Blogging cara tepat untukmu

4 Cara Membuat Bisnis Batik Sukses Go Online

4 Cara Membuat Bisnis Batik Sukses Go Online - Usaha batik 2016 sudah bukan lagi jenis bisnis baru. Sejak zaman dahulu kala nenek moyang bangsa Indonesia sudah banyak yang sejahtera karena melestarikan budaya bangsa ini. Terlebih lagi setelah batik ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO, baju khas nusantara ini menorehkan warna baru di dunia batik internasional. Sampai-sampai batik pekalongan saat ini telah dipelajari di universitas dengan jurusan tersendiri. Saking besarnya nilai batik bagi dunia, kain yang satu memiliki potensi jual sangat tinggi. Apalagi hampir semua desainer Indonesia sudah mulai membuat perpaduan kain batik dengan gaya fashion modern sesuai zaman. Sehingga batik tidak pernah lagi dianggap kuno dan hanya cocok dipakai orangtua saat kondangan saja. Terlebih kain batik Solo dan kain Batik Yogyakarta yang corak dan warnanya sudah terkesan kental nuansa tradisionalnya.
4 Cara Membuat Bisnis Batik Sukses Go Online

Supplier batik tangan pertama biasanya datang dari daerah-daerah penghasil batik ternama. Seperti halnya di kota batik Pekalongan dan batik Surakarta atau Solo. Kedua kota tersebut menarik para reseller kain batik agar terus memompa semangat marketingnya. Belum lagi bisnis online yang semakin diminati. Dewasa ini drophip batik modern murah juga banyak ditelateni para pendatang baru di dunia bisnis online. Semuanya dijalani karena peluang besar sekaligus caranya yang mudah. Berikut adalah cara membesarkan peluang sukses berbisnis batik secara online yang perlu Anda perhatikan.

1. Memahami Mekanisme Pasar

Ada pebisnis baru yang masih dalam tahap reseller batik solo belum memahami mekanisme pasar di bisnis online. Para calon konsumen sangat mudah melakukan pembadingan harga melalui situs semaam priceza, banding harga, atau telunjuk. Maka Anda harus memperhatikan harga sesuai target pasar yang dibidik.
Jangan ambil seluruh jenis batik untuk semua kalangan. Pasti nantinya Anda akan kesulitan menciptakan sebuah image di dunia online. Meskipun hanya seorang reseller batik danar hadi, tapi Anda harus menentukan harga pantas bagi produk batiknya. Misal batiknya jenis baju remaja putri, ya jangan menjualnya seharga kemeja pria yang biasa dipakai bapak-bapak. Apalagi bila batiknya belum punya jaringan pelanggan tetap.Terapkan harga murah dulu sebagai pencipta koneksi. Barulah setelah banyak orang membuktikan kualitas batiknya beda dari yang lain, Anda dapat mematok harga yang asyik.

2. Pertautkan Dengan Sosial Media

Masih menjadi cara klasik. Mengoneksikan website jualan dengan sosial media dan sosial chat yang sudah dibuat. Contohnya halaman fanpage facebook, lingkaran dalam google plus, dan grup BBM. Gunakan cara ini untuk menjalin keakraban antar konsumen, update info terbaru, membangun komunikasi non bisnis yang kemudian berdampak pada loyalitas konsumen agar menjadi pelanggan batik Anda.
Baca juga Tanpa Ijazah Sekalipun Orang Bisa Sukses Berbisnis Online

3. Pelayanan

Di mana-mana pasti perusahaan baru akan berusaha memberi pelayanan paling optimal. Mulai dari cara menanggapi pertanyaan iseng sampai pengemasan produk yang akan dijual. Anda hanya perlu mempelajari cara memberi service yang baik sesuai standar bisnis saja. Dalam hal ini tidak ada tips neko-neko agar batik Anda dicicipi orang banyak.
Artikel menarik lainnya 4 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Meluncurkan Toko Online

4. Ambil Dari Supplier

Biasanya orang yang merintis usaha pasti membutuhkan banyak modal. Anda memiliki dua pilihan saja. Memulai sekarang dengan modal seadanya atau bekerja ke orang lain dulu untuk mengumpulkan modal bisnis wirausaha mandiri.
Bisnis batik online atau offline, keduanya tetap butuh barang aslinya. Sebuah kain batik tidak ada yang bisa dibuat dalam satu malam saja lewat komputer karena ini bukan produk digital. Jadi Anda akan membutuhkan modal besar demi membayari para tukang canting atau cap sampai kurir barang. Daripada menghabiskan waktu sampai batas yang belum dipastikan, Anda dapat segera memulai berbisnis batik dengan cara reseller kain batik atau menjadi dropshippernya.


Prinsip kerja 

Prinsip kerjanya sama dengan barang lainnya. Hanya saja seperti yang sudah disinggung di awal, untuk bisnis batik online ini Anda dapat langsung ambil ke kota-kota penghasil batik. Ambil dari produsen tangan pertamanya agar mendapat harga termurah. Pastikan sendiri batiknya berkualitas. Sehingga Anda akan beruntung bila menjualnya dengan harga murah karena pelanggan akan kembali lagi di orderan selanjutnya.
0 Comments for "4 Cara Membuat Bisnis Batik Sukses Go Online"

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Back To Top