2016/12/08

Pengaruh penting komentar blog dan seo

Apa komentar berpengaruh penting untuk Blog dan SEO?, Komentar blog adalah fasilitas dimana seseorang bisa saling komunikasi dan saling berbagi pengalaman dalam melakukan aktifitas dunia blogging . saat seorang pemilik blog menyediakan form untuk berkomentar maka hubungan untuk berinteraksi antara pemilik blog dan pengunjung blog bisa saling terjalin, dan  Memiliki komentar yang banyak adalah idaman bagi para bloggers , semakin terkenalnya sebuah blog maka jumlah komentar pun akan semakin banyak entah itu sebuah komentar kritikan ataupun saran .
Pengaruh penting komentar blog dan seo

Hal yang paling penting untuk diperhatikan ketika pemilik blog mau menyematkan form komentar pada blog miliknya yakni memastikan bahwa setelan moderasi sebelum diterbitkan diaktifkan .
dengan maksud bahwa setiap komentar yang masuk bisa di perhatikan terlebih dulu baru kemudian memilih untuk menerbitkan . dalam kata lain tidak secara otomatis terbit begitu saja dan sebagai admin blog dapat melakukan kontrol apakah komentar yang masuk layak diterbitkan atau tidak . 

Cara pengunjung berkomentar pun memiliki berbagai macam cara berkomentar . ada yang melenceng dari topik , ada yang menyematkan beberapa kata saja kemudian disusul dengan sebuah link hidup , ada yang memberikan kritik dan saran , ada pula yang bertanya dan serius mau tahu sesuatu yang sepaham dengan artikel yang dikomentarinya dan berbagai macam jenis lainnya dan hal inilah yang harus seorang admin blog perhitungkan sebelum memutuskan menerbitkan komentar tersebut .

Sebagai Admin / pemilik sebuah blog wajib selektif untuk memilah milih komentar mana saja yang boleh diterbitkan , tidak semua komentar harus di terbitkan , jadi sebuah komentar jangan di terbitkan secara lansung melainkan perhatikan terlebih dulu apakah komentar itu layak di publis atau tidak sebab sangat berpengaruh penting untuk blog dan seo anda.

Seberapa Penting Pengaruh Komentar Pada Blog ?


Perayap pada mesin telusur kian hari kian semakin canggih . mesin telusur google contohnya . dengan algoritma terbarunya yang semakin profesional menunjukkan bahwa google dapat memberikan hasil telusuran yang betul betul sangat memuaskan para penggunanya , bahwasanya google dapat mengindex semua isi yang terkandung pada sebuah laman kemudian disajikan secara relevan untuk pengunjung . ini menandakan bahwa sebuah komentar pada blog pun akan di index.
Googlebot sebagai robot perayap google sanggup meng crawl semua isi konten pada sebuah website, sekecil apa pun konten tersebut . bahkan sebuah pesan dalam form komentar mampu ditelusuri secara sempurna . Google juga sanggup mengcrawl komentar seperti disqus comment , facebook comment bahkan pihak penyedia form komentar lainnya . bukan cuma itu , setelah terindex , sebuah komentar dapat dipahami perayap sebagai keyword , jika isi pesan mengandung Lsi keyword dari komentar . 

Jika sebuah komentar blog memiliki isi pesan yang banyak kemudian disusul dengan isi yang mengandung banyak sumber Lsi tentu komentar ini akan berdampak positif  untuk SEO . jadi bersyukurlah ketika kita sebagai bloggers memiliki komentator yang memberikan sumber Lsi yang banyak . sayangnya untuk mendapatkan jenis komentator seperti ini jarang adanya . rata-rata hanya menyisipkan beberapa kalimat dan saling berkunjung dan tegur sapa saja .

Pernahkah anda ketika mekakukan pencarian digoogle kemudian mengetikkan beberapa kata kunci yang panjang ( long tail keyword ) menggunakan 4 atau lebih suku kata ? kada sebuah komentar menjadi isi dari deskripsi sebuah postingan . sebagai contoh gambar dibawah ini :
Didalam artikel tersebut saya tidak pernah menuliskan kalimat itu tapi komentator tersebutlah yang menambahkan Lsi keyword pada artikel tersebut . berarti sudah jelas bahwa semakin banyak komentar pada sebuah website sangat bagus untuk seo sebuah blog, semakin kaya konten kita dan semakin luas untuk dijelajahi perayap ketika komentar tersebut relevan dengan artikel yang dikomentarinya .

