Blogging cara tepat untukmu

Pengertian Bouncerate Dan Apa Saja Pengaruhnya Terhadap SEO ??

Kali ini kita akan membahas Tentang Bouncerate Dan Apa Saja Pengaruhnya Terhadap SEO . apakah bouncerate ini berdampak buruk atau tidak anda bisa menyimpulkan setelah anda selesai membaca artikel ini .

Bouncerate ini penting untuk anda ketahui apa saja pengaruhnya terhadap seo . Utamanya bagi anda yang terjun kedunia blogging sebab selalu saja ada istilah untuk bahasa bouncerate atau rasio pentalan yang mungkin anda belum ketahui apa saja pengaruhnya terhadapap seo .

Rasio pentalan atau biasa disebut sebagai istilah bouncerate adalah ukuran dimana sebuah tindakan kunjungan serta berapa lama tayangnya sebuah laman yang kemudian di ukur dari berapa kali jumlah klik yang dialami sebuah link .

Bounce rate juga ditentukan oleh jumlah pengunjung . jika pengunjung tersebut melakukan kunjungan satu laman saja lalu setelahnya memilih keluar atau menutup laman maka dari situlah nilai bounce akan diukur .

Ukuran ini digunakan oleh google untuk mengukur kegiatan pengunjung yang mengunjungi pada sebuah website . presentasenya akn dinilai dari segi bagaimana pengunjung tersebut membaca sebuah laman, lamanya kunjungan dapat dinilai dari sisi ketika pengunjung membaca sebuah artikel.

Jika pengunjung tersebut menyelesaikan bacaan kemudian lanjut membaca halaman lain dalam website itu sendiri maka tentu nilai bounce website tersebut akan berdampak sangat baik.

Demikian pula sebaliknya ketika seorang pengunjung belum selesai menyelesaikan bacaan lalu kemudian menutup laman maka tentu kualitas artikel tersebut akan dianggap tidak informatif yang kemudian akan dijuri tidak berkualitas .Itulah Alasan Mengapa Anda Harus Mempelajari strategi Internal Link

Bagaimana Cara Menghitung Bouncerate Atau Rasio Pentalan Pada Sebuah Website ??


Tidak susah untuk mengetahui bagaimana rumus bouncerate ini . cara menghitungnya hanya dengan menghitung seberapa banyak pengunjung yang mengunjungi sebuah laman saja .artinya, sebuah laman itu memiliki presentase pengunjung berapa ? kemudian berapa lama ?  lalu dirumus seperti ini :
Total pengunjung yang membuka laman + berapa lama x 100%

Sebagai contoh perhitungan bouncerate misalnya anda mendapatkan pengunjung 1000 pengunjung namun ada sekitar 350 orang yang melakukan kunjungan 1 laman saja kemudian menutup laman atau keluar dari website anda maka hitungannya 350 per 1000 dikali presentase = hasil

350 / 1.000 x 100% = 35%

Dengan demikian kita dapat mengetahui berapa nilai bouncerate . untuk mengukur kualitas baik atau tidaknya kita dapat mengetahui bahwa semakin banyak pengunjung yang mengunjungi laman anda lalu kemudian menutup laman yang dikatakan pentalan rasio maka  tentu bernilai buruk untuk website anda . semakin sering blog anda mendapatkan pentalan maka tentu nilainya akan sangat buruk .

Berapa Persen Nilai Bouncerate Yang Baik ???


Beberapa webmaster mengatakan bahwa nilai bouncerate yang baik adalah kisaran 20% hingga maksimal 45% . walaupun tidak ada informasi lansung dari google mengenai hal ini namun masih saja menjadi referensi yang perlu kita kembangkan . sebab bukan hanya 1 atau 2 orang saja yang mengatakan bahwa nilai bounce rate yang kecil akan sangat baik . semakin kecil maka semakin ringan dan fresh .

Namun demikian kita tidak boleh terlalu fokus untuk lebih mendalami ini karena bouncerate hanya sebuah perkiraan saja . menurut saya pribadi tidak selamanya blog yang memiliki bounce tinggi akan mengalami perkembangan trafik yang buruk pada sebuah website sebab semua hanya perkiraan saja .

