2017/01/12

Penyebab Penalty Google Karena Cara Anda Salah Membangun Backlink

Penyebab terjadinya  penalty google karena pemilik website salah dalam cara membangun link building -Seperti yang kita tahu bahwa peranan backlink dalam membangun sebuah website masih menjadi salah satu faktor penting dan sebaiknya wajib untuk selalu dikembangkan .

Hal ini ditujukan untuk membuat sebuah website dapat bertahan pada posisi terbaik di search engine untuk mendongkrak agar rangking website tersebut dapat mendapatkan yang terbaik .

Sayangnya untuk mendapatkan backlink apalagi sebuah backlink berkualitas, diperlukan daya dan upaya serta kerja keras . namun bukan tidak ada cara, melainkan ada banyak cara yang dapat dilakukan agar link website kita bisa tersemat pