Blogging cara tepat untukmu

4 Faktor Yang Harus Diperhatikan Oleh Pemula Bisnis Online

Faktor Yang Harus Diperhatikan Oleh Pemula Bisnis Online - Memulai startup bisnis online di Indonesia bukan sekedar berbisnis online saja. Banyak orang menganggap startup bisnis sama dengan jualan online. Padahal hakikatnya menjadi founder startup jauh lebih berat dibandingkan melebarkan sayap distribusi produk sebuah perusahaan. Bisnis startup digital saat ini memang banyak diincar generasi muda. Kelompok usia produktif sekarang ini sudah banyak yang melek tekhnologi informasi. Jika hal tersebut dilengkapi semangat muda yang menggebu dan selalu ingin menjadi pemenang, besar kemungkinan akan bertumbuh suburlah bisnis start up Indonesia. Bagi yang belum memahami apa itu bisnis startup, omblogging jelaskan lagi. Bisnis startup adalah sebuah platform elektronik yang dibuat oleh seseorang sebagai perusahaan rintisan. Sebagaimana perusahaan offline, nantinya startup ini memiliki tujuan go public dan masuk ke pasar saham atau Bursa Efek Indonesia (BEI).

Karena startup Indonesia yang sukses belum sebanyak perusahaan internasional lain, maka belum banyak sekolah tinggi dan sederajat yang mengajarkan mahasiswanya sukses terjun di dunia ini. Namun faktanya beberapa contoh bisnis startup di Indonesia yang sudah ternama banyak dilahirkan oleh para alumni universitas ternama dan terpercaya. Secara umum, kampus-kampus yang telah terakreditasi, sekarang ini telah membekali para peserta didiknya dengan ilmu kewirausahaan agar dapat bersaing di pasar ketat masa depan.

Kembali lagi ke daftar startup Indonesia. Tidak semua pengusaha kawakan mendapat jaminan sukses memulai bisnis startup digital. Anda harus mengetahui cara membuat startup. Hal pertama itu memang hanya satu kalimat saja. Tapi bukankah pada prakteknya membutuhkan proses pembelajaran yang memakan waktu panjang ?. Mulai belajar dasar ilmu tekhnik informatika sampai membuat rancangan bisnisnya semua harus sudah siap melengkapi cara memulai bisnis startup yang tepat.
Bila Anda seorang pemula, bayangkan saja Anda akan memiliki sebuah perusahaan besar dan ternama. Perusahaan ini memiliki produk barang dan jasa yang dibutuhkan orang banyak sehingga membuat jaringan pelanggan kuat. Start up Indonesia ini memiliki hak paten untuk melindungi produk-produknya.

Pemula Bisnis Online Harus Perhatikan Manajement Tim


Begitu pula dengan manajemen tim di balik layar dalam proses pengembangan startup. Semuanya memiliki tujuan untuk membuat sebuah perusahaan. Bila sudah mencapai tahapan ini, maka sudah selesailah gelar startup digital yang diterima dan berganti ke perusahaan go publik yang sahamnya bisa diperjual belikan di pasar modal. Sebelum menikmati masa manis tersebut, perhatikan cara berikut sebagai amunisi bagi pemula.
Baca juga 5 Contoh Pebisnis Sukses Dari Founder Startup Indonesia

