Blogging cara tepat untukmu

Mau Jadi Jurnalis online Pahami Dulu Istilah dalam Dunia Blogging

Pentingnya Memahami Istilah dalam Dunia Blogging - Hubungan niche dengan habitat sering dibahas di mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. Namun berbeda arti lagi kalau kita sudah merambahi dunia blogging.

Istilah tersebut memiliki makna jauh dari niche di mata pelajaran sains. Apa itu niche youtube dan pengertian niche market ternyata tidak sama dengan pengertian nice dalam biologi.

Yang sangat disayangkan, kenyataannya tidak semua wartawan dan jurnalis memahami istilah-istilah dalam dunia blogging.

Mau Jadi Jurnalis online Pahami Dulu Istilah dalam Dunia Blogging

Mengapa kemudian blogging harus dilatih menjadi ketrampilan khusus yang dimiliki para wartawan dan jurnalis ? 


Karena blogging sekarang ini sangat mempengaruhi kelihaian seseorang dalam menulis. Sudah banyak orang yang awalnya tidak bercita-cita terjun di dunia pers, akibat blogging jadi mahir di bidang itu.

Sebaliknya, orang yang ngebet ingin jadi kuli tinta malah gagal karena tidak bisa memosting atau mengatur seluk beluk pers di internet.

Peristiwa kurang menyenangkan terjadi di sebuah kampus x. Di sana dewn persnya masih mahasiswa.

Walaupun mahasiswa dituntut berpendapat berdasarkan referensi yang dapat dipertanggungjawabkan, nyatanya lembaga pers mahasiswa masih sering memberikan informasi kurang valid ke masyarakat kampus.

Misalkan berita yang disebutkan user internet di dunia sudah mencapai 76 milliar. Bayangkan saja jika dunia diisi oleh manusia lebih dari 76 milliar.

Bukannya diisi dengan penduduk kurang dari setengah milliar saja, negara kita sudah harus berusaha diet agar wilayahnya tidak semakin tersesaki manusia.

Berita di atas tidak valid, Anda dapat mengikuti jumlah penduduk yang terus bertambah dari hari ke hari di situs Worldo Meters. Pantauan real time di situs tersebut menyebutkan penduduk bumi belum menyentuh angka 8 milliar jiwa.

Di sana juga menerangkan bahwa user internet saat ini mencapai 45 % dari total penduduk bumi atau sekitar 3,3 milliar jiwa. Seluruh blog di dunia mengeluarkan 4-5 juta artikel setiap harinya. Wow, betapa banyak saingan kita di luar sana.

Jadi jangan banyak berharap blog bisa menjadi jawara kalau hanya dipakai gaya saja.

Wartawan di lokasi lain juga pernah menyebut ‘platform sepakbola’. Walaupun tampaknya sepele sekali, bagi orang awam informasi tersebut akan dianggap benar.

Sehingga jika sejak awalnya saja sudah salah pengertian tentang istilah blogging, selanjutnya akan terjadi miss. Anda harus berani bertanya kepada blogger senior bila menjumpai istilah asing di dunia blog pada saat melakukan blogging.

Platform itu sebuah situs yang menyediakan akun (biasanya gratisan) untuk membuat akun dan beraktivitas di dunia blogging. Contoh platform blog yang paling tenar adalah Blogger milik google dan situs wordpress yang telah diintegrasikan SEO Yoast.

Sementara itu, niche blog sama dengan topik. Hanya saja di dunia blogging kita akan lebih sering menyebut topik atau tema blog sebagai niche. Jadi misalkan Anda punya blog yang isinya cuma artikel seputar sepak bola. Mulai mitosnya sampai berita pertandingan terdekat.

Nah, berarti blog Anda memiliki niche sepak bola. Kalau blognya berisi bermacam-macam topik bisa disebut general blog atau blog gado-gado.

Lalu apa hubungannya dengan pembahasan di awal ?

Anda harus memahami dulu istilah-istilah dasar dalam ngeblog sebelum naik ke jenjang yang lebih berat.

Sekarang ini ketrampilan ngeblog banyak dijadikan pertimbangan dalam penerimaan posisi kerja. Terutama jika Anda berminat menjadi wartawan, baik jurnalis di dunia online maupun offline. Suatu saat nanti Anda pasti dituntut mampu ngeblog.

Karena seberpengaruh apapun suatu berita atau jurnal yang sudah Anda buat, tidak ada gunanya jika hanya beredar terbatas.

Seorang wartawan kekinian harus bisa ngeblog. Sementara kemahiran dalam ngeblog hanya bisa dikuasai jika sudah paham istilah dasarnya, maka Anda harus memastikan paham istilah dasar tersebut daripada salah tafsir yang berujung salah langkah di kemudian hari. Selamat mempelajari istilah dunia blogging.
0 Comments for "Mau Jadi Jurnalis online Pahami Dulu Istilah dalam Dunia Blogging"

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Back To Top