Baca Juga: Cara meningkatkan viewer atau page views untuk artikel baru pada website

Jangan Menerbitkan Komentar Yang Seperti Ini


Dari beberapa komentar kita harus mengenali , mempelajari dan menyetujui baru kemudian menerbitkan artikel tersebut . memang secara sadar komentar sebuah blog akan menambah kualitas seo namun juga memiliki sisi baik buruknya . lalu bagaimana komentar yang layak dan tidak untuk di terima ? berikut beberapa contoh dibawah :

#1. Komentar singkat tanpa nilai positif

Komentar singkat yang hanya basa basi tanpa memberikan nilai positif untuk anda . sebagai contoh :
  • "Nice info, senang berkunjung di blog anda"
  • "Terima kasih Atas Artikelnya sangat bermanfaat"
Dan beberapa komentar sejenis yang tidak layak diterbitkan . kenapa saya mengatakan demikian ?
  1.  Komentar jenis tersebut akan dianggap spam
  2.  memiliki satu atau dua bersesiko dianggap duplicate content
  3.  Tidak memberikan nilai positif apapun
  4.  beresiko dihapus oleh google karena dianggap blog spam
Apa yang mesti anda lakukan ??
Saran saya segera masukkan kedaftar spam komentar seperti itu dan kalau bisa hapus saja untuk menjaga reputasi blog kita dimesin pencarian .

#2. Komentar tidak Relevan dan promosi

Berikutnya adalah komentar yang tidak ada kaitannya dengan isi artikel kemudian banyak promosi. jangan terbitkan komentar seperti ini , komentar yang beginian datangnya dari sesama bloggers yang mempromosikan miliknya tanpa ada keterkaitan sama sekali dengan isi artikel .

Walau komentarnya panjang tapi jika tidak relevan, tidak ada kaitannya dengan isi artikel kita sebaiknya jangan diterbitkan . buka untuk membantu kualitas seo kita justru akan merugikan sebab tidak ada kaitan sama sekali . maka lama kelamaan blog anda menurun reputasinya . itulah Pentingnya SEO On Page dalam Optimasi Blog untuk mengatasi hal dalam berkomentar relevan atau tidak .

#3. Komentar dengan link hidup

Apa yang terjadi jika dalam post komentar ada link hidup ? mengapa struktur link hidup dianggap spam oleh sebagian blogger ??
Sebenarnya tidak ada kaitan sama sekali ada atau tidaknya link hidup ( menurut saya ) . namun sebagai blog baru yang lagi berkembang tentu akan mengurangi link keluar dulu . rata2 blog yang lagi optimasi internal link dari laman ke laman tidak mau diganggu dengan adanya link keluar selain laman mereka sebelum posisinya baik dimata pencarian.
diluar itu ada banyak blogger juga yang iseng dengan memasang link senbarangan, link yang tidak jelas untuk merusak reputasi blog yang kita miliki .

#4. Waspada komentar Name/URL atau OpenID.

Bagi publisher adsense sebaiknya selalu meninjau komentar yang menggunakan open id dan name url.  seperti yang kita tahu bahwa kebijakan google adsense adalah tidak menyetujui laman yang berbau s4ra / pxrn / jual 0bat2an dan sebagainya. nah apa jadinya jika seseorang berkomentar kemudian menggunakan link yang mengarah ke situs2  tersebut ? anda akan mendapatkan teguran dan kemungkinan dapat banned dari pihak adsense .

Tidak sedikit dari sesama publisher adsense pernah mendapat teguran seperti ini . dan sebaiknya jika anda menemukan komentar seperti itu segera menghapusnya untuk kelansungan anda dan blog anda.

Perhatikan juga nama komentator yang berkomentar di blog anda. sebelum menerbitkan baca nama komentator tersebut, takutnya jika berbau ( x ) kemudian terindex maka akan menurunkan reputasi blog kita.
 