Kegunaan bouncerate hanya untuk memberitahukan kepada pemilik website bahwa kegiatan pengunjung saat mengunjungi laman yang kita memiliki kegiatan yang seperti ini dan itu hingga kita dapat melakukan perubahan agar pengunjung dapat berlama lama . dengan demikian kita akan lebih dapat memastikan optimasi apa yang semestinya kita lakukan .

Bagaimana Cara Melihat Nilai bouncerate ???


Ada dua cara mudah untuk melihat nilai bounce pada sebuah website . caranya dengan melihat statistik melalui situs alexa dan kedua menggunakan google analitic jika website anda sudah didaftarkan ke google analitic berikut perhatikan kedua cara tersebut . 

1. Melihat Nilai Bounce Menggunakan alexa

Cara Pertama menggunakan situs alexa . caranya silahkan kunjungi link berikut http://www.alexa.com/siteinfo/urlblogandadisini.com , ubah urlblogandadisini menjadi url web milik anda tanpa menggunakan www.  lihat hasilnya seperti contoh pada gambar :
Melihat Nilai Bounce Menggunakan alexa

2. Menggunakan Google analitic untuk melihat bouncerate

Cara kedua untuk bisa melihat nilai bounce anda bisa menggunakan fasilitas google analitic . caranya sebagai berikut :
  1. Masuk ke akun google analytic yang anda miliki anda.
  2. Langkah selanjutnya Pilih Menu Bihavior > Overview, pada menu itu anda akan melihat persentase nilai angka rasio pentalanpada website anda . 

Apa yang menyebabkan Angka Bouncerate Menjadi Bengkak Dan Memberikan Efek Buruk ??


Seperti yang sudah saya katakan tadi bahwa bouncerate yang baik adalah bouncerate yang memiliki nilai yang kecil . semakin kecil nilai bounce rate itu pada sebuah website sudah pasti dapat dikatakan bahwa pentalan yang terjadi pada website tersebut sangat minim, ini artinya sangat baik . 
sedangkan untuk bouncerate yang bengkak dapat diketahui sebaliknya bahwa pentalan sering terjadi pada website tersebut . beberapa penyebab sehingga rasio pentalan membengkak sebagai berikut :

1. Website tersebut hanya memiliki 1 halaman saja

Website yang menyajikan 1 halaman saja dimana para pengunjung setiap kali mengunjungi website tersebut hanya membaca itu itu saja ? tentu akan mendapatkan nilai bounce 100% ini disebabkan karena tidak ada halaman lain dimana pengunjung dapat menjelajahi dari laman ke laman, namun bukan berarti nilai kualitas website tersebut tidak bagus ketika sipemiliki blog menyajikan konten yang berkualitas dan memang bermanfaat bagi orang .

2. Orang kurang melakukan klik karena judul tidak menarik

Beberapa artikel saya yang lalu sempat membahas mengenai pembuatan judul menarik serta menyematkan seo ketika membuat sebuah judul artikel salah satu diantaranya yakni Tips membuat judul artikel berkualitas SEO .

Sama dengan pengertian pada artikel kali ini bahwa sebuah judul yang menarik akan mengundang orang untuk melakukan klik , pada saat seseorang telah melakukan klik lalu kemudian disuguhkan lagi beberapa artikel yang mungkin saja bisa menjadi solusi permasalahan pengunjung tersebut maka hasil bounce akan sangat baik karena kita sanggup membuat pengunjung menjelajahi laman demi laman .

Hal ini juga sangat berkaitan dengan google adsense pada saat mengirimi email penolakan yang isinya " pastikan pengunjung dapat menjelajahi seluruh laman pada website anda " hal tersebut diyakini bahwa google adsense mau sebuah website yang seperti itu .

3.  Loading Website Sangat Lambat Yang Memakan Banyak Kuota

Walaupun ada beberapa cara Cara untuk mendapatkan banyak pengunjung Namun Bukan tidak mungkin seorang pengunjung akan lebih memilih menutup sebuah laman yang dikunjungi ketika pengunjung merasa loading website tersebut terlalu lama.

