Blogging cara tepat untukmu

Tips membuat konten viral teknik menjaring banyak visitor

Apa itu konten viral? Konten viral merupakan konten yang menarik perhatian banyak orang,Bisa karena konten tersebut mengesankan, bermanfaat atau memberikan pengaruh personal kepada pembaca. Dengan kata lain jika anda membuat suatu konten, dan kemudian  tersebar secara luas dan cepat maka konten tersebut dikatakan viral,Tapi ada begitu banyak konten yang dirasa bermanfaat diluar sana tapi tidak mendapat perhatian yang cukup luas. Mengapa? Karena tidak dilakukannya promosi, Konten bisa menjadi viral jika dipromosikan dengan tepat, Bahkan banyak konten ngawur yang tetap menjadi viral karena dipromosikan dengan baik,Jadi promosi merupakan faktor paling penting untuk membuat konten menjadi viral. Dengan membuat konten viral pada blog, otomatis akan mendatangkan banyak visitor dan ujung-ujungnya earning blog pun meningkat.

Tips membuat konten viral teknik menjaring banyak visitor

Cara menjaring banyak visitor menggunakan konten yang menarik perhatian


Kali ini saya akan membagikan cara atau teknik untuk membuat konten viral pada blog, teknik menjaring visitor melalui sebuah teknik mengundang perhatian pembaca dan berikut caranya:

1.Membuat judul unik yang membujuk

Jika kamu merasa kurang mampu dalam menulis konten yang dianggap bisa menjadi viral, maka cukup buat judul konten yang semenarik mungkin Karena judul merupakan hal pertama yang seseorang lihat jika ingin mengunjungi blog kita. Maka dengan membuat judul yang unik secara tidak langsung kita membujuk pengunjung untuk masuk ke blog kita.

Pernah tidak kamu melihat judul konten yang ternyata tidak sesuai dengan isi konten tersebut? Hal ini sering kita lihat di social media karena sebenarnya pengguna sosmed takut untuk mengklik link yang tidak biasa, tapi jika judul konten begitu menarik maka ada kemungkinan pengguna tetap akan masuk ke blog kita. Bisa dibilang ini merupakan salah satu teknik jitu yang sering digunakan internet marketer.

Contoh judul konten unik yang membujuk yaitu:
“teknik jitu membuat website canggih dalam 3 jam” kedengarannya menarik bukan? Padahal bisa saja isi dalam artikel tersebut hanya mengenai tips dan trik dasar dalam membuat website.

2.Membuat judul yang berisi kata kebalikan

Maksud kata kebalikan disini yaitu kata yang berlawanan dengan tujuan artikel tersebut. Hal ini lebih berkaitan dengan sisi alam bawah sadar seseorang. Pernah lihat tulisan di pinggir jalan “jangan buang sampah disini!” tapi orang-orang tetap saja membuang sampah disitu. Alam bawah sadar kita sering mengaburkan tafsir “tidak” menjadi “iya”.

Contoh judul yang bisa kita buat dengan kata kebalikan yaitu:
“10 tips menjadi cepat kaya yang tidak boleh ditiru”
“trik rahasia dalam mendapatkan nomor cewek manapun. Jangan diklik”
“5 hal yang akan membuatmu sukses walau belum tua sekalipun”

Untuk contoh judul pertama, kata “tidak boleh ditiru” sudah pasti akan membuat calon pengunjung merasa sangat tertarik dan dijamin akan mengklik judul tersebut.

Untuk contoh judul kedua, di internet ada banyak kata “jangan diklik” yang tersebar luas. Apakah kita akan nurut untuk tidak mengklik judul tersebut? Tentu tidak! Padahal sebenarnya semua artikel yang dibuat bertujuan untuk menjaring visitor. Jadi semakin banyak klik semakin untung.

Untuk contoh judul kedua, “5 hal yang akan membuatmu sukses walau belum tua sekalipun” sebenarnya artinya “5 hal yang akan membuatmu sukses di usia muda” tapi kita membuat judul dengan kata kebalikan di dalamnya sehinggan membuatnya lebih terlihat beda dan menarik.