Terbitkan komentar yang bersifat positif


Positif dalam arti komentar tersebut betul betul relevan dengan apa yang dikandung dari isi artikel. selain menunjang kualitas seo anda karena banyaknya Lsi yang tersebar , juga berdampak bermoral dimata pengunjung yang lain . berikut beberapa contoh komentar yang sebaiknya anda terbitkan :

#1. Relevansi komentar dan isi postingan

Jika anda membahas sesuatu dalam artikel anda . anggaplah anda membuat judul postingan " cara berkomentar blog yang baik " kemudian dikomentari seorang pengunjung yang isi komentarnya memiliki nilai sama dalam kata dan kalimat , sebagai contoh ...
Kata blog = website = situs = web
kata Cara = Pilihan = tutorial = dan lainnya
Menandakan bahwa komentar tersebut akan memperkaya konten anda karena mengandung sumber keyword yang saling berkaitan .orang yang seperti ini biasanya membaca artikel terlebih dulu sampai habis baru kemudian memberi saran didalam form yang disediakan.
Komentar yang relevan akan sangat berguna sekali untuk perkembangan seo dan blog kita .

#2. Komentar singkat tapi bermutu

Apa yang saya maksud dengan komentar singkat namun bermutu ? seperti yang saya bahas diatas bahwa pengarus Lsi dalam pengembangan seo sangat dibutuhkan . sebagai contoh jika anda membuat sebuah artikel tentang buah buahan dengan keyword bidikan " Apple " kemudian isi komentar berkaitan karena adanya kata = manis , enak , harum ,kecut dan sebagainya tentu mesin perayap tahu bahwa anda membahas tentang buah2an . bukan sebuah produk elektronik dari perusahaan Apple.
Inilah yang dimaksud Latent Semantic Indexing .

Tidak perlu banyak taburan Komentar Lsi . mengandung satu kata saja yang sangat berkaitan dengan apa yang sedang kita bahas itu sudah cukup untuk memperbaiki posisi artikel kita di SERP


Kesimpulan

Sekarang miliki pertimbangan apakah komentar blog harus disematkan atau tidak , kemudian pertimbangkan sisi baik buruknya kiranya menjadikan sebuah modal besar untuk anda bahwa Pengaruh penting komentar blog dan seo punya nilai positif dan negative

Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat .


11 komentar

lagi-lagi omblogging, entah komentar saya ini tidak nyambung atau nyambung,
yg jelas setiap artikel dari omblogging sangat membantu saya sebagai blogger yg masih butuh banyak pengalaman

Belajar dari blog ke blog memang lebih bagus sis sebab tidak satu saja pengalaman yang bisa didapatkan.

Ternyata sebuah komentar cukup memiliki pengaruh juga ya terhadap kelangsungan hidup artikel dimata SE, diblog saya sangat banyak noh komentar2 yg gak penting.
Tapi untuk yg poin ke dua diatas udah saya lakukan swiping untuk bersih2 link (hidup ato mati) meski blm semuanya, dikira blog aye tempat parkir link kali yak... hiks..hiks...

Nah , jenis komentar seperti inilah yang bermutu .singkat padat dan tepat! moga berikutnya dibawah juga nymbang KW . trims cendolnya gan wahyu (y)

Mantap gan.. Semantap mantapnya :V

Mantap seperti u koment , kek jangkrik

Kalau yang komen link hidup itu efeknya kan sangat buruk om?
Lantas bagaimana cara dya kok bisa komen dibanyak blog sekaligus?

Mengenai efeknya belum tentu buruk selama dia beri koment yang relevan dan soal dia bisa koment ke banyak blog secara bersamaan mungkin saja dia punya sebuah tools otomatis bro

Om Blogging, jadi baiknya fokus bermain internal link dahulu atau tidak mengapa jika bermain link keluar ya ?

btw, infonya sangat menarik. aku baru tahu kalau komentar itu bisa sangat mempengaruhi seo. Untungnya.. belum ada yg berkomentar di blogku. sedih..

oia om, bagaimana jika di grup om di wajibkan saling berkomentar di blog agar membantu seo ?

terimakasih

Link internal dan external digunakan jika saling relevan . Mengenai komentar pada blog memang sangat mempengaruhi kualitas baik buruknya seo .

Sarannya akan saya pertimbangkan , Sangat bagus .

Makasih yah dan suskes buat anda...

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

EmoticonEmoticon