2016/12/30

Pengaruh Iklan Pop Up Bagi Pengunjung dan SEO

Apa itu iklan pop up? Yaitu jendela iklan yang tiba-tiba muncul ketika kita mengunjungi suatu website. Iklan jenis ini tidak diinginkan oleh pengunjung sehingga biasanya langsung ditutup begitu mendapatkannya karena menganggu proses berselancar web. Hal ini membuat pengunjung akan berat untuk mengunjungi website tersebut untuk kedua kalinya kecuali jika konten yang dimiliki memang sangat diinginkan. Jadi selain memberikan pengaruh negatif bagi pengunjung, iklan pop up juga memberikan pengaruh buruk bagi pemilik website yang bersangkutan.
Tapi mengapa masih banyak website yang menggunakan iklan pop up? Itu karena mereka mengutamakan keuntungan lebih daripada memperhatikan kenyamanan pengunjung. Karena dalam waktu singkat pengunjung bisa saja tanpa sengaja mengklik iklan pop up tersebut. Hal ini yang sebenarnya diinginkan oleh pemilik website dengan menempatkan iklan jenis ini.

Selain memberikan pengaruh buruk bagi pengunjung, apakah iklan pop up juga berpengaruh terhadap posisi SERP? Sebenarnya sudah ada rumor yang berkembang bahwa Google akan menghapus blog-blog yang menggunakan iklan pop up secara berlebihan. Namun ini hanya rumor, perkembangan selanjutnya mengenai kebijakan ini bisa kita tunggu di waktu yang lain.
Baiklah selengkapnya saya akan membahas mengenai pengaruh iklan pop up bagi pengunjung dan SEO. Tetap ikuti ulasan di bawah ini
 

1. Iklan Pop Up Menganggu Kenyamanan Pengunjung

Sudah sangat jelas bahwa iklan pop up menganggu kenyamanan pengunjung dalam menbaca informasi yang dicari. Hal ini menyebabkan pengunjung merasa tidak betah. Bagaimana tidak, ketika sedang asyik-asyiknya membaca kemudian tetiba disodori iklan melayang yang tidak relevan.

Anda bisa menggunakan berbagai macam plugin atau melakukan setting pada website agar kelihatan cantik, tapi hal tersebut akan percuma jika tetap dipasangi iklan pop up yang tidak perlu. Ingat, hal yang paling penting yaitu kenyamanan pengunjung.

Selain itu, ada pula iklan yang membuka tab browser baru bukan? Hal itu juga sangat mengganggu. Begitu ingin ditutup, eh malah membuka tab baru lagi yang mengandung iklan sangat banyak. Sangat membuat kapok pengunjung dan menghabiskan kuota internet. Blog tersebut pasti akan dihindari oleh pengunjung walau misalnya berada di halaman pertama mesin pencari.
 

2. Konten Sulit Dibaca

Bayangkan jika iklan pop up yang muncul sebesar layar smartphone. Jangankan membaca konten, melihat tampilan website tersebut saja menjadi tidak mungkin. Ujung-ujungnya bukannya menutup iklan, pengunjung bisa saja lebih memilih menutup tab dan mencari informasi dari website yang lain.

Konten merupakan senjata utama bagi seorang blogger. Jika terdapat kesulitan dalam membaca konten, maka bisa dipastikan kualitas website bernilai rendah dimata pengunjung, dan tentunya hal ini juga memepengaruhi kualitas SEO website yang bersangkutan.
 

3. Iklan Lain Menjadi Tidak Efektif

Iklan pop up sangat mempengaruhi iklan lain semisal adsense. Banyak blogger yang setelah memasang iklan pop up mengalami penurunan penghasilan dari adsense, bahkan turun hamper mencapai 50%. Hal ini menandakan bahwa sebenarnya iklan pop up juga tidak berarti efektif untuk menunjang penghasilan.

Iklan yang efektif tidak perlu banyak sehingga memenuhi layar website anda. Iklan yang efektif yaitu iklan yang relevan, bermanfaat bagi pengunjung, dan memancing rasa penasaran sehingga menimbulkan keinginan untuk klik iklan. Bisa diatur sedemikian rupa dengan penenpatan iklan, ukuran iklan, dan sebagainya.
 

4. Website/Blog Terlihat Tidak Profesional

Blog/website jika dipasangi dengan iklan pop up yang berlebihan terkesan tidak professional karena biasanya yang memasang iklan jenis ini adalah website dengan konten yang tidak bisa dipasangi adsense seperti website judi atau download illegal. Tentunya hal ini akan merugikan jika sesungguhnya konten yang diisi bisa bermanfaat bagi banyak orang serta terdapat artikel dengan kualitas baik di dalamnya. Oleh karena itu hindarilah memasang iklan pop up yang tidak perlu agar membuat website anda tetap terlihat professional dan berkualitas.

5. Bounce Rate akan membesar

Seperti yang saya bahasa di atas, iklan pop up berpotensi besar membuat pengunjung tidak akan betah. Bukannya menutup iklan, bisa saja pengunjung akan langsung menutup tab website tersebut. Hal ini membuat bounce rate akan menjadi sangat besar. Bounce rate atau lompatan pengunjung yang besar akan berpengaruh terhadap peringkat di mesin pencari. Hal ini karena ada google menilai bahwa kualitas konten anda tidak baik, padahal sebenarnya iklan pop up lah yang menyebabkan hal ini.

Tentunya seorang blogger tidak ingin hal ini terjadi bukan. Mendapat peringkat tinggi di mesin pencari adalah impian semua blogger. Tetapi jika iklan pop up membuat hal ini menjadi sulit, akan lebih baik jika menggunakan iklan jenis lain saja.

Sebenarnya tidak semua iklan pop up buruk, ada juga yang bermanfaat bagi pengunjung. Contoh misalnya pop up yang menverifikasi usia pengunjung, pop up langganan email, pop up polling dan sebagainya.

Yang terpenting adalah bagaimana menggunakan pop up secara efektif dan tetap relevan agar tidak dianggap mengganggu kenyamanan dalam mengunjungi suatu website.

8 komentar

Terima kasih om, buat saya masih sulit untuk memraktekanya,
tapi, apa salahnya kalau saya mengetahuimya! salam kenal & sejahtera om terima kasih

segala sesuatunya akan sulit dikerjakan namun seiring waktu berjalan dan ketika anda mau belajar maka percaya saja semua akan mudah jadinya . oke bro.. terima kasih coomentnya

Saya setuju yang dibilang agan kita kesusahan untuk membaca postingan karena iklan popup yang mengganggu

Makanya artikel ini sengaja saya buat bagi kawan blogers lainnya supaya lebih dapat mengerti pengaruh pop up untuk blog

percaya atau tidak, tapi saya telah membuktikan sendiri bahwa semakin lama iklan pop up dipasang maka konten yang sudah terindeks bisa menjadi tidak terindeks. Makanya saya sudah mencabut iklan pop up. rugi banget padahal sudah capek2 buat konten. Setelah dicabut, perlahan artikel saya terindeks kembali.

Kualitas seo akan menurun akibat adanya popup , bounce rate makin gendut , visitor pergi , search engine tidak mengindex . sama yang agan rasakan . makasih dah koment gan,salam bloggers

Makasih infonya bro , udah fix..

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

EmoticonEmoticon