2017/01/24

Mengenal Javascript

Mengenal Javascript
Mengenal Javascript Sebenarnya tidak semua blog atau website harus menerapkan cara mengaktifkan javascript di situsnya. Bahasa pemrograman client side ini memang bersifat opsional. Fungsi dari javascript sendiri yaitu menambah kedinamisan dan tingkat interaktif sebuah situs. Script itusendiri sudah populer di mayoritas browser terkenal di dunia. Browser seperti mozilla firefox dan opera telah Mengenal Javascript

Sebenarnya tidak semua blog atau website harus menerapkan cara mengaktifkan javascript di situsnya. Bahasa pemrograman client side ini memang bersifat opsional. Fungsi dari javascript sendiri yaitu menambah kedinamisan dan tingkat interaktif sebuah situs.

Script itusendiri sudah populer di mayoritas browser terkenal di dunia. Browser seperti mozilla firefox dan opera telah menerapkan javascript browser ke dalam page web memakai tag script.

Jika Anda menginginkan pengalaman pengguna yang super nyaman, jangan lupa download javascript. Eits, tapi jangan sampai kelupaan bahwa ketika mengaktifkan javascript berarti harus diimbangi dengan pemakaian css. Hal ini dikarenakan javascript tidak dapat dipisahkan dari html.

Nah, tiga bahasa asing itu semuanya adalah bahasa pemrograman.
Jika Anda masih bingung memahami struktur javascript maupun tiga bahasa pemrograman di atas, coba pahami penjelasan ini.

Anggaplah Anda ingin membangun sebuah rumah yang beralamat di situs www.xyz.com. Kode html akan menjadi unsur-unsur pembangun bangunan yang meliputi pondasi, dinding rumah, tiang, berbagai ruangan sampai akhirnya memiliki atap yang menyempurnakan bentuk bangunan rumah. Sementara kode css akan berguna sebagai dekorasi rumahnya.

Lebih enak mana punya rumah yang lantainya tanah dengan marmer ?.

Yang penataannya memakan banyak tempat hingga memberi kesan sempit dengan minimalis ? Semua hiasan dan dekorasi ini diatasi dengan kode css.

Mulai tata letak sampai ke warna akan ditentuka oleh kode tersebut. Beda lagi dengan contoh javascript yang berperan sebagai pembantu css. Peran tersebut akan mengatur dekorasi secara lebih rapi. Fungsi lainnya yaitu memanipulasi html menggunaka identitas khusus.

Manipulasi tersebut dapat berbentuk mengganti, hide, dan add html baru.
Contoh javascript memang agak ruwet jika hanya dibaca teorinya saja, beda dengan sejarah javascript. Anda harus praktek sendiri. Trial and error mungkin saja terjadi berkali-kali.

Tapi pasti Anda akan berhasil menguasai kode bahasa pemrograman setelah mencoba sendiri. Coba kali ini kita membuat ‘alert.’



Itu hanya praktek paling sederhana untuk contoh javascript. Sekarang ini hampir seluruh website sudah memakai javascript. Tetapi Anda juga harus paham bahwa ternyata fitur javascript ini bisa dihidupkan maupun dimatikan.

Jika Anda mematikan fitur javascript di browser, page yang keluar dari hasil browsing akan menjadi biasa sebagaimana tampilan tanpa javascript.

Apabila Anda terlalu menggantungkan diri ke bahasa pemrograman javascript demi mendapatkan tampilan dinamis, kemungkinan besar tampilan website atau blog yang Anda kelola menjadi acak-acakan.

Setiap hal pasti punya sisi plus dan minus. Begitu juga kelebihan dan kekurangan javascript sebagai bahasa pemrograman yang membantu para blogger dalam menyajikan sebuah situs atraktif juga dinamis.

Sayangnya banyak blogger newbie yang berpikir dangkal menganggap kode javascript bisa memperindah tampilan situs. Otomatis jika situsnya menarik, orang-orang akan banyak yang mendaftar subscribe dan jadi pelanggan setia di situs tersebut.

Padahal kenyataannya tidaklah demikian. Ketika menggunakan javascript kita harus ingat bahwa memanfaatkannya terlalu banyak akan memperberat loading blog sekaligus mengacak situs. Jadi bukannya betah berlama-lama di situs Anda, visitor bahkan akan pergi sebelum situs loading sempurna.


Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

EmoticonEmoticon