2016/12/07

Mau Jadi Bloggers atau Youtubers ? Baca Ini Dulu

Jadi Bloggers atau Youtubers ?
Blogger dan Youtuber telah diakui sebagai salah satu aktivitas yang banyak bersinggungan dengan dunia maya tetapi menjanjikan tumpukan dollar. Cara menjadi blogger atau youtuber yang handal memang tidak hanya dicapai dalam satu atau dua hari saja. Seperti halnya pekerjaan riil di dunia nyata, kedua profesi ini membutuhkan beberapa keahlian khusus. Selain itu, para youtuber dan blogger sama-sama harus mempunyai jiwa pantang menyerah, sabar dan etos kerja lain yang menunjang keberhasilan, persis seperti pekerjaan lainnya. Jadi, tidak patut jika seseorang yang belum mengenal betul kedua profesi ini lantas merendahkan sikap kerja para youtuber dan blogger.
Justru untuk  dapat expert di profesi tersebut kita sangat membutuhkan sikap kerja yang lebih dari bakat.

Bermunculannya para youtuber di Indonesia yang mendadak jadi jutawan bahkan milyader terkenal memberikan sinyal undangan kepada masyarakat luas. Contohnya saja Bayu Skak dengan video-video konyolnya dia menjadi idola banyak anak Indonesia sekaligus mendapatkan dollar dari youtube. Selain itu ada deretan para rapper dan pemusik lain yang karirnya berawal dari youtube. Misalkan Reza ‘Arab’ Oktovian yang membasiskan diri pada video game dan Young Lex cs yang mengejar mimpinya menguasai dunia hip hop tanah air dari youtube.

Bloggers or youtubers ??


Bahkan orang yang semula bukan apa-apa di dunia nyata sangat mungkin menjadi fenomena baru ketika videonya di youtube mendapatkan banyak respon. Awkarin menjadi salah satunya. Video Blog (Vlog) nya menggegerkan masyarakat Indonesia karena bermuatan hal-hal yang dianggap amoral dalam adat masyarakat. Namun jika kita jeli melihat dari sisi lain, sejak saat itu mulai bermunculan banyak vlog pribadi yang entah karena hobi atau menjaring rezeki, mereka rajin mengupload video. Berikut pertimbangan yang dapat anda pikirkan lagi sebelum memutuskan menjadi Blogger atau Youtuber.

1.Kuota Internet

Pada saat anda memutuskan menjadi youtuber, anda harus rela berkorban modal. Pasalnya, kuota internet yang dibutuhkan untuk mengupload file berbentuk video jauh lebih banyak dibanding mengunggah konten blog. Apalagi sekarang ini harga kuota internet sudah naik. Sebagai solusinya, ada baiknya anda memasang wi-fi sendiri di rumah. Pemasangan wi-fi akan menghemat pengeluaran anda jauh lebih banyak daripada mengeluarkan dana ke warung internet atau plaza telkom setiap hari.

2. Konten

Baik youtube maupun blog, keduanya harus tetap menampilkan konten yang berkualitas. Akan sangat baik bila kontennya memuat keyword yang sedang dicari orang banyak. Untuk para youtuber, kualitas video mempengaruhi nilai konten.
Orang yang melihat channel youtube anda akan sedikit kemungkinan mau berlangganan bila kualitas video buram. Mereka pasti mencari channel lain yang tidak kalah unik namun kualitas videonya bagus. Terlebih sekarang ini perkembangan smartphone dan kamera fotografi semakin pesat. Terkesan ketinggalan zaman jika kita memaksakan mengunggah video ke youtube dengan kamera lawas.
Sementara untuk para blogger, kita memang tidak sedang bermain visual secara langsung. Namun rangkaian kata yang memuat ejaan dan bahasa yang mengalir akan lebih memotivasi pengunjung untuk berlama-lama di blog anda. Mereka ini juga tidak segan menjadi pelanggan setia blog bila memang isi blog bermanfaat bagi mereka.

3. Bicara Dollar

Berbicara dollar dari melakoni profesi youtube dan blogger potensinya sama besar. Contohnya sudah sangat banyak bermunculan. Hanya saja bedanya, karena youtube menampilkan gambar dan suara, mereka memiliki potensi dobel. Menjadi jutawan sekaligus artis dadakan yang diidolakan. Awkarin mengakui mendapatkan sekitar 32 juta per 4 hari dari youtube saja. Selain itu, namanya juga semakin naik daun sejak video clip berjudul ‘bad’ dengan Young Lex diunggah lewat youtube.

Apakah lalu para blogger tidak memiliki kesempatan yang sama ? Tentu tidak seperti itu. Hanya saja karena yang dimuat kebanyakan berupa tulisan, maka kemungkinan fans akan datang tergantung pada kualitas tulisan itu sendiri. Di samping desain template blog dan faktor internal penunjangnya. Menjadi blogger pun tidak menutup kemungkinan menampilkan gambar dan video. Namun jangan lupa, kedua bentuk file tersebut dengan resolusi tinggi dapat mempengaruhi kecepatan loading blog yang akan berdampak pada kenyamanan visitor.
Masalah dollar, para blogger justru memiliki lahan yang lebih luas lagi. Mereka dapat mengisi dompet dari pendapatan iklan pribadi, review produk para pengusaha online, dan yang sering menjadi target adalah menjadi publisher google adsense. Tips Membuat blog untuk pemula dan cara ngeblog agar sukses

Setelah mengetahui 3 hal di atas, manakah yang lebih cocok untuk mengekspresikan dirimu ?. Apakah vlog di channel youtube yang dapat menampilkan gerakan-gerakan dinamis atau blog yang akan semakin mengasah kemampuan menulis dan berbagi informasimu. Apapun pilihanmu, selamat berproses.

8 komentar

kalau saya lebih condong ke blogger mas,karena nggak hobby merekam video sih.apalagi untuk menguploadnya perlu waktu yg lebih banyak

Sama bro , kalo bloggers bisa berbagi tulisan yang kebetulan hobby saya . btw makasih udah berkunjung

masalah utama ane dlm klau mau jd blogger atau youtuber ya kuotanya itu bro dan juga sinyal yg ditempat ane sangat jelek

Yap bro , masing2 punya kelemahan dan kelebihan . pilihan youtuber atau blogger ada ditangan anda

kalau memang memungkinkan srtikelnya di dokumentasikan melalui video akan lebih baik sih om. tapi kembali lagi ke penyakit manusia yang satu ini yaitu malas..tetap samangat asalkan tekun apapun kerjanya pasti sukses om

Betul sekali ! semua di modali dengan semangat dan ketekunan . nice comment

Kalau menurut saya lebih enak jadi bloggers, karena kecepatan internet yang belum merata.. sehingga susah buat yang jaringan internetnya sedikit gimana gitu. Soalnya saya pernah coba upload video HD720 durasi yang 10 menit ++ bisa sampe 1 jam. Kalau jaringannya yang kencang sih enak emang jadi youtubers. intinya terkandung situasi dan kondisi. hahahaha

Jadi intinya .. bloggers masih menjadi pilihan terbaik menurut anda . oke bro , makasih buat feedback nya..

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

EmoticonEmoticon