Blogging cara tepat untukmu

Pilih Wordpres Atau Blogger , Mana Yang Lebih Baik

Pilih Wordpres Atau Blogger ??Mana lebih baik wordpres atau blogger ? omblogging kali ini akan berbagi sedikit tips mengenai memilih platform blog antara wordpres dan blogger, khususnya bagi pemula karena memilih platform blog sejak dini harus siap mental harus paham betul bagaimana mengakses blog yang baik . . harus mengetahui terlebih dulu apa kelebihan dan kekurangan sebuah platform blog . ada yang kurang baik dan juga ada yang sangat bagus, tergantung kepuasan pengguna dalam tingkat akses yang dapat di sesuaikan oleh pengguna . menggunakan wordpres dan blogger saat ini menjadi dua pilihan sulit bagi para bloggers newbie . sempat menjadi pro dan kontra karena masing masing mengandalkan platform yang mereka gunakan , padahal jika diperhatikan dengan seksama kedua platform ini memiliki tingkat akses yang boleh dikata berbeda namun sama . terutama untuk nilai sebuah seo , kedua platform ini sama sama menjanjikan . dan berikut dibawah ini pilihan untuk anda memilih wordpres atau blogger .

Keuntungan Menggunakan Wordpress

Popularitas wordpress semakin menanjak sejak pertama kali diluncurkan. Hal ini bisa dibuktikan dengan jumlah pengguna yang semakin bertambah setiap hari. Banyak pengguna platform lain yang pindah ke wordpress karena dianggap mempunyai tampilan yang lebih interaktif.
Maka jika anda ingin membangun web yang interaktif, responsif, serta mampu bekerja sesuai dengan fungsi yang inginkan, platform wordpress bisa menjadi opsi yang menarik bagi anda. Kali ini saya akan membagikan keuntungan menggunakan wordpress dalam mengembangkan web

Keuntungan Menggunakan Wordpress
Wordpres logo

1.Mudah Dalam Hal Management


Platform wordpress menawarkan anda kemudahan dalam melakukan pengaturan.  Hal ini karena ada banyaknya plugin yang disediakan dalam wordpress , setiap plugin memiliki tingkat akses yang boleh dikata mudah untuk diakses. Selain itu anda bisa memilih tampilan dan fungsi template sesuai dengan yang diinginkan , tidak kalah dengan blogger wordpres juga memiliki banyak template dimana pengguna bisa memilih milih mana yang dianggap baik menurut pengguna .

Juga dengan Banyaknya plugin serta jenis template dalam wordpress sangat memudahkan dalam mengembangkan website, utamanya bagi seorang pemula. Kita bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan tujuan website yang dikembangkan.

2.Mudah Menggunakannya


Dengan banyaknya opsi plugin dan template, tentu saja akan mudah dalam menggunakannya. Hal-hal dasar seperti menambahkan gambar atau melakukan posting jadi sangat gampang dilakukan. Contohnya pada platform wordpress ada plugin Yosat SEO yang berfungsi memudahkan optimasi artikel dalam hal SEO. Tapi untuk memaksimalkan kualitas seo para pengguna tidak boleh bergantung pada plugin yang ada . para pengguna juga wajib menyematkan atau melibatkann optimasi seo secara manual seperti optimasi seo onpage karena untuk menambahkan kualitas seo plugin yoast ini harus dibarengi optimasi manual .  Pentingnya SEO On Page dalam Optimasi Blog

3.Mudah Terindeks Oleh Search Engine


Wordpress menawarkan struktur yang sederhana tetapi rapi dan optimal sehingga memudahkan search engine dalam melakukan indeks terhadap artikel yang dibuat. Terlebih dahulu wordpress sudah melakukan optimasi terhadap platformnya sehingga memudahkan bagi user karena konten yang dibuat di wordpress menjadi mudah dipahami mesin pencari. namun bukan berarti anda menggunakan wordpres lalu kemudian konten anda pasti selalu baik di mata mesin pencari , kita juga wajib selalu menambahkan kulaitas mutu konten yang berkuaitas agar lebih maksimal .

