Blogging cara tepat untukmu

Skill Ekstra Yang Harus Dikuasai Penulis Online

Skill Ekstra Yang Harus Dikuasai Penulis Online
Ketergantungan orang di seluruh dunia pada informasi via internet semakin mengalahkan eksistensi koran dan majalah yang merupakan media cetak senior. Keberadaan mereka dinilai lebih mahal dan ribet dibandingkan informasi dari kanal berita terpercaya versi online. Mungkin alasan inilah yang membuat berbagai majalah dan koran merilis versi onlinenya dalam beberapa waktu terakhir ini.

Meskipun lewat online, bukan berarti perusahaannya kehilangan pemasukan untuk membayari penulis dan wartawannya. Justru dari situs onlinelah pemasukan iklan tidak hanya terbatas dari dalam negeri saja. Namun sebelum membicarakan tentang pemasukan media online kita harus intropeksi dulu seputar skill menulis yang dihasilkan. Karena sama seperti di media versi cetak, skill penulis dalam menyajikan informasi memang menjadi daya tarik khusus.

Menjadi penulis versi online dan offline sebenarnya sama-sama memiliki prinsip dasar sama. Hanya saja untuk penulis online harus menguasai beberapa skill penting lain selain tentunya tekhnik menulis dasar seperti pemilihan kata, penggunaan EYD, dan juga tekhnik copywriting yang mengajarkan susunan antar paragraf agar menarik. Berikut adalah skill lain yang harus dikuasai penulis online dan artikel sejenisnya memilih penulis yang baik untuk blog

1.Menulis Untuk Manusia

Jangan sampai ada stigma bahwa menulis untuk media online adalah menulis untuk robot dan mesin. Ubah sekarang juga menjadi tulisan ini saya buat untuk para pembaca setia yang semuanya adalah manusia atau boleh juga dispesifikkan menjadi rakyat Indonesia. Dengan ini, anda akan selalu menghasilkan cerita yang mengalir sebagaimana gaya bicara dengan manusia.
Ketika menulis untuk manusia, maka kita butuh skill seperti mendongeng. Jika anda ingin memastikan kualitas tulisan anda, lakukan pengecekan dengan membaca kembali apa yang telah anda tulis. Bila anda bingung dan merasa bosan dengan tulisan anda sendiri, mulailah memperbaikinya.

2.Mau Belajar

Menulis di media online tidak lepas dari kantor virtual berupa website atau blog. Dalam mengisi portal online, sebuah website atau blog tidak akan survive jika hanya berisikan artikel saja. Ada faktor-faktor lain yang membuat suatu website merajai dunia internet. Meskipun namanya memang sudah besar di media cetak, website online tidak boleh meremehkan usaha pembesaran nama versi onlinenya.

Ada tekhnik SEO, ada bagian digital marketing dan ada yang bertugas dalam web maintenance. Semuanya menjadi satu tim dengan penulis konten dalam membesarkan sebuah web. Jangan terlalu membatasi diri dengan mengatakan anda hanyalah seorang penulis yang tidak bisa melakukan pekerjaan lainnya dalam sebuah web. Hapus saja pikiran itu karena suatu saat anda pasti membutuhkan skill-skill tersebut untuk mengembangkan website sendiri atau menambah pemasukan dari dunia online bidang lainnya.

3.Kualitas

Para penulis pemula mungkin banyak yang menulis karena bayaran. Jangan terlalu terpaku dengan bayaran kecil atau besar yang diterima. Jika anda terus mengasah kemampuan menulis versi online, rezeki pasti selalu berjalan ke arah anda. Konten yang berkualitas di dunia maya selalu bisa mengalahkan website dengan kuantitas besar.
Jadi di dunia maya ini penulis produktif tidak begitu menjamin. Lebih baik anda melatih skill menulis di dunia nyata dan mempublikasikan tulisan berkualitas di dunia maya. Karena satu artikel yang dibaca ribuan orang akan lebih menguntungkan suatu website daripada membuat ratusan artikel tapi justru menjadi sampah mesin pencari. Tetap pegang norma kepenulisan seperti original dan unik. Anda juga bisa menyisipkan humor pada tulisan anda agar pembaca tidak bosan.

4.Tepat Sasaran

Sebagaimana buku di toko buku ternama. Seorang pelajar sangat kecil kemungkinannya mencari buku literatur perbandingan agama tingkat tinggi. Sebaliknya, para pemain cinta banyak yang datang ke toko buku karena novel percintaan sudah tersedia lagi stoknya. Begitu juga ketika kita menulis untuk media online. Kita harus menentukan dulu sasarannya untuk kalangan mana. Ada baiknya kita fokus pada satu niche saja agar lebih mudah menghasirkan informasi berkualitas.

Agar lebih bisa tepat sasaran anda bisa melakukan riset dulu mengenai kata kunci apa yang sedang banyak dicari pemirsa blog. Tidak usah takut bila sudah banyak orang menulis topik yang sama. Keunikan konten dan bahasa anda pasti akan membuat website terlihat berbeda dari yang lain.

Berikutnya :

Tag : Tips blogger
1 Comments for "Skill Ekstra Yang Harus Dikuasai Penulis Online"

Itu cocok sekali om prakteknya masih belepotan ga karuan, terimakasih

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Back To Top