2016/12/17

Proses Sebuah Blog Hingga Dapat Menghasilkan Uang

Menjadi blogger saat ini sudah lebih dari penyaluran hobi menulis. Meskipun masih ada juga orang yang ngeblog hanya sesuai mood akibat merasa membutuhkan media penyaluran opini dan perasaan. Namun jumlah mereka tidak lebih banyak dari blogger yang memburu uang sekaligus mendalami keahlian bidang tertentu. Ada banyak hal yang bisa dipelajari dalam siklus sebuah blog menuju penghasilan besar. Orang-orang awam tidak banyak yang memngetahui suka dukanya.

Jika Anda pernah mendengar cerita seorang peternak bebek yang tiba-tiba mampu membangun rumah dan membeli mobil, jangan berburuk sangka dulu. Memang mereka tidak bekerja di bawah panas matahari atau di pasar, sehingga tidak semua orang mengetahui aktivitas menulis blognya adalah tumpuan hidup.

Begini Siklus Blog Hingga Menghasilkan Uang


Rasa penasaran Anda akan segera terjawab melalui ulasan siklus blog dapat menghasilkan uang berikut ini.

1.Ngeblog 

Aktivitas blogging Anda harus dimulai dengan membuat akun blog. Tidak harus membeli domain khusus lebih dulu. Jika memang Anda belum memiliki budget untuk itu, manfaatkan saja situs blogspot atau wordpress.

Dulunya sih ada lagi yang namanya multiply, tapi kabarnya situs penyedia blog tersebut sudah ditutup. Sehingga hanya tinggal dua saja yang menjadi jagoan blog gratis. Banyak blogger pemula yang memulai aktivitas ngeblognya dari salah satu situs di atas. Meskipun gratis, jangan lantas menyepelekan konten.

Setidaknya blog gratis Anda sudah dibekali fitur-fitur standar seperti beberapa template bawaan. Pelajarilah cara mengelola blog dari berbagai sumber. Miliki rasa penasaran dan haus akan ilmu. Sikap ini akan memudahkan Anda mengembangkan skill ngeblog.

Jangan ragu-ragu jika diminta blogger senior mengisi blog mereka. Anda mungkin tidak dibayar, tapi harga pengalaman dan pelajaran yang didapatkan bisa memperkuat jaringan koneksi Anda di kemudian hari.
Tentukan topik spesifik blog Anda lewat jenis blog.

Apakah Anda akan membuat blog pribadi berbahasa ringan atau blog niche dan blog otoritas sebagai jalan mudah memonetisasi nantinya. Topik yang sesuai minat atau bidang keahlian Anda akan menghindarkan rasa bosan yang sering menghinggapi blogger.

Jagalah setiap artikel yang Anda tayangkan agar blog tidak dikenai pinalti oleh google karena dianggap sebagai blog plagiator sampah.

Orisinalitas dan keunikan sebuah konten lebih bernilai daripada banyaknya karakter dan jumlah artikel yang diposting setiap hari. Permak pula blog Anda hingga tampilannya tampak menarik.

2.Cari Fans

Sama seperti penulis novel. Mereka pada mulanya tidak menulis demi menggaet popularitas tinggi. Namun sebuah konten tulisan berkualitas, tanpa diminta penulisnya pun pasti pembaca yang tersentuh akan sukarela menjadi pembaca setia. Akibatnya mereka rela menunggu lama demi terbitnya konten-konten selanjutnya.

Anda bisa melayani fans Anda lewat fitur subsribe via e-mail, membuat fanspage di facebook, dan tentunya menanggapi setiap komentar, saran serta kritik yang masuk. Jika ada pengunjung yang ingin dibuatkan konten tertentu, buatkan saja.

Itu artinya mereka sudah percaya dengan isi tulisan kita. Cara ini akan membuat Anda memiliki banyak pengunjung setia yang dapat mendongkrak traffic. Pastikan pembaca setia Anda minimal 100 orang setiap hari.

3.Otoritas

Blogger pemula awalnya cuma coba-coba menulis. Siapa sangka tulisan  mereka memiliki banyak penggemar setia. Kalau sudah begini, segera bangun otoritas blog Anda. Rutinkan membuat konten berkualitas dan mempostingnya. Konsisten lebih sulit daripada mengawali. Tapi di sinilah titik balik kesuksesan kita sedang diuji.

4.Monetisasi

Kunci sebuah blog dapat dimonetisasi adalah kontennya yang kaya. Kita bisa memonetisasi sebuah blog bila konten yang kaya isi itu sudah memiliki traffic visitor tinggi. Anda bisa menjadi mitra dari google adsense atau memilih jalur indie dengan menjadi buzzer, membuka space endorsement bagi iklan produk dan jasa tertentu.

5.Dibayar

Tahap terakhir inilah yang paling menyenangkan semua blogger. Waktu, tenaga, pikiran yang sudah dihabiskan pada tahap 1-3 terbayarkan. Monetisasi yang baik dapat mengantongi ratusan ribu sampai miliaran rupiah per bulannya. Anda tertarik ? Selamat mencoba.

Next tips ...


Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

EmoticonEmoticon