tulisan. Semoga bermanfaat


Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

EmoticonEmoticon