Blogging cara tepat untukmu

Inilah Mengapa Anda Harus Memakai Domain TLD ( Top Level Domain )

TLD ( Top Level Domain ) salah satu senjata para bloggers untuk lebih lagi membuat website yang dikelolahnya kelihatan profesional di dalam dunia blogging - Seperti yang kita tahu bahwa Cara optimasi blog memang beragam. Namun di antara semua jenis SEO, ada satu hal yang memengaruhi ingatan pengunjung akan suatu blog favoritnya, yaitu TLD. Ibarat sebuah rumah tinggal, website maupun blog memiliki alamat yang jelas agar sewaktu-waktu bisa dikunjungi oleh kawan blogger lain, pencari informasi sampai lawan kompetisi di SERP. TLD sendiri adalah singkatan dari Top Level Domain. TLD ini memiliki beberapa tingkatan sesuai jenis dan level topnya.

Beberapa jenis Top Level Domain Tersebut sebagai berikut :

1.com → dot commercial, merupakan website komersial
2.org → dot organization, untuk website milik suatu organisasi resmi tertentu
3.edu → dot education, digunakan oleh website yang memiliki tujuan dan peran di bidang pendidikan
4.info → dot information, dipakai sebagai TLD milik website penyedia informasi tertentu
5.net → dot network, biasanya dimiliki oleh website yang bergerak di bidang internet
6.gov → dot government, TLD ini hanya dimiliki oleh pemerintah
Inilah Mengapa Anda Harus Memakai Domain TLD ( Top Level Domain )

Perlu diketahui, TLD sendiri memiliki dua jenis dasar. Yang pertama disebut generic TLD atau disingkat gTLD yang contohnya seperti di atas tadi menjadi akhiran URL www.omblogging.com.  Sementara yang kedua biasanya menambahkan kode negara agar pengunjung mengetahui lebih detail dari mana asal blog tersebut. Jenis yang kedua itu tadi dinamakan ccTLD atau Country Code Top Level Domain. Misalkan www.mataharipagi.or.id, www.ui.ac.id. Selanjutnya, Anda juga mesti paham alasan bermigrasi dari platform gratisan di blogger atau wordpress ke penggunaan Top Level Domain. Berikut keuntungannya.

Lantas Apa Keuntungan Memakai Top Level Domain ???


Keuntungan menggunakan TLD atau top level domain juga beragam seperti jenisnya yang begitu banyak ternyata manfaatnya juga sangat luar biasa . terlebih lagi jika anda yang serius mengelolah blog anda maka tentu hasil yang akan anda dapatkan bukan cuma pengaruh url saja yang menjadi singkat namun lebih mengarah pada optimasi SEO bahkan dengan menggunakan domain TLD Anda memiliki kesempatan mempunyai akun " Non Hosted " Dimana dengan memiliki akun ini peluang anda untuk memonetise blog anda dengan pihak periklanan bisa lebih maksimal, adapun poin paling dasar ketika anda menggunakan domain TLD sebagai berikut

1.Lebih Sederhana

Manfaat pertama jelas lebih sederhana. Anda dapat menyingkat akhiran alamat dari platform gratisan yang biasanya menambah kata blogspot atau wordpress sehingga menambah panjang alamat URL Anda. Padahal tidak semua orang yang tertarik menjadi pelanggan di blog Anda mudah mengingat suatu kata tertentu, kecuali namanya memang unik dan mudah diingat. Dengan pindah ke platform TLD, Anda sudah menyelamatkan para pengunjung Anda dari kelupaan.

2.Diindeks Google Lebih Cepat

Apakah cuma sebuah mitos bahwa domain TLD akan lebih mudah di index oleh google ? kenyataan itu bisa saja terjadi , bahkan ada beberapa bloggers profesional lain mengatakan google senang dengan situs berbayar . jika anda menggunakan domain tld maka situs anda tergolong situs yang diperhatikan google . Memang tidak menutup kemungkinan suatu blog gratisan diindeks google boleh lebih cepat atau bahkan terdaftar menjadi publisher adsense lebih mudah di approve. Tapi ingat, google yang sekarang sudah menjelma jadi manusia robot. Ia akan lebih mudah mengingat alamat website atau blog yang tidak terlalu panjang dan rumit. Jadi, jika sekarang Anda ingin cepat diindeks google, boleh saja langsung bermigrasi dari platform bawaan ke domain TLD.

3.Profesional

Kalau Anda seorang pebisnis online, sangat tidak disarankan menyebarkan alamat website dengan platform gratisan. Dari mana pengunjung dan calon pelanggan percaya Anda sedang serius berbisnis, kalau modal untuk rumah onlinenya saja enggan membiayai. Beberapa orang juga berpikir bahwa toko online dengan platform gratisan banyak dipakai oleh para penipu supaya terkesan profesional, padahal tidak sama sekali. Jika Anda sudah menggunakan domain TLD, para visitor akan mengecap toko Anda sebagai profesional. Mereka pun akan lebih mudah mempercayai setiap informasi yang disajikan daripada toko online berharga murah tapi platformnya gratisan.

4.Cepat Dipromosikan

Biasanya para blogger newbie akan saling mempromosikan alamat situsnya masing-masing. Komunitas blogger juga punya kebiasaan saling menjenguk dengan cara blogwalking. BW ini akan meninggalkan jejak di artikel yang dibaca mereka. Jika artikelnya menarik semua, tanpa ragu, teman Anda pasti mempromosikan blog milik Anda. Namun bila alamat blog Anda sendiri memiliki nama sulit, mereka mungkin memilih mengurungkan niat daripada harus bertanya dulu ke Anda atau kembali menelusuri riwayat pencarian.

Kesimpulan

Ketika Anda akan membuat Top Level Domain, jangan sampai kelupaan untuk menentukan sebuah nama yang mewakili isi blog. Misalkan blog Anda nichenya ekonomi, bisa diberi nama duitbanyak.com. Namun jika Anda ingin sebuah nama unik yang bermakna dalam, tidak ada yang melarang. Hanya saja pertimbangkanlah masalah panjang pendek dan kemudahannya diingat. Sebisa mungkin lewati saja saran nama domain yang terdiri dari dua kata atau lebih serta memakai tanda-tanda tambahan seperti tanda hubung. Terakhir, cari TLD dari website penyedia yang sudah berkredibel tapi murah. Siapa coba yang tidak mau barang promo tapi berkelas.
2 Comments for "Inilah Mengapa Anda Harus Memakai Domain TLD ( Top Level Domain )"

Gmn caranya buat domain TLD? Tutorialnya dong bang, + cara masang nya

Gmn caranya buat domain tld? Plis tutorial om

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Back To Top