Blogging cara tepat untukmu

7 Alasan Mengapa Anda Harus Mempelajari strategi Internal Link

Salah satu cara yang paling efektif untuk menurunkan tingkat bouncing blog Anda adalah dengan menggunakan link internal. Namun, sangat sedikit para bloggers bisa melakukannya dengan cara benar atau mau melakukannya . Fakta lain dari sebagian besar pemilik blog tidak menyadari bahwa internal link tunggal dapat membuat perbedaan antara pos yang berstatus peringkat # 1 dan # 6. Dalam kasus ini Anda bertanya-tanya, mengapa peringkat nomor satu mendapatkan 700% lebih banyak lalu lintas daripada post yang nomor 6 ??

Mari saya jelaskan bagaimana ini bekerja. Salah satu faktor yang paling penting dari peringkat algoritma Google   adalah jumlah waktu yang dihabiskan pada hasil pencarian sebelum mereka menekan tombol kembali untuk kembali ke Google. Jika Anda bisa membuat orang untuk tinggal di Lebih lama didalam situs Anda dari kata kunci yang paling bersaing di google maka dipastikan postingan anda secara perlahan akan mengalami peringkat makin lama makin baik .Selain itu, pos yang terkait dengan dengan internal link akan mendapatkan dorongan bagus di otoritas halaman. maka, artikel yang dikaitkan juga akan mengalami kenaikan peringkat .

7 Alasan Mengapa Anda Harus Mempelajari strategi Internal Link
Kebanyakan blogger menggunakan waktu dan usaha serta upaya dalam membuat artikel yang panjang dengan konteks serta penjelasan yang memadai . taktik ini menyebabkan pengunjung akan memakai waktu lebih dari rata rata pada setiap halaman karena ingin menyelesaikan bacaannya . cara ini sudah menjadi salah satu taktik yang paling baik dimana cara ini digunakan sebagai pedoman seo yang standaritasnya dapat menjadikan sebuah postingan berada paling depan mesin pencarian google .

Yang membuat perbedaan sebagai cara untuk mengalahkan para kompetitor adalah internal link yang ditempatkan pada tempat strategis yakni di akhir postingan . cukup 5 % saja kesempatan untuk mendapatkan klik yang dapat membuat pengguna bisa lebih lama dalam website anda , menjelajahai seluruh laman anda sebelum mereka kembali ke google mencari solusi lain maka tentu akan membuat artikel anda akan semakin kuat dalam mesin pencarian google .

Pada Poin ini, Anda harus tahu mengapa Anda harus menguasai teknik internal linking . jika anda belum tahu maka sebaiknya anda selesaikan membaca karna saya akan menunjukkan bagaimana caranya .

# 1 Mulai Dengan Artikel Yang Sudah Peringkat Pertama Google

Membuat sebuah internal link bukan sesuatu yang harus segera saja dibuat . anda harus mempunyai planing terlebih dulu lalu kemudian membuatnya . cara paling tepat ketika anda membuat sebuah planing yakni memiliki sebuah catatan terlebih dulu yaitu mengetahui mana saja artikel anda yang peringkatnya berada pada urutan 1 hingga 10 . Bagaimana cara mengetahuinya ? Anda dapat menggunakan fasilitas gratis webmastertools untuk melihat secara keseluruhan urutan kata kunci yang dimiliki dari tiap tiap artikel anda .

Namun jika anda memilih cara singkat dan ingin mengetahui apa saja artikel paling sering dikunjungi maka gunakan saja widget popular post . Jika anda menggunakan platform blogger sebaiknya atur pengaturannya ke :
Menggunakan Internal Link


Intinya di sini adalah untuk fokus pada posting blog yang akan menguntungkan , artinya sebuah link yang bagus dijadikan internal link ketika anda membuat postingan baru .

# 2 Mengidentifikasi Artikel yang Bisa Dikelompokkan Bersama

Langkah kedua adalah mengelompokkan beberapa artikel yang saling berkaitan . contohnya, jika dalam blog anda memiliki 5 artikel yang membahas tentang tips meningkatkan visitor maka artikel itu sangat baik untuk dikelompokkan , dalam hal ini anda bisa membuat sebuah strategi linkings dengan mengatur ke lima post tersebut , sebagai referensi anda bisa melihat beberapa contoh berikut :

Artikel # 1 memiliki link internal untuk Artikel # 2
Artikel # 2 memiliki link internal untuk Artikel # 3
Artikel # 3 memiliki link internal untuk Artikel # 4
Artikel # 4 memiliki link internal untuk Artikel # 5
Artikel # 5 memiliki link internal untuk Artikel # 1

Dengan mengelompokkan lima posting ini bersama-sama maka anda akan dapat membuat pengunjung anda lebih berlama lama dalam blog anda dengan demikian page view atau tampilan laman anda akan semakin meningkat kemudian bounce rate blog anda akan semakin ramping maka keberadaanya dimesin pencari juga akan semakin baik lagi.

# 3 Membuat Internal Link Yang Natural

Sebagian bloggers malas untuk membuat internal link secara alami kedalam postingannya . beberapa bloggers justru membuat sebuah artikel terkait secara otomatis kedalam postingannya bukan kepada struktur templatenya . hal ini akan sangat merugikan jika anda tidak membuatnya secara alami karena selain tidak relevansi , acak acakan juga membuat iklan yang tapil tidak sesuai karena bukan bagian dari isi artikel . jika anda sangat membutuhkan artikel menarik coba buat pada body template yang anda gunakan jangan dalam isi artikel anda .

