2017/01/23

Cara Menggunakan Feetch As Google Pada Webmaster Tools

Cara menggunakan fetch as google Atau yang biasa disebut dengan kalimat Ambil sebagai google untuk url artikel blog di google webmaster tool. Sebenarnya cara penggunaan feetch as google ini mudah sekali, tapi untuk sebagian blogger pemula, terutama untuk blogger yang baru pertama kali menggunakan fasilitas ini kadang mengalami kendala pasalnya baru pertama kali .Kadang pula sebagian bloggers tidak berhasil melakukannya akabiatnya muncul notifikasi kesalahan atau error. Kalau anda mau tahu Penyebab utamanya dimana anda gagal melakukan feetch yaitu anda salah memasukan url artikel blog yang ingin dirayapi oleh perayap google melalui fasilitas fetch as google tersebut.

Nah, kali ini Saya sengaja membuat artikel ini untuk anda sebab ketika saya jalan jalan ke sebuah forum komunitas ada banyak sekali saya temukan pertanyaan seperti ini . mengingat bahwa ini bisa saya jadikan bahan bacaan yang akan bermanfaat maka dari itu saya buatkan artikelnya buat anda.

Oleh karena itu .. disini saya akan jelaskan bagaimana cara menggunakan Fetch As Google atau ambil sebagai google dengan benar sehingga url artikel blog anda tidak mengalami error lagi .

Cara Menggunakan Feetch As Google Pada Webmaster Tools

Apakah Fungsi Fetch As Google?

Sebelum menuju ke tahap tutorial penggunaan feetch as google ada baiknya anda lebih memahami terlebih dulu apa saja fungsi dari tools google ini . Feetch As Google atau kalimat bahasa indonesianya adalah ambil sebagai google adalah sebuah alat gratis dari google dan dapat digunakan siapa saja termasuk Anda .
Fungsi feetch ini digunakan oleh para webmaster atau anda jika ingin artikel yang sudah anda buat agar dapat di index oleh google dengan cepat .

Walaupun dulu google sudah pernah menyediakan fasilitas submit url namun feetch as google diyakini memiliki struktur lebih lengkap dalam perenderan lalu kemudian proses index sangat cepat karna lansung googlebot sebagai perayapnya . maksdunya , jika dulu menggunakan submit url sebuah artikel harus berada dalam antrian untuk dirayapi , nah feetch as google ini prosesnya beda . seketika anda klik maka artikel anda segera terindex .

Fetch as google dipercaya lebih lengkap dan lebih detail dibandingkan dengan google submit url.

Fetch as google hanya bisa digunakan oleh pemilik akun tersebut sedangkan submit url prosesnya umum . siapa saja bisa melakukan url submiter menggunakan ini dengan url yang bukan miliknya .

Ketentuan Menggunakan Fetch As Google

Ketentuan paling utama untuk bisa menggunakan fetch as google ini yaknni , blog yang anda kelolah harus sudah didaftarkan terlebih dulu ke google webmaster tool.

Silahkan baca → Panduan mendaftarkan blog ke search engine google bing dan yandex

Jika belum blog yang anda miliki belum anda daftarkan di google webmaster tool, silahkan daftarkan terlebih dahulu. karena hanya blog yang sudah didaftarkan saja yang bisa berinteraksi dengan tools gratisan dari google ini .

Bukan hanya feetch as google yang bisa anda dapatkan ketika anda mendaftarkan blog anda ke webmastertools, ada banyak keterlibatan google dan anda yang bisa anda pelajari lebih luas . salah satunya bisa dengan mudah mengenal ksehatan data website anda sehingga kita dapat dengan mudah meningkatkan peforma dan kinerja blog atau website yang kita kelolah .

Bagaimana Menggunakan Fetch as Google dengan Benar ??


Setelah blog yang anda miliki tadi sudah didaftarkan ke google webmaster tool, sekarang anda sudah  bisa menggunakan fasilitas fetch as google untuk mempercepat indexing artikel anda .

Dan berikut Langkah-langkah untuk menggunakan fasilitas fetch as google:
1. Masuk terlebih dulu ke akun google webmaster tool
2. Silahkan login kemudian pilih blog yang sudah anda daftarkan tadi.
3. Pilih menu sisi kiri lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini :
Menggunakan Fetch as Google dengan Benar

Selanjutnya anda akan mendapatkan form isian dimana anda diminta untuk memasukkan url mana saja yang mau dirayapi . lihat gambar dibawah ini .

Cara Menggunakan Feetch As Google Pada Webmaster Tools


4. Sekarang tiba saatnya memasukkan alamat url yang mau dirayapi oleh google . caranya dengan mengambil potongan url saja karena alamat blog sudah tertera. jadi isi hanya pada potongan url saja . contohnya sebagai berikut :
http://www.omblogging.com/2017/01/cara-menggunakan-feetch-as-google.html

Cocokkan dengan jenis url diatas . pada potongan url anda tidak perlu memasukkan tanda ( / ) jadi sesuaikan dengan contoh diatas saja . warna biru yang dimasukkan kedalam kolom feetch . 

Setelah alamat url sudah dimasukan sekarang tekan tombol dibawahnya, ada 2 pilihan tombol yang ada, yakni tombol "Fetch" dan tombol "Fetch and Renderer" seperti terlihat pada gambar diatas.

Sebagai contoh jika saya mau menggunakan tombol fetch and render untuk url diatas, maka hasilnya seperti gambar dibawah ini:

5. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini:
Crawl this URL and its direct links

Silahkan ceklis beritahukan bahwa anda bukan robot, kemudian pilih salah satu:
Crawl this URL and its direct links

a. Crawl only this URL
Pilihan ini adalah google akan merayapi url yang anda masukkan tadi . hanya itu . jika dalam artikel url itu ada beberapa link lain maka google tidak akan merayapi link tersebut . 

Jika anda memutuskan untuk memilih cara ini maka kesempatan anda melakukan fetch as google dalam satu bulan hany bisa sampai 500 kali fetch as google untuk url masing masing artikel blog anda.

b. Crawl this URL and its direct links
Jika memilih cara ini maka google akan merayapi seluruh laman termasuk link yang anda simpan didalamnya .
Pilihan ini dibatasi hingga 10 kali saja dalam satu bulan untuk melakukan fecth as google ulr blog anda lainnya.

6. Jika pilihan sudah anda tentukan sekarang anda boleh menekan tombol kirim dengan demikian sesegera mungkin artikel anda akan lansung terindex .

Tips fetch as google

Lakukan fetch as google untuk setiap artikel yang anda buat agar artikel dapat dengan mudah ditemukan orang .dan demikian lah secuil tutorial menggunakan Feetch As Google Pada Webmaster Tools .

Salam index mengindex !!


6 komentar

Omblogging mau bertanya, tentang dimaksud link lain itu, semisalnya ada link yg tulisan (Baca Juga)... akan tetapi link itu menuju ke blog sendiri, apakah itu tetap dirayapi?

Betul kawan. Akan dirayapi.. Akan dirender bersama anchor text nya. Jadi paling bagus link internalnya pake text sesuai judul artikelnya.

Terima kasih banyak atas Sarannya om.

Detail sekali om, mudah mudahan nantinya saya bisa memahaminya salam dan terimakasih.

Ok bro. ucapan terima kasih balik dah meluangkan waktunya untuk berkomentar.

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

EmoticonEmoticon