2016/12/04

Membuat Artikel blog Bahasa Inggris Tanpa Menguasai Bahasanya

Di dunia blogging sekarang ini sedang ramai mempersaingkan konten original blog masing-masing. Permainan SEO, penghindaran dari faktor google adsense menolak kita, hingga template dan widget semuanya menjadi satu kesatuan yang mempengaruhi hasil output kedudukan artikel pada search engine. Jika dipikir secara logis, google ini bukan hanya milik orang Indonesia. Seluruh dunia berhak dan dapat mengakses google di manapun dan kapan saja selama masih terkoneksi dengan sinyal internet. Sementara itu, bahasa Indonesia bukanlah bahasa resmi internasional, baik di kawasan Asia maupun global keseluruhan.
Membuat Artikel blog Bahasa Inggris Tanpa Menguasai Bahasanya

Salah satu bahasa internasional yang secara resmi sudah diakui dunia adalah bahasa Inggris, baik British English Language, American English Languange maupun Australian English Language. Ketiga jenis bahasa Inggris tersebut memang tidak memiliki perbedaan yang sangat mendasar, namun ada beberapa hal yang memang perlu diperhatikan untuk membedakan. Misalkan saja aksen bicara setiap gaya bahasa Inggris berbeda.

Begini Cara Membuat Artikel Bahasa Inggris Tanpa Menguasai Bahasanya

Di sini kita tidak akan membahas mengenai cara menguasai bahasa Inggris, namun kita akan belajar membuat artikel berbahasa Inggris. Logikanya, jika blog anda memakai bahasa ini maka potensi traffic visitor meningkat dalam waktu relatif singkat akan semakin besar. Lalu bisakah kita membuat artikel bahasa Inggris tanpa menguasai bahasanya ? jangan menyerah dulu sebelum membaca tipsnya di bawah ini.

1.Membuat Artikel Bahasa Indonesia

Seperti biasa, dalam bahasa Indonesia maupun Inggris, konten orisinil dan menarik menjadi poin utama. Jangan sampai meremehkan artikel dengan bahasa berbeda dari keseharian kita, lantas kita copy paste saja milik orang lain tanpa editing yang mumpuni. Akan sangat baik jika anda mengusahakan membuat artikel sendiri. Tidak perlu langsung berbahasa Inggris kalau memang belum memiliki kemampuan untuk itu. Cukup buat saja artikel berbahasa Indonesia.
Jangan lupa baca Hukuman bagi tukang copas artikel dan cara menghindarinya

2.Install Grammarly

Aplikasi grammarly sudah terkenal di dunia blogging bahasa Inggris sebagai software pembantu koreksi grammar. Grammar ini penting sekali diperhatikan. Pemakaian susunan grammar yang salah bukan hanya akan menurunkan posisi web anda yang kalah dari web asli luar negeri, teteapi juga membingungkan para bule yang membacanya.
Cari saja aplikasinya di www.grammarly.com atau bisa juga lewat mesin pencari. Anda dapat mengecek grammar ini nantinya secara free atau berbayar. Tergantung fasilitas yang anda inginkan.

3.Google Translate

Coba salin artikel yang sudah anda buat di tahap pertama ke terjemahan google yang beralamat di translate.google.com. Pilih terjemahan dari bahasa Indonesia menuju bahasa Inggris. Kemungkinan besar hasil yang ditampilkan oleh terjemahan akan berantakan. Anda pasti bingung sendiri membaca bahasa Inggris hasil terjemahan tersebut.

Jangan panik karena bahasa artikel anda berubah berantakan. Sekarang coba ganti terjemahkan hasil yang ditampilkan google tadi dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Pasti sekarang anda lebih bingung lagi karena susunan kata dalam bahasa Indonesia ikut berubah tidak karuan.
Sekarang perbaiki saja susunan bahasanya agar sesuai dengan kaidah penulisan awal. Kalau sudah, hasil yang ditampilkan di kotak lawan otomatis juga akan ikut berubah. Nah, hati mulai lega pasti, ya.

4.Cek Hasilnya

Untuk memastika artikel berbahasa Inggris anda layak tayang, anda harus melakukan cek sekali lagi. Caranya baca dari awal artikel anda, apakah menurut anda bahasanya sudah baik ?. Jika iya maka lanjut ke pengecekan di grammarly.com.

Salin artikel yang sudah terbentuk tadi ke entri baru di blog anda. Apabila anda telah menginstall grammarly, otomatis akan ada ikon grammarly dengan warna tertentu di browser. Bila pemberitahuannya ‘no critical issues’ maka anda sudah boleh mempublikasikannya karena telah lulus grammar.

Sementara itu, jika grammarly memberi tanda warna merah maka anda harus memperbaiki beberapa kata yang dianggap menyalahi grammar. Utak-atik hingga notifikasinya berubah. Lalu silahkan mempublikasikan hasil karya tersebut. Jangan lupa cek originalitasnya lewat software copyscape atau siteliner.


Berikutnya Tips mencari ide artikel agar Trafik blog lokal stabil seperti blog bule


2 komentar

Terimakasih atas tipsnya bos. Namun kalau saya sendiri terkendala dengan waktu, karena untuk proses pembuatan dengan cara demikian cukup banyak memakan waktu.

Kerjakan di waktu anda bisa lakukan, jangan juga dipaksakan.. seep ? sukses yah

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

EmoticonEmoticon