Bukan hanya karena pengunjung capek menunggu hingga proses loading selesai namun lebih banyak kepikiran bahwa loading website tersebut terlalu menguras kuota sehingga pengunjung akan menutup laman daripada mau menyelesaikan loading tersebut . hal ini dapat diatasi dengan mengoptimasi template yang anda miliki silahkan anda baca Cara Mempercepat Loading Blog

4. Website Tersebut Mendapatkan Rasio Pentalan Yang Besar karena Berisi Iklan Popup

Saya pernah membuat sebuah artikel Pengaruh Iklan Pop Up Bagi Pengunjung dan SEO Dan itu salah satu penyebab mengapa rasio pentalan terlalu banyak didapatkan sebuah website . bukan cuma saya , mungkin semua orang akan kesal ketika mengunjungi sebuah website lalu yang disajikan selalu di ikutkan dengan munculnya iklan popup .

Saya pribadi, bukannya mau melanjutkan membaca namun dengan segera saya akan menutup laman tersebut kemudian meninggalkannya dan mencari artikel lain dari website yang tidak memiliki iklan popup . pemilik blog tidak sadar bahwa pengunjung sangat kesal .

Nilai bounce membengkak dan visitor berangsur2 menurun . hal tersebut sebaiknya anda hindari mengingat pengaruhnya terhadap SEO sangat besar dan berefek buruk .

5. Website Tersebut Tidak Menyajikan Konten Yang Berkualitas

Sebuah konten yang berkualitas akan menjadi penentu dimana pengunjung akan kembali lagi mencari aartikel anda. artikel berkualitas yang dimaksud dimana anda dapat menyajikan sebuah wawasan yang akan menjadi solusi jalan keluar pengunjung tersebut .

Ketika seseorang puas membaca artikel dari anda tentu pengunjung tersebut akan mengingat website milik anda, bahkan bukan tidak mungkin pengunjung itu akan melakukan bookmark dimana pengunjung tersebut akan kembali mengunjungi website anda.

Nah, hal ini akan sangat diuntungkan bagi kedua pihak . pengunjung merasa puas dan pemilik website akan mendapatkan nilai plus ketika sebuah sajian yang anda sajikan berkualitas . artikel berkualitas juga dikategorikan , untuk peengunjung bahwa artikel itu bermanfaat dan bagi pemilik website artikel tersebut melibatkan SEO didalamnya Seperti Apakah Konten Berkualitas Itu Agar Bisa Page One ??
 

Bagaimana Cara Memperkecil Nilai Bouncerate  ??

Ada begitu banyak cara untuk memperkecil nilai bouncerate sebuah website selaa anda mau melakukan perubahan , cara tersebut saya anggap sangat simple kemudian mudah untuk dilakukan. beberapa cara yang bisa anda lakukan adalah :

1. Percepat loading halaman website anda

Cara paling pertama yang sebaiknya anda lakukan untuk menghindari terjadinya pentalan adalah terlebih dulu melakukan optimasi seo offpage yakni percepat loading website anda. tentu website yang loadingnya cepat akan menjadi pilihan para pengunjung . jika loading website anda lambat loading yang akan mengakibatkan menguras kuota maka pengunjung lebih memilih menutup laman daipada mau menyelesaikan loading untuk membaca artikel anda.
Jika loading halaman blog anda di atas 3 detik percepatlah, sudah terbukti jika loading blog lebih dari 3 detik kemungkinan besar pengunjung akan meninggalkan blog tersebut.

2. Sajikan artikel berkualitas yang menjadi solusi bagi permasalahan bagi pengunjung

Berikan apa yang menjadi kebutuhan orang yakni menyajikan artikel yang informatif serta memiliki nilai baik bagi pengunjung . sebuah artikel berkualitas memiliki poin dari segi penyajian dan isi artikel itu sendiri . ketika anda sanggup memberikan sajian dimana artikel tersebut dapat menjadikan sebuah solusi ? maka jawabannya sama seperti yang sudah saya katakan bahwa kemungkinan besar pengunjung tersebut akan kembali mencari website milik anda.