1. Siapkan Tim

Perhatikan startup-startup sukses di Indonesia yang biasanya ada dalam sebuah website ternama. Cari halaman-halaman dasarnya lalu cek satu per satu. Rata-rata pasti mencantumkan nama anggota tim penggeraknya. Jadi mustahil sekali sebuah badan usaha atau perusahaan (meskipun masih calon) hanya dijalankan oleh satu orang saja. Itu sih namanya perusahaan perseorangan.
Pilihlah orang-orang yang dapat dipercaya kemampuan dan integritasnya. Pastikan mereka dapat diajak berjuang bersama-sama. Jangan sampai seperti kisah Tiket.com yang awalnya dirintis berkelompok lalu hanya tinggal satu orang sebelum keberhasilan dicapai. Hal seperti ini tentu menyisakan riwayat tidak menyenangkan dalam batin founder sendiri.
Jadilah seorang manajer yang baik. Membagi setiap tugas dengan rata dan spesifik. Menerapkan cara-cara manajemen tim atau organisasi agar kesolidan tetap terjaga sampai manajemen keuangan. Singkatnya, Anda pasti membutuhkan orang dari background sekolah manajemen, tekhnik informatika, administrasi dan bisnis, hukum serta beberapa bidang penunjang sesuai kebutuhan rencana bisnis.

2. Patenkan Produk

Ini dia yang membedakan startup digital dengan bisnis biasa. Misalkan Anda menjadi penjual mie ayam. Produk mie Anda memang memiliki nama dagang, tapi tidak dengan merk dagang beserta legalitas dan kepatenannya. Anda memiliki sebuah rencana besar pada startup yang sedang anda rintis ini. Perlakukan usaha Anda sebagaimana perusahaan profesional. Apakah merk sepatu Nike memiliki banyak pembajak ?. Memang banyak, namun tetap ada ciri khas tertentu yang akan membedakan sepatu asli keluaran pabrik resmi dengan buatan ilegal.
Contoh Bisnis Untuk Karyawan Yang Untung Besar Bermodal Kurang Dari Sejuta
Jadi buatlah produk barang dan jasa yang dibutuhkan publik dulu. Sebisa mungkin buat produk yang dapat diperjual belikan dengan mudah. Misalkan jasa periklanan, jual beli website, pemesanan tiket online, jual beli artikel dan lain sebagainya. Produk virtual akan memudahkan transaksinya karena tidak memerlukan sistem delivery yang menuntut kejujuran demi teraihnya keyakinan konsumen.

3. Strategi Pengembangan

Bagaimana caranya agar bisnis Anda tetap berjalan namun Andalah bossnya ?? . Jangan berusaha mengerjakan segalanya sendirian. Pekerjakan saja orang lain sesuai bidangnya untuk mengurus bagian yang Anda butuhkan. Dengan begitu Anda sudah membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain sekaligus memupuk mental pemenang. Anda hanya perlu menyusun strategi. Misalkan marketing startup. Pekerjakan saja ahli marketing bisnis lulusan fresh graduate dari Universitas terpercaya lalu jelaskan job deskripsinya. Andalah yang menentukan arah tujuannya. Pekerja hanya menjalankan perintah Anda. Pada akhirnya Anda akan menjadi otak dari badan usaha startup tersebut. Tangan kaki dan lainnya perlu dicari.
4 Faktor Yang Harus Diperhatikan Oleh Pemula Bisnis Online

Jangan pula mengandalkan modal dari kantong sendiri. Tidak ada bisnis raksasa yang semua modalnya berasal dari keringat founder sepenuhnya. Mereka juga membutuhkan sumbangan dana dalam bentuk apapun untuk mendongkrak perkembangan startup. Apalagi startup digital dikenal membutuhkan banyak biaya pengembangan. Maka Anda sudah harus memiliki rencana jelas agar para pendana tertarik menyumbang.

4. Go Public

Meskipun masih pemula, tapi pikirkan juga rencana sampai ke arah sini. Apakah nantinya startup bisnis Anda akan menjadi perusahaan Go Public yang menyandang embel-embel Tbk (Terbuka) dan sahamnya dapat ditransaksikan. Pilihan kedua yaitu menjual startup kepada perusahaan lain agar lebih sejahtera perkembangannya. Sepertu Kaskus yang sudah diakuisisi dengan nilai fantastis.
0 Comments for "4 Faktor Yang Harus Diperhatikan Oleh Pemula Bisnis Online"

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Back To Top