2016/12/07

Tips Kebanjiran Visitor Untuk Blog Download

Tips Kebanjiran Visitor
Dunia blogging memang dapat menjadi lahan penghasilan yang menjanjikan. Mulai dari monetisasi blog dalam bentuk PPC, PPS, iklan bulanan yang semuanya diusahakan mandiri, sampai pada menjadi mitra google adsense. Semua alternatif monetisasi tersebut bergantung pada faktor-faktor yang termuat pada blog, salah satunya jumlah visitor. Traffic visitor yang bergerak ke arah positif dan terus menunjukkan pergerakan ke atas dari hari ke hari akan semakin memudahkan kita dalam mengumpulkan dollar dari dunia maya. Oleh karenanya, apapun bentuk blog yang sedang anda kembangkan, anda harus memantau terus bagaimana traffic visitornya. Salah satu jenis blog yang sangat potensial mendatangkan visitor organik adalah blog download.

Pada saat kita sedang membutuhkan file yang kita butuhkan namun belum memiliki datanya di PC/laptop kita, kira-kira apa yang akan anda lakukan ? Search engine. Yap, mesin pencari google menjadi sasaran utama para pencari file. Entah itu dalam bentuk MP4 berupa video dari youtube, MP3 yang berisi musik kesayangan atau bahkan file presentasi tugas kuliah dan sekolah. Saat ini hampir seluruh bentuk file terdapat di internet.
Berdasar fakta di atas, maka memelihara blog yang menyediakan file download memiliki potensi pengunjung organik lebih banyak. Karena tidak mungkin kita mencari file yang dibutuhkan lewat media sosial yang sedang hits sekalipun, misalkan instagram atau facebook. Lalu apa saja tips yang dapat mendongkrak visitor organik pada blog download ? Berikut caranya.

1.Perhatikan SEO

Walaupun menyediakan file download-an, bukan berarti kita tidak memperhatikan SEO (Search Engine Optimization) sama sekali. Sama seperti blog berisi artikel informatif maupun G-News, blog download juga sangat membutuhkan keahlian bermain SEO agar awet bertengger di halaman pertama google.
Kenali apa yang sedang dibutuhkan oleh pasar internet. Usahakan anda menyediakan file-file yang sedang banyak diburu orang. Tidak harus dalam skala dunia. Menjadi yang terbaik di kandang sendiri dengan cara menyediakan file kebutuhan masyarakat dalam negeri akan memberi potensi blog anda dijadikan situs download langganan. Inilah cara pertama anda untuk dapat menjadi populer di dunia download file Indonesia.

2.File Pribadi

Sama seperti penggunaan eksternal link pada blog informatif, blog download yang menggunakan eksternal link sebagai penopangnya justru akan redup sendiri. Alasannya, reputasi blog download yang sedang anda kembangkan terkesan numpang tenar pada situs download yang lebih dulu dikenal.
Bila suatu saat visitor blog anda membutuhkan file lagi, mengapa mereka harus menghabiskan waktu loading dan kuota mengunjungi blog anda dulu kalau mereka bisa mendapatkan file yang mereka inginkan langsung ke halaman situs yang pernah menjadi eksternal link anda.
Usahakan mengarahkan visitor blog ke situs hosting terpercaya. Misalkan saja Google Drive, MediaFire atau Ziddu. Memang ada biaya lebih yang harus anda keluarkan untuk mengunggah file ke situs hosting tersebut. Namun bukankah kepercayaan visitor dan reputasi blog anda lebih penting ?.

3.Jangan Berbelit

Pernahkah anda mengunjungi blog download yang belum populer ? Pastinya anda pernah merasakan jalan menuju file yang dicari terlalu berbelit. Visitor yang tidak sabar biasanya lebih memilih menutup halaman dan mencari ke situs lain. Karenanya, jangan terlalu memasang redirect terlalu banyak yang ternyata berujung pada tidak ditemukannya link download. Hal itu sangat mengecewakan visitor.

4.Menyisipkan Alamat

Ini salah satu cara promosi yang tidak terlalu mengganggu kenyamanan visitor. Apabila file yang akan diunduh berupa MP3 musik, masukkan saja berupa gambar atau logo blog. Dengan begitu, pada waktu si visitor sudah berhasil mendapatkan musiknya dan memutar di media player, otomatis logo atau gambar blog yang tadi kita sisipkan akan muncul.
Lain lagi untuk jenis file video. Untuk MP4 dan sejenisnya, bisa anda sisipkan pada durasi detik-detik pertama atau terakhir di video. Pernah kan melihat yang semacam ini ?. Sementara itu, untuk aplikasi bisa anda sisipkan dengan bungkus file promosi berformat rar atau zip.

5. Hati-hati file Not Found

Pernahkah anda melakukan download file namun muncul kalimat ‘not found’ ?. Ada beberapa faktor yang melatar belakangi halaman buntu. Mungkin saja karena link yang rusak , kesalahan penulisan url alamat blog oleh calon visitor atau url ternyata tidak aktif. Yang tidak banyak disangka adalah file yang telah kita unggah di situs hosting ternyata sudah dihapus karena alasan internal tertentu.
Ketika visitor pertama kali mengunjungi blog anda dan ternyata bertemu dengan ‘not found’ sudah dapat dipastikan mereka akan balik kucing. Sedikit kemungkinan suatu saat jika mereka membutuhkan file lain akan kembali ke blog anda. Oleh karenanya, minimalisir kemungkinan link rusak dengan cek link rusak , Free Broken Link Checker.

Yang terpenting, terus pantau kenyamanan pengunjung dengan cara menempatkan diri sebagai mereka. Pastikan semua link berfungsi dengan baik. Anda bisa memanfaatkan Google Search Console untuk melakukan ini.

5 komentar

Mantap tipsnya suhu, biasanya blog download tidak di approve adsense yah??

Sepengetahuan saya juga begitu bro kalau blog download susah untuk diterima jadi publisher adsense, namun bukan tidak bisa jika google merubah kebijakannya.

pemilik blog banyak yang berbelit, harus klik dulusana-sini jadi repot deh!

iya, klik download ternyata di arahkan ke link receh sehingga yang mau download kebingungan

jika menggunakan sortlink apa mengganggu visitor?

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

EmoticonEmoticon