Blogging cara tepat untukmu

Tips Memulai Bisnis Online Desain Logo

Jika anda memiliki ide kreatif dan juga jago desain maka tak ada salahnya mencoba bisnis yang menjanjikan ini, yaitu bisnis desain logo. Bisnis ini memiliki keuntungan yang cukup lumayan. Berapa bayaran per projeknya? Bisa sekitar 300.000 sampai 1.500.000. Tentu ini jumlah yang cukup banyak, mengingat dalam sebulan bisa saja mendapat belasan atau bahkan puluhan projek.
Tapi bagaimana jika berminat tapi belum bisa desain? Tenang saja. Saat ini ada banyak website yang membahas secara mendalam mengenai proses dalam mendesai logo, atau channel youtube yang berisi tutorial mendesain logo bagi anda yang lebih cocok belajar dengan sistem video. Intinya saat ini ada banyak pelajaran desain yang bisa didapat dari internet. Jika mempunyai keinginan yang kuat, tentu akan mendapat kemudahan.
Untuk jenis software yang digunakan, anda bisa mencarinya langsung melalui situs-situs download. Ada banyak tersedia software desain yang bisa diunduh secara gratis, walau saya sarankan untuk membeli yang asli bukan bajakan. Jenis-jenis software yang digunakan antara lain:
•    Corel Draw
•    Adobe Illustrator
•    Adobe Photoshop
•    Inkscape
•    GIMP
•    Affinity
Setelah mulai mahir menggunakan software desain, hal selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mencari referensi pera desainer logo terkenal. Mencari referensi tidak berarti mengikuti bentuk desain orang lain, tapi kurang lebih mempelajari sifat logo, komposisi warna, struktur garis , dan sebagainya. Referensi desain bisa anda cari di google atau langsung terjun ke website yang berisi kumpulan desain.
Tips memulai bisnis desain logo
Design logo

Langkah selanjutnya jika anda seorang pemula adalah mencari bahan untuk desain atau biasa disebut assets. Assets disini berguna sebagai dasar desain logo yang akan dibuat atau sekedar pelengkap. Tapi pastikan terlebih dahulu assets yang ingin anda gunakan berlisensi gratis atau berbayar. Jika ternyata berbayar, maka anda harus membayar hak cipta assets tersebut guna menghindari hal yang tidak diinginkan.
Di bawah ini adalah situs referensi assets yang bisa anda coba kunjungi:

Daftar nama situs penyedia gambar gratis untuk kelengkapan postingan

Cara Pintar Memulai Bisnis Online Desain Logo


Jika langkah-langkah di atas telah anda lakukan dan mengganggap sudah bisa mendesain logo, maka untuk kali ini saya akan membagikan tips memulai bisnis desain logo.

1. Menjadi Freelancer

Bisa dikatakan bisnis desain dengan metode freelancer merupakan hal paling umum yang sering dijumpai. Bisa dalam skala individu maupun perusahaan. Tapi tentu saja metode freelancer mempunyai keuntungan dan kelemahan. Saya akan uraikan secara singkat.

Keuntungan:

a. Bisa bekerja dimana saja

Tentu hal ini merupakan keuntungan utama jika anda memilih menjadi freelancer. Anda bisa bekerja dimana saja dan kapan saja. Jika mempunyai pola tidur yang tidak sama dengan orang kantoran maka tidak masalah. Anda tetap bisa jadi produktif. Tak perlu membuka ruko , kantor, dan sejenisnya, walau di rumah atau di kamar pun tetap bisa menjalankan projek dengan metode freelancer ini.

b. Dapat Mengambil Keuntungan Banyak

Seorang pekerja lepas bisa mengambil keuntungan yang banyak dari projek yang dijalankan. Hal ini tentu harus sebanding dengan kualitas desain yang anda tawarkan dan juga melihat pihak siapa yang mempesan projek tersebut. Jika memang yang pesan adalah perusahaan besar, maka bisa saja mereke tidak menolak walau anda meminta fee yang besar.

c. Modal Tidak Banyak

Modal yang diperlukan untuk menjadi freelance desain logo tidaklah banyak, melainkan hanya hal-hal dasar berupa PC yang kuat menjalankan program desain grafis, kuota internet, blog atau website untuk portofolio, assets (bisa gratis atau berbayar). Tapi modal utama yang diperlukan adalan ide. Mendapatkan ide untuk memulai desain bisa saja merupakan hal yang sulit bagi banyak orang, tapi jika anda betul-betul fokus di bidang desain logo, maka mencari ide tidaklah sulit.
Kerugian:

Baca juga : Tanpa Ijazah Sekalipun Orang Bisa Sukses Berbisnis Online

d. Deadline

Persolaan deadline tentu saja ada di pekerjaan manapun, dengan profesi apapun. Tapi terkadang client di dunia maya lebih sering meminta batas deadline yang tidak wajar. Terkadang client meminta projek harus diselesaikan dalam beberapa hari saja, padahal bisa saja freelancer sedang mengerjakan projek lain dengan deadline yang juga mepet.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya waktu deadline sama-sama dikonsultasikan dengan client. Mengatur waktu tenggang yang disepakati bersama tentunya akan menciptakan kepercayaan yang lebih baik antara dua pihak.

2. Menjual Desain Secara Langsung

Tips lain dalam memulai bisnis desain logo adalah menjual desain yang anda buat. Dijual kemana? Anda bisa menjual desain  di marketplace. Berjualan di marketplace juga menghasilkan keuntungan yang banyak kok apabila desain yang anda buat memang menarik dan disukai banyak orang/perusahaan.

Sebaiknya anda memilih marketplace diluar negeri. Keuntungan yang diterima bisa lebih banyak karena sistem pembayaran menggunakan uang dollar atau euro. Walaupun akan lebih sulit karena beberapa marketplace terlebih dahulu melakukan seleksi terhadap desain anda sebelum dijual. Tapi anda tetap bisa mencobanya karena bukan hanya logo, terkadang marketplace juga butuh desain kartu nama, kartu bisnis, ataupun flyer.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca, mohon dimaafkan bila ada kekeliruan. Salam.

Artikel menarik lainnya :
Bisnis Online Yang Cocok Untuk Pelajar
Contoh Bisnis Usaha Paruh Waktu Yang Bisa Anda Coba
Peluang Usaha Yang Kurang Pesaing Cocok Untuk Semua Kalangan

1 Komentar untuk "Tips Memulai Bisnis Online Desain Logo"

Terimakasih bermanfaat bangat om :)

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan


Back To Top