3. Sisipkan internal link saat anda membuat sebuah artikel

Selalu menyisipkan internl link yang merujuk ke artikel yang relevan dengan artikel yang sedang anda buat . cara penyajiannya bisa dengan menggunakan beberapa kata pembujuk seperti ( baca juga , artikel menarik , silahkan baca ) cara cara tersebut bisa anda kreasikan lebih kreatif yang mengundang pembaca untuk melakukan bacaan lainnya .

Dengan demikian pageview anda meningkat dan bouncerate akan semakin ramping . selain itu , menggunakan internal link dalam tiap artikel akan memberikan signal kepada mesin perayap bahwa sajian anda merujuk ke beberapa artikel yang memberitahukan bahwa kualitas konten anda dapat dijelajahi oleh para pembaca . 

4. Optimasi pembuatan judul menarik dan perbanyak artikel anda

Jumlah artikel yang banyak berpotensi memiliki kunjungan yang banyak pula jika artikel anda berkualitas . jumlah artikel yang banyak kemudian dioptimasi dengan judul yang dapat mengundang klik tentu akan sangat baik dan akan membuat bouncerate menjadi ramping ,optimasi ini akan menguntungkan mau itu untuk anda atau masa depan website anda.

Seperti artikel yang lalu saya membahas mengenai Teknik Seo Pengalaman Pengguna dimana judul yang dapat mengundang klik menjadi salah satu faktor penentu agar blog anda baik dimata google . sebaiknya anda melakukan optimasi seo , hal ini karena menjadi bagian penting dalam usaha anda mengembangkan sebuah website . agar anda tidak kebingungan coba anda baca


5. Hindari menggunakan script popup

Sebuah script yang secara otomatis terbuka tanpa dilakukan klik akan menyebabkan pengunjung heran dan kesal karena hal tersebut terjadi bukan keinginan pengunjung . sama seperti yang pernah saya alami ketika saya membaca sebuah artikel dari salah satu website terkemuka dimana saya sedang asik membaca lalu kemudian secara otomatis muncul notifikasi yang menutup seluruh laman dimana notifikasi tersebut mengajak saya ( selaku pengunjung ) untuk melakukan like fanspage dulu baru kemudian membaca ?? bukannya saya melakukan like, tapi secara cepat saya melakukan close dan meninggalkan laman website itu . jenis popup ada banyak macamnya , yang jelasnya popup ini akan sangat menganggu kenyamanan pengguna . jika anda salah satu blogger yang menggunakan itu sebaiknya anda lepas saja dan beri kenyamanan bagi pengguna .

Apakah Nilai Bouncerate memiliki pengaruh Besar Terhadap Seo ??


Inti dari optimasi seo , seorang pemilik website harus lebih jeli memperhatikan kenyamanan pengunjung . utamanya bagi website yang dimonetise tentu mengharapkan kunjungan yang banyak serta tingkat pageview yang besar . semua hal tersebut saling berhubungan erat ketika kita membahas seo . kenyamanan pengguna adalah teknik seo , meningkatkan trafik adalah hasil yang di incar dalam melakukan optimasi . hal tersebut sebaiknya lebih jeli diperhatikan agar apa yang menjadi harapan bisa terwujudkan .

Nilai bouncerate akan memeberitahukan kegiatan pengunjung ketika mengunjungi website anda, dengan demikian kita akan dengan mudah mengetahui perilaku apa yang kita sajikan dan apa yang pengunjung lakukan . ketika apa yang kita sajikan kemudian dimanfaatkan oleh pengunjung ini berarti bahwa kita sudah dapat membuat pengunjung berlama lama dan menikmati bacaan yang kita buat . dengan demikian pentalan akan menjauh dan menghasilkan tingkatan pageview .

Tingkatkan cara ini dengan menyajikan sebuah konten yang menarik . jika konten anda menarik ? berarti konten tersebut memadai .

semua saling saling berkaitan !!
Tag : seo
2 Comments for "Pengertian Bouncerate Dan Apa Saja Pengaruhnya Terhadap SEO ??"

Saya sangat senang membaca artikel ombloogging yang tanpa sengaja saya klik.isinya sangat membantu buat saya yg sedang belajar optimasi web dan blog.ingin cari uang di internet.trimakasih.rusdy.mr

makasih buat feedbacknya...salam kenal, sukses buat anda

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Back To Top