3.Gunakan berbagai tanda (tanda petik, kurung , tambah dsb) pada judul

Menggunakan tanda tertentu pada judul merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan dalam membuat sekaligus mempromosikan konten. Tanda pada judul akan lebih mudah menarik perhatian dan juga dianggap sebagai pelengkap.

Jadi dengan menggunakan tanda tertentu hanya pada judul, kita bisa mendapat deskripsi lebih jauh mengenai artikel yang kita buat. Web-web besar sering menggunakan trik ini dan jika dishare di social media akan menjadi viral dalam waktu yang cepat.

Cara membuat judul artikel berkualitas SEO , Seo onpage yaitu:
“cari tahu kemampuan bahasa inggris anda (gratis ebook)”
“mengelola keuangan secara bijak dan benar (kupas tuntas)”
“tips PDKT “terbaik” yang bisa kamu tiru”

Dengan tanda tertentu membuat  judul diatas menjadi lebih menarik perhatian. Selain itu pembaca mendapatkan detail lanjut. Misalkan:

Artikel dengan judul “cari tahu kemampuan bahasa inggris anda (gratis ebook)” akan dilengkapi dengan ebook yang bisa diunduh secara gratis.

Artikel dengan judul “mengelola keuangan secara bijak dan benar (kupas tuntas)” akan berisi artikel yang isinya panjang karena dikupas secara tuntas

Artikel dengan judul “tips PDKT “terbaik” yang bisa kamu tiru” akan berisi tips PDKT yang terbaik. Jadi pembaca berpikir bisa saja dalam artikel tersebut berisi pendapat para ahli-ahli tertentu.

4.Gunakan gambar yang menarik

Gambar merupakan hal vital jika anda ingin mebuat konten menjadi viral. Bahkan bisa dibilang jika anda mengshare konten di social media, maka hal pertama yang dilihat pengunjung adalah gambar kemudian baru judul. Jadi judul konten maupun gambar harus saling bersinergi. Percuma anda membuat judul yang menarik jika gambarnya terkesan tidak nyambung. Dengan menyajikan gambar yang unik, lucu, aneh, keren dsb akan membuat pengunjung mengklik konten anda dan berpotensi menjadi viral.

Yang harus anda perhatikan, pastikan kualitas gambar tetap bagus dengan ukuran yang kecil. Anda bisa menggunakan aplikasi kompres  yang tetap menjasa kualitas gambar. Ukuran gambar penting untuk memastikan loading ke blog kita tetap terasa ringan.

5.Gunakan paragraf pembuka yang atraktif

Banyak blogger yang membuat paragraf awal terlalu panjang dan bertele-tele. Hal ini tentu akan membuat risih pengunjung. Karena jika paragraf awalnya sudah bertele-tele maka tentu isinya akan menjadi tidak menarik bagi pembaca.

Buatlah standar jumlah kalimat untuk paragraf awal pada artikel-artikel di blog kamu. Yang paling penting adalah bagaimana membuat paragraf awal menjadi atraktif. Karena sebenarnya belum tentu pengunjung membaca kalimat demi kalimat pada blog.

6.Membuat konten dengan pendekatan emosional

Konten yang paling rawan menjadi viral adalah konten yang mampu membangkitkan sisi emosial pembaca, dalam artian pembaca bisa merasa senang, terharu, penasaran, kecewa, marah dan sebagainya. Hal ini dikarenakan, jika pembaca merasa terpengaruhi oleh konten yang kita buat maka secara tidak segan mereka akan membagikan konten tersebut. Jika hal ini terus menerus berlanjut maka otomatis kontes yang dibuat akan menjadi viral.

Contoh konten yang bisa kita buat guna membangkitkan sisi emosional pembaca adalah konten dengan fakta mengejutkan, konten dengan kebiasaan sehari-hari yang ternyata berbahaya, konten yang menyinggung golongan tertentu, konten yang menimbulkan rasa haru, dan sebagainya.

Konten tersebut bisa anda buat dengan mempelintir fakta tertentu atau bahkan karangan anda sendiri. Walau sebenarnya tidak benar untuk dilakukan, tapi dijamin konten dengan pendekatan emosional bisa viral dengan mudah.


0 Komentar untuk "Tips membuat konten viral teknik menjaring banyak visitor"

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan


Back To Top