4.Fasilitas Update Mudah Dan Gratis


Dengan semakin banyaknya perubahan algoritma yang dilakukan mesin pencari seperti halnya google, membuat platform Wordpress sering melakukan update secara berkala.  Tentunya ini menjadi solusi bagi anda yang ingin mengembangkan website agar tetap bisa bersaing dalam hal SEO. Selain itu, update sangat mudah dilakukan dan yang paling penting, gratis. itulah salah satu yang menjadikan poin memilih wordpres . namun bukan berarti menggunakan wordpres akan aman dengan algoritma google , juga ada banyak pengguna wordpres di depak semenjak algoritma penguin diterbitkan . jadi pada dasarnya para pengguna harus mengikuti rules dan kebijakan para mesin pencari .

5.Tidak Perlu Melakukan Edit HTML


Tidak seperti web statis yang memerlukan edit HTML dalam posting artikel, pada platform Wordpress melakukan edit HTML tidak diperlukan sama sekali. Anda dapat melakukan posting seperti menulis artikel atau mengupload gambar dengan mudah. Hal ini tentu dianggap membantu bagi anda yang merasa kerepotan dalam melakukan tetek-bengek seperti demikian. jadi menjadi salah satu keuntungan jika anda memutuskan untuk menggunakan wordpres .

6.Ketersediaan Plugin Untuk Menambah Fitur


Jika anda berniat untuk membangun banyak website tapi dengan fungsi yang berbeda-beda maka platform wordpress sangat cocok anda gunakan.  Pada CMS Wordpress sudah tersedian plugin yang berfungsi menambahkan fitur agar website dapat melakukan fungsinya. Contohnya plugin yang berfungsi mengubah tampilan website layaknya website bisnis atau misalnya jika anda berniat menjadikan konten anda trending di sosial media maka anda bisa menambahkan fitur share dan like pada website anda.  Semuanya tersedia secara gratis.

7.Skalabilitas Yang Optimal


Platform Wordpress sangat unggul dalam hal skalabilitas. Untung saja Wordpress menawarkan fungsi yang optimal sebanyak apapun konten yang anda buat. Skalabilitas yang baik tentu sangat diinginkan oleh seseorang yang ingin mengembangkan websitenya menjadi besar.

Itulah tadi 7 keuntungan menggunakan wordpress dalam mengembangkan website. Setidaknya beberapa poin diatas sudah cukup untuk menjelaskan bahwa wordpress merupakan CMS unggulan yang bisa anda gunakan. Jika anda ingin lebih melakukan optimasi dalam pengembangan website, anda bisa mencoba menghubungi beberapa perusahan yang khusus melayani pengembangan website wordpress. Demikian pilihan untuk menggunakan wordpres sebagai platform website anda .

Keuntungan Menggunakan Blogger Dalam Mengembangkan Website

Blogger merupakan platform penyedia jasa blog gratis yang dimiliki oleh perusahaan raksasa google. Karena dikebangkan oleh google, tentu layanan dan fitur yang terdapat di blogger (blogspot) tidak main-main. Saat ini persaingan antara blogger dan wordpress terasa kental. Banyak yang mengatakan kalo blogger lebih baik daripada wordpress walau banyak pula yang mengatakan sebaliknya.
Tentu masing-masing mempunyai keuntungan tersendiri. Kali ini saya akan membagikan keuntungan menggunakan blogger dalam mengembangkan website yang belum banyak diketahui atau kurang dimanfaatkan.

Keuntungan Menggunakan Blogger Dalam Mengembangkan Website
Blogger logo

1.Tidak Perlu Pintar Dalam Kode Pemrograman


Salah satu keunggulan blogspot adalah tidak membutuhkan kehandalan dalam kode pemrograman seperti misalnya html atau css. Blogspot telah didesain agar mudah digunakan atau dikelolal oleh bahkan yang belum mengenal bahasa pemrograman. Untuk kualitas tampilan, blogger menyediakan banyak template default yang bisa dipasang di blog.

Jika merasa kurang puas dengan template default yang ditawarkan, ada banyak master blogging yang membuat template-template dengan tampilan menarik dan juga simple. Anda bisa mencarinya di mesin pencarian atau di forum-forum internet marketing atau sebagainya.