Sedangkan Link internal yang memiliki peluang paling sering di klik adalah link yang memiliki transisi alami dalam postingan . perlu dibuat secara manual dimana link tersebut mereferensikan pengunjung secara natural .

# 4 Gunakan Font Yang Sama Ukuran untuk Internal Link

Selalu gunakan ukuran font yang sama untuk internal link . beberapa kasus pada sebagian bloggers justru membuat internal link dengan ukuran font yang lebih besar , padahal untuk peningkatan tampilan kita harus membuatnya secara natural  . jika anda saat ini masih menerapkan internal link dengan font yang lebih besar itu sama dengan tidak membuatnya serelevan dengan artikel dengan demikian pengunjung tidak cenderung melakukan klik . coba anda ubah dan rasakan perbedaannya .

# 5 Gunakan Judul Artikel untuk Internal Link

Jika Anda melakukannya dengan benar, maka judul posting adalah cara paling baik untuk menjadikan internal link . sebagian dari bloggers menggunakan taktik linking dengan beberapa kata saja , cara ini sah sah saja namun untuk mendapatkan peningkatan halaman sebuah judul postingan akan sangat baik . kenapa ? karena anda mereferensikan kepada pengunjung dengan cara alami dimana pengunjung dapat dengan mudah mengerti .

Internal link adalah salah satu trik bloggers profesional dalam taktik yang mereka gunakan untuk menurunkan tingkat bouncing website mereka. omblogging sendiri sangat merekomendasikan kepada Anda Pengertian Bouncerate Dan Apa Saja Pengaruhnya Terhadap SEO

# 6 Uji Dan Gunakan Internal Link Kepada Post Yang Memiliki Klik Paling Banyak

Saya sarankan menguji beberapa link internal pada sepuluh posting yang paling sering dikunjungi . pada poin pertama tadi saya sarankan  meggunakan widget popular post . namun akan sangat ideal ketika anda melihat secara keseluruhan pada webmastertools untuk mengetahui sebarapa banyak dan artikel apa saja yang mendapatkan klik paling banyak serta kata kuncinya apa .

Dengan mengetahui kata kunci yang paling sering dikunjungi maka tentu anda akan sangat mudah mengetahui postingan mana saja dalam blog anda yang sering dikunjungi . itu artinya peringkatnya di mesin pencari sangat baik , dengan demikian akan sangat baik dijadikan sebagai link internal

# 7 Membuat Pondasi Link Internal untuk Setiap Kategori ( Sitemap )

Untuk mendapatkan lalu lintas untuk setiap kategori dalam blog anda maka anda harus membuat sebuah pondasi dari tiap tiap artikel yang kemudian dijadikan kategori . dalam hal ini anda sangat disarankan membuat sebuah laman khusus lalu kemudian menerapkan pembuatan sitemap .
Sebagai contoh anda bisa melihat laman sitemap pada blog ini .

Ini adalah salah satu cara untuk membuat pengunjung agar lebih mudah menjelajahi laman anda secara keseluruhan, selain itu akan mempermudahkan anda ketika anda memilah milih artikel mana saja yang bagus untuk dijadikan link internal.

Lihat cara membuat sitemap pada artikel ini
5 Tools ini wajib seorang blogger miliki dan terapkan pada blognya

Setelah anda menerapkan 7 strategi penempatan internal link ini saya percaya anda akan merasakan perubahan yang sangat besar dalam hal perkembangan blog yang anda kelola .

Tag : seo
10 Komentar untuk "7 Alasan Mengapa Anda Harus Mempelajari strategi Internal Link"

Terima kasih mas atas ilmu nya, saya baru tau tentang internal link.

Nah itu fungsi dan cara mengoptimalkan internal link dengan baik . setelah baca , coba segera diterapkan .

Saya suka baca beberapa blog terkenal dan mereka menuliskan seperti ini:

Baca artikel terkait: bla bla bla judul artikel lain.

Lalu di link kan judul artikel itu, apakah seperti itu Oke mas?

Jika modelnya seperti itu brarti kiasannya hanya mengajak seseorang untuk membaca artikel lain , tapi tidak merujuk . artinya tidak menavigasikan pengguna .

Misalnya seperti ini :

Artikel anda membahas tentang sekolahan atau sifat murid dalam kelas . ketika anda pada titik penjelasan dimana anda menuliskan bangku sekolah atau meja sekolah sebaiknya cari artikel anda yang lain yang membahas mengenai bangku sekolah tersebut .

bukan menyarankan orang

Baca juga : penyebab ponsel mati sendiri

Betapa tidak relevan...masa artikel tentang murid yang lagi sekolah diarahkan masalah ponsel ??

hehehe :-d

Hahaha.. iya Mas, itu maksud saya. Xeng qyu yes. ^_^

seep bro , salam sukses buat anda .

Mau tanya nih om,bikin internal link berdasarkan popular post yang dimasukin arikel baru ke artikel populer atau sebaliknya??
Terimakasih..

Cara linkink nya bisa ke artikel mana saja bro selama itu relevan. Tidak harus ambil artikel dari popular post. Tapi , artikel yang populer akan sangat bagus dijadikan sebagai pilar, maksudnya, artikel itu kan sering dikunjungi jadi jika sisipkan link dalam artikel tersebut merujuk ke artikel lain maka artikel lain itu akan punya potensi di klik. Semakin banyak di klik maka akan semakin meningkat poinnya

Bagus om artikelny...internal link,kebalikan dari outbound link kah? Saya pernah baca itu tapi lupa.hehe

Internal link yakni link yang mengarah ke link dalam blog itu sendiri sedangkan outbond link atau link external link yang merujuk ke web lain. Demikian bu..

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan


Back To Top