2017/01/16

12 Istilah Asing Bagi Blogger Pemula Yang Perlu Diketahui

12 Istilah Asing Bagi Blogger Pemula Yang Perlu Diketahui
Sumber gambar : kontenesi.com
Kalau dulu saya berbagi Tips untuk blogger pemula yang berbisnis online lewat blog  Maka kali ini membahas Istilah Asing Bagi Blogger Pemula Yang Perlu Diketahui , Seorang blogger pemula yang benar-benar masih buta terhadap dunia ini bahkan tidak mengetahui pengertian posting dalam internet. Diibaratkan saja dengan anak kecil yang masih baru belajar tekhnologi informasi, belajar blogging juga harus dikenalkan sejak dasar. Bagaimana dapat memahami tahap pengembangannya bila dari dasar saja belum menguasai. Padahal kegiatan mengirim artikel ke dalam blog merupakan kegiatan dasar yang mungkin akan dilakukan secara rutin oleh setiap blogger. Nah, sebenarnya jika Anda tidak tahu arti istilah wap, arti istilah firewall atau kata lain di dunia blogging tidak akan menghambat perkembangan blog. Hanya saja ketika Anda mempelajari cara blogging, lebih baik lagi memahami istilah-istilah di dalamnya supaya belajarnya lebih lancar.

Berikut Istilah Dalam Dunia Blogging Yang Perlu Blogger Ketahui


Kadang Anda juga bingung mempraktekkan tips blogging yang istilahnya asing kan ?. Yuk simak arti istilah blogging berikut ini :

1.CSS

Apakah Anda ingin membuat halaman situs lebih atraktif lagi ?. Tenang, Anda masih bisa mengaturnya tanpa menyewa jasa blogger profesional. Pelajari saja CSS atau Cascading Style Sheets. CSS ini akan melakukan pengaturan tampilan page di blog secara berbarengan dari sebuah lokasi file CSS yang sama.

2.Custom Domain
Kalau Anda berminat melejitkan blog tanpa batasan berarti, cobalah custom domain. Yaitu sebuah nama domain selain blogger yang membuat nama domain blogspot maupun wordpress dengan domain berjudul sama. Misalkan Anda memiliki sebuah blog yang awalnya bernama www.whiztale.blogspot.co.id karena pada saat pendaftarannya memakai platform blogger. Ketika Anda ingin lebih berkembang dan tampak serius ngeblog seperti profesional blogger, Anda akan mengubah alamatnya menjadi www.whiztale.com atau www.whiztale.net.

3.Domain
Sebelum lanjut ke istilah yang lebih asing, pastikan Anda sudah paham apa itu domain. Domain merupakan alamat URL suatu blog. Contohnya www.omblogging.com

4. Favicon
Favourite Icon tujuannya untuk membuat sebuah situs lebih mudah dikenal. Biasanya pengunjung akan mengenali suatu blog yang sudah dibookmarks dari favicon karena merupakan ikon khas suatu situs tertentu.

5.Feed Burner
Ini bukanlah suatu kegiatan mengirim artikel ke dalam blog lalu muncul di pemberitahuan orang lain. Feed burner adalah nama perusahaan anakan google corporate. Perusahaan ini memiliki tempat kerja di dunia online. Feed burner ditugaskan google menyediakan beragam jenis RSS feed unik. Anda dapat mengumpulkan data RSS dalam bentuk statistik situs ke sini.

6.Feed
Beda lagi dengan Feed saja yang artinya seorang visitor (pengunjung) bisa selalu update artikel baru dari blog kesukaannya. Bentuk feed adalah format data.

7. HTML
Ini dia istilah dunia coding yang tidak terlalu sulit bagi blogger awam. HTML yang merupakan singkatan dari Hypertext Markup Language ini dapat membuat teks, link, tautan gambar dan video supaya tampil di halaman sebuah situs. Sederhananya, Anda akan menemui kode-kode HTML di bagian template pada saat mengubahnya.

8. Jvascript
Script ini merupakan bahasa dunia programmer yang tujuannya mengubah tampilan situs web atau blog agar interaktif dengan pengunjungnya.

9. CNAME
Bahasa kerennya a.k.a. Nama domain alias ini merupakan salah satu syntax yang ada di DNS untuk mengarahkan domain ke URL tertentu.

10. RSS

Tadi sudah disinggung mengenai RSS, singkatan Really Simple Syndication. Feed yang tadi adalah dokumen RSS isinya rangkuman seluruh konten yang ada di dalam sebuah web atau blog. RSS akan sangat berguna bagi pengunjung yang menyukai konten-konten di suatu situs namun kurang memiliki waktu luang. Dengan RSS ini visitor akan tetap berkesempatan membaca artikel tanpa harus terhubung koneksi internet.

11. SEO

Search Engine Optimization adalah cara optimasi situs agar rankingnya (page rank) di mesin pencari semakin meningkat. SEO ini terbagi menjadi dua cara, yakni on page dan off page. SEO on page lebih cenderung ke cara memilih judul artikel yang menarik, memasang internal link, tag, heading dan unsur lain yang termuat dalam satu artikel. Sementara yang off page akan mencari backlink berkualitas, tekhnik promosi dan sebagainya.

12. SERP
Hasil dari SEO nanti dinamai SERP. Page Anda baru dapat disebut SERP jika sudah tergolong sepuluh besar teratas yang muncul di search engine ketika pengguna mengetikkan suatu kata kunci (keyword).

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

EmoticonEmoticon