2. Menggunakan Blogger Sangat Mudah digunakan


Di blogger hal-hal dasar seperti mengatur template, membuat judul blog, mengisi artikel, mengisi deskripsi blog, dan sebagainya sangat mudah dilakukan. Bahkan anda masih bisa mengganti alamat url blog anda jika dirasa kurang cocok. Semua ini bisa dilakukan dengan mudah tanpa melakukan editing pada kode htmml atau css. Hal ini tentu merupakan suatu keunggulan dibandingkan dengan platform blog lain. sayangnya , walaupun mudah mengutak atik dan merubah alamat url bukan menjadi saran webmaster karena merubah2 alamat url sama halnya membuat blog baru .

3. Terintegrasi Dengan Google Adsense


Peraturan mendasar jika ingin mendaftarkan akun ke adsense yaitu harus mempunyai blog atau website dengan Top Level Domain. Tapi hal ini tidak berlaku jika mempunyai blog dengan subdomain blogspot.com. Artinya anda bisa tetap mendaftar adsense walau hanya menggunakan platform blog gratis blogger. Blogger mendapat perlakuan khusus perilhal peraturan ini karena blogger sendiri dimiliki oleh google.

Hal ini tentu merupakan keuntungan besar. Coba bayangkan jika anda membeli domain bahkan hosting dan kemudian akun anda tidak diterima. Tentunya akan rugi, beda halnya dengan membuat akun di blogspot secara gratis. Walau misalnya tidak diteria, setidaknya tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli domain.

4. Blogger Dilengkapi Widget Javascript


Hal menguntungkan lainnya dalam menggunakan blogspot adalah semua penggunanya diberi kebebasan untuk memasang javascript tertentu guna memaksimalkan suatu blog. Hal ini berarti penggunanya dapat mengolah blog sedemikian rupa agar mempunyai kualitas yang sama dengan website-website besar.

Jadi untuk memodifikasi agar blog mempunyai tampilan seperti layaknya website besar, pertama anda perlu mencari template yang dianggap sesuai dengan kebutuhan, melakukan editing sedikit, dan akhirnya memasang javascript yang dianggap menguntungkan dalam perkembangan blog.

5. Menggunakan Platform Blogger Mudah Dalam Pointing Domain


Blogspot sangat memudahkan dalam pengaturan pergantian alamat blog url dari subdomain (nama blog anda).blogspot.com menjadi TLD (Top Level Domain) (nama blog anda).com. Tidak perlu melakukan pergantian DNS yang rumit itu.

Yang perlu dilakukan hanyalah membeli domain, setelah itu lakukan pengaturan sederhana di laman blogspot anda kemudian sambungkanlah dengan domain yang baru saja anda beli tersebut. Bahkan, blogspot juga menyediakan tempat membeli domain, sehingga setelah melakukan pembelian domain otomatis akan terintegrasikan dengan blog anda.

6. Mempunyai Bandwitch Unlimited


Coba bayangkan jika blog yang anda kembangkan memiliki jutaan pengunjung per harinya dan bandwitch yang dimiliki terbatas, tentunya akan menjadi masalah bukan? Jika hal tersebut terjadi bisa dipastikan blog anda akan mengalami error sehingga tidak bisa diakses lagi.

Tapi hal tersebut tidak akan terjadi bagi pengguna platform blogger/blogspot. Jika anda membuat blog di platform ini, maka bisa dipastikan anda akan mendapat bandwitch yang unlimited secara gratis.  Tak peduli berapa banyak pengunjung yang datang, blog tidak akan error sekalipun.

7. Keamanan Menggunakan Blogger Terjamin


Jangan pernah lupa bahwa platform blogger dimiliki oleh perusahaan raksasa google dan google terkenal dengan reputasi server kuat terlindungi yang tidak bisa dibobol oleh hacker manapun. Bahkan pihak google berani menawarkan imbalan yang besar bagi seseorang atau kelompok yang dapat melakukan serangan ke server google, baik itu berupa mesin pecaharian google.com, gmail, maupun platform blogger.

