2016/12/12

8 Teknik menjual online agar dagangan semakin laris

Banyak pedagang tujuannya hanya untuk mencari keuntungan semata. Itu salah. Sebenarnya yang perlu anda perhatikan adalah bagaimana agak pihak pembeli dan penjual sama-sama untung. Dengan pola pikir mencari keuntungan di pihak penjualnya saja, anda tidak akan memperikan pelayanan maksimal kepada pembeli sehingga mereka akan berpikir ulang untuk melakukan transaksi lagi.

Di era sekarang ini banyak transaksi jual beli yang dilakukan secara online. Maka kali ini saya akan membagikan teknik menjual online agar dagangan semakin laris.
8 Teknik menjual online agar dagangan semakin laris

1.Utamakan kepuasan pelanggan

Kepuasaan dalam hal ini adalah kemudahan dalam melakukan transaksi. Kepuasan pelanggan merupakan vital. Jika pembeli puas, dia akan kembali melakukan pembelian sehingga statusnya berubah menjadi pelanggan. Seorang pelanggan akan merekomendasikan dagangan anda ke orang lain.

Faktor penting untuk mendapatkan kepuasan pelanggan bisa berupa chat yang fast respon, ramah, dan juga informatif terhadap pembeli. Anda juga harus siap berhadapan dengan tipe pembeli yang Chat Lama Beli Kagak.

2.Keamanan transaksi harus terjamin

Saat ini banyak kita dengar terjadi penipuan transaksi online. Oleh karena itu anda harus menjamin keamanan transaksi di toko online anda. Salah satu opsi yang bisa anda coba adalah Rekening Bersama. Online marketplace terkemuka seperti bukalapak, tokopedia, lazada, dll sudah menjalankan hal ini.

Untuk awalnya anda bisa mencoba menjual barang dagangan anda pada website-website diatas, kemudian ketika sudah mendapat banyak pelanggan, anda bisa menginstruksikan untuk langsung melakukan transaksi di toko online anda.

3.Gunakan iklan untuk promosi

Iklan akan menjadikan proses menjual menjadi jauh lebih efektif. Anda hanya perlu mencari media yang tepat untuk beriklan.

Facebook dan google adword merupakan media beriklan yang paling umum digunakan saat ini. Anda juga bisa menggunakan social media lain semisal path atau instagram. Yang harus anda perhatikan adalah pastikan iklan anda tertarget.

4.Perhatikan kualitas barang dan packaging

Apabila anda tidak memperhatikan kualitas barang yang anda jual pembeli akan enggan untuk membeli dua kali. Tak hanya itu, pembeli bisa saja melakukan feedback negative di lapak anda sehingga akan menurunkan reputasi lapak anda.

Selain itu pastikan kualitas packaging anda sudah baik. Packaging merupakan cara-cara yang dilakukan untuk memproteksi barang anda utamanya dalam proses distribusi. Hal ini untuk menghindari terjadinya kerusakan sebelum sampai di tangan pembeli anda

5.Jangan membohongi pembeli

Jika anda menjual barang KW, maka katakan secara jujur bahwa barang anda memang kualitas KW bukan original.

Sekarang ini banyak pembeli pintar dalam menilai kualitas barang bahkan hanya lewat foto. Selain itu jangan berbohong mengenai harga barang anda, pembeli bisa saja melakukan cross check ke lapak lain.

6.Berikan free trial

Jika produk yang anda jual berupa digital, maka ada baiknya jika ada memberikan free trial. Hal ini untuk mengenalkan produk anda ke banyak orang terlebih dahulu. Suatu riset mengatakan seseorang menjadi pelanggan jika sudah melakukan minimal transaksi sebanyak 4 kali.

Jangan sampai karena orang lain belum tahu kualitas produk anda maka dia tidak akan menjadi pelanggan, bahkan pembeli. Untuk itu opsi free trial patut dicoba. Awalnya mungkin akan merugi namun jika memang berkualitas, produk anda akan menjadi ‘candu’ dan orang-orang akan membelinya.

7.Penjual pemula sebaiknya menjual barang yang sedang trend

Jika anda adalah seorang penjual pemula dan sedang berusaha membangun popularitas toko online anda, maka sebaiknya jual produk yang sedang tredng terlebih dahulu. Barang yang sedang trend terindikasi lebih mudah laku sehingga pembeli hanya peduli dengan kualitas barang anda.

Saat ini banyak penjual pemula memulai dengan menjual barang yang kurang laris di pasaran dengan alasan agar menjadi unik.

Hal ini tidak salah, hanya saja sangat sulit untuk berhasil. Pembeli akan merevisi banyak hal contohnya sudah berapa lama anda berjualan, apakah keamanan terjamin, apakah kualitas produk terjaga dll.

Ujung-ujungnya jika merasa tidak yakin, pembeli akan batal melakukan transaksi.

8.Gunakan toko online sendiri

Berjualan di marketplace dan social media merupakan cara paling umum saat ini. Alasannya tentu saja karena sangat simple serta hemat biaya dan waktu.

Tapi hal tersebut bukannya tanpa resiko. Perlu anda tahu marketplace dan social media seperti facebook atau instagram bukan punya anda, jadi ketika ada hal yang dianggap salah seperti melakukan spamming dan semacamnya toko online anda bisa saja dihapus.

Untuk mengatasi hal tersebut buatlah toko online. Selain itu dengan menggunakan toko online sendiri akan membuat brand anda tampak lebih professional. Pengunjung akan berpikir bahwa anda betul-betul serius dalam berjualan online sehingga mendapatkan respon dan kepercayaan yang bagus.

Next baca juga cara pintar berjualan di instagram bagi pemula


Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

EmoticonEmoticon