Blogging cara tepat untukmu

Tutorial Menggunakan Facebook Ads

Tutorial Menggunakan Facebook Ads
Memang tidak harus memiliki lapak di startup besar seperti Tokopedia, Bukalapak, OLX, atau Lazada Untuk Bisa Mendapatkan Tutorial Mengaktifkan dan menggunakan  Facebook Ads Online shop. Banyak para pedagang online yang berusaha meraup keuntungan ganda dengan cara memasarkan produknya via berbagai media yang ada.
Salah satu fenomena media sosial yang sedang banyak digunakan para pengusaha sebagai perpanjangan marketing mereka adalah "facebook". Sejak awal kemunculannya, facebook termasuk sosial media yang mendapatkan respon positif dari para user di seluruh dunia.
Meskipun saat ini sudah banyak sosial media lain yang muncul sebagai tandingannya, posisi facebook tetap langgeng sebagai sosial media dengan jutaan user setia. Fakta ini memberikan peluang bagus bagi para pengusaha karena dapat membidik market mereka di facebook dengan menggunakan facebook ads . Apalagi facebook selalu meminta data spesifik pribadi penggunanya. Mulai dari tempat tanggal lahir sampai minat semuanya dihadirkan oleh facebook.
Pernahkah ketika membuka facebook, anda melihat iklan disisipkan pada beranda kita atau sebelah kanan beranda ? Nah, Itulah salah satu bentuk iklan yang diterapkan oleh facebook. Bukan hanya pengusaha perorangan saja yang diberikan kesempatan memperluas pasarnya. Organisasi-organisasi waralaba pun memiliki kesempatan yang sama.
Bahkan panitia penyelenggara seminar nasional pun dapat meraup 100 orang peserta hanya dalam waktu 48 jam tayang iklan di facebook. Lalu bagaimana dengan cara mengaktifkan marketing via facebook ads ?. Jangan bingung, omblogging kali ini akan membantu anda memulai pelebaran sayap bisnis.
Cara yang akan omblog tunjukkan adalah cara marketing facebook ads dengan opsi ‘user mengklik lalu akan dibawa ke halaman fanspage’. Cara ini akan memiliki keuntungan ganda karena user yang mengklik iklan otomatis masuk ke halaman fanspage, lalu menyukainya dan jadilah dia fans di halaman kita.
Beginilah caranya...

1 ) Login Ke Facebook

Cara pertama ini sama dengan ketika akan memakai facebook sebagai user biasa. Kita harus masuk ke situs facebook untuk mengisi email atau nomor telepon serta password ketika melakukan pendaftaran di facebook. Jika sudah benar, kita lanjut ke step selanjutnya.
Ketikkan http://www.facebook.com/ads  di kolom alamat URL browser anda. Setelah loading berakhir, kita sudah memasuki halaman facebook ads (Facebook Advertising). Mulai dengan klik ‘create an ad’ untuk mendaftar ke akun facebook ads. Posisinya ada di sebelah kanan layar.

2 ) SettinG Setiap Bagian

Nantinya di halaman creating ads ada bagian utama seperti berikut : Design your ads
Anda bisa memilih nama fanspage anda di bagian ini. Tujuannya agar ads yang diklik akan membawa user ke fanspage, bukan website atau malah aplikasi di facebook. Caranya dengan memilih ‘destination’ yang letaknya ada di bawah bagian Pages.
Kemudian untuk ‘type,’ anda centang ‘facebook ads.’ Sementara story typenya dicentang pada ‘new ad message’. Yang kita pilih untuk destination tab adalah default. Tujuannya agar klik user pada ads langsung mengarah ke fanspage.
Untuk bagian body diisi deskripsi mengenai isi iklan anda. Gunakan kalimat yang unik, singkat dan menarik karena karakter maksimalnya hanya 90 saja. Anda bisa melakukan upload gambar iklan disini juga. Pakai ukuran 1100x 80 piksel untuk tampilan optimalnya.
Country diisi dengan nama negara target. Misalkan Indonesia, anda lanjutkan saja dengan mencentang ‘by city’ untuk menarget spesifik kota mana yang diinginkan. Namun jika anda hanya menarget dalam skala nasional secara umum saja, anda harus mencentang ‘everywhere’ bukan ‘by city.’
Selanjutnya, rentang usia pengunjung juga diisi sesuai pasaran target produk yang anda jual. Begitu pula dengan jenis kelamin mereka. Nah, di antara semuanya, kolo, ‘precise interest’ menjadi kelebihan facebook ads.
Fitur ini disuguhkan facebook agar user yang hadir sesuai dengan hobi dan minat mereka. Sehingga kemungkinan produk kita terjual atau terjadi interaksi antara penjual dan pembeli tidak ciut. Contohnya saja anda adalah penjual sepeda.
Maka anda harus mengetik keyword yang sesuai dengan produk anda, seperti sepeda gunung, komunitas sepeda, sepeda baru murah, jual sepeda, dan lain-lain.
Connections dicentang pada bagian ‘only people who are not fans of Butik Sari.co.id’. 
Butik Sari adalah nama penjual yang sedang melakukan iklan. Connections ini bertujuan memberi target iklan agar hanya ditujukan pada pengguna yang belum menjadi fans dari Butik Sari.

Interest in, education dan relationship dicentang sesuai kebutuhan masing-masing. Language hanya diisi jika anda menargetkan user dari pengguna bahasa tertentu. Begitu pula dengan workplaces yang hanya diisi jika target kita pada tempat atau atau perusahaan tertentu saja. Namun jika marketnya umum, maka biarkan saja kosong.

3 ) Campaign, Pricing, and Scheduling

Untuk kolom campaign name diisi dengan judul kampanye kita. Pilih kata-kata unik dan mudah diingat. Di bagian kedua ini, budget ditentukan sendiri oleh kita. Masukkan budget kita dengan konversi dollar per hari agar kita ada batasan budget yang keluar per harinya. Selanjutnya,
centang “run my campaign continuously starting today” pada kolom campaign schedule lalu isilah waktu detail mulai sampai berakhirnya iklan kita
Untuk tahapan pertama, kita akan menggunakan pembayaran PPC (Pay Per Click). Untuk itu, pilih PPC pada kolom pricing agar kita hanya membayar ke facebook sesuai jumlah klik pada iklan.
Kemudian untuk kolom max bid diisi dengan jumlah biaya PPC dari harga bid yang disugestikan oleh facebook. Nominal yang dikenai oleh facebook ketika kita telah menjalankan iklan biasanya akan di bawah nominal yang kita tentukan di kolom ini.
Nominal ini nantinya akan diteliti oleh facebook dan dibandingkan dengan kompetitor kita. Facebook akan memilih iklan melalui sistem lelang otomatis.
Jika semua step sudah dijalankan, klik pada ‘place order’. Sekarang iklan anda masih berstatus ‘pending review’. Proses review memenuhi standar ini biasanya menghabiskan masa sehari penuh. Bila nanti iklan kita lolos review, akan ada pemberitahuan lewat email pribadi.
Di sini nanti, status kita akan berubah menjadi aktif dan mulailah kita berjualan via facebook ads.

Oke ??... Selamat berwirausaha  ..!!!

Selanjutnya referensi artikel lainnya :
Pilih Facebook Ads atau Google Adwords?

0 Comments for "Tutorial Menggunakan Facebook Ads"

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Back To Top