Jadi bisa dijamin pengguna platform blogger akan mendapat kualitas keamanan yang baik. Pernah dengar suatu website diserang DdosAttack? Rasanya hal tersebut tidak akan terjadi pada blog yang menggunakan platform ini. Tapi pastikan kerahasiaan akun dan password anda terjaga dengan baik guna menghindari ancaman serangan hacker yang dapat merusak blog anda.

8.Tidak Ada Iklan Dari Vendor

Selain gratis dan banyaknya keuntungan yang didapat, blogger bahkan tidak memasang iklan di blog penggunanya. Iklan hanya bisa dipasang oleh pengguna yang memang berniat untuk memasang iklan tersebut. Diluar sana ada banyak blog yang dipasang iklan, walau sebenarnya bukan pengguna blog yang memasang iklan tersebut melainkan dari pihak vendor atau platfor blog yang mereka gunakan.Itulah tadi ulasan singkat beberapa keuntungan dalam menggunakan blogger guna mengebangkan website. Semoga bermanfaat.

9. Mudah Melakukan Optimasi Seo

Tidak kalah dengan wordpres , blogger walaupun tidak memiliki sebuah plugin khusus untuk optimasi seo namun kekuatan bloggers juga tidak main-main ketika pengguna dapat mengoptimasinya secara baik , hanya menempatkan data seo yang sudah dipersiapkan pada dahsboard blogger yakni meta deskripsi maka keuatan seonya pun makin baik di mesin pencari . persaingan para kompetitor untuk menduduki papan atas bukan hanya dimiliki wordpres saja namun wordpres harus sanggup menandingi platform blog high class yakni blogger .

Tingkat Keamanan Wordpres Dan Blogger

Bukan rahasia lagi bahwa wordpres dengan script cms rentan terhadap tindakan hacking seperti cracking dan defacing . karena para orang jahat dapat menggunakan celah pada cpaneL ( control panel ) dan isi database . namun jika anda paham tetang bahasa pemgograman hal seperti ini bukan satu masalah besar . Beda dengan bloggers.. untuk mendeface sebuah blog berplatform blogspot para orang jahat terlebih dulu harus membantai induknya yakni blogger dan semua pengguna blogspot harus bersabar. sayangnya blogger sampai saat ini tidak pernah kebobolan . itu menandakan bahwa platform ini sangat aman . tapi diluar dari itu para pengguna harus mengamankan akun masing2 terutama dalam segi membagikan alamat email beserta passwordnya .

Kesimpulan

Jika anda punya dana lebih dan lebih mengutamakan bantuan plugin atau bantuan2 fitur mungkin memilih wordpres lebih cocok , namun jika anda menginginkan platform blog gratis namun mudah digunakan serta mudah untuk optimasi seo maka blogger menjadi pilihan yang baik . gratis dan terpercaya .   Sekarang pilihan ada ditangan anda . Pilih wordpres atau blogger ?? secara pribadi penulis pengguna wordpres yang migrasi ke blogger . salam ..

8 Komentar untuk "Pilih Wordpres Atau Blogger , Mana Yang Lebih Baik"

seperti halnya dengan saya dan admin, pasti ada kekurangan dan banyak kelebihannya dari masing-masing kita, demikian juga dengan blogger dan wordpres, tinggal kemana kita mau demen....gituh kira-kira ya mang?

Betul sekali . sesuaikan saja mana yang dirasa cocok dan mudah diakses. maka itu pilihan yang tepat

Sama-sama bagus antara blogspot dan wordpress klau saya sih pakai blogspot.com

Platform yang saya gunakan juga dari blogger bro , walaupun sama sama baik namun pengguna harus menyesuaikan dengan kecakapan saat menggunakan . trims dah berkunjung .

Saya pilih keduanya, di blogger 5 dan 3 wp

brarti sis erica ada punya 8 blog berarti. hebat..

kalau saya tetap setiap make blogger, karena bawaan google, bukan kah kita semua anak cucu google, masah pake layanan yang lain....hehehe

Bah keren bahasanya gan , anak cucu google . yah gan, saya pengguna wp yang migrasi ke blogger dan sampai saat ini saya lebih menikmati menggunakan blogger .

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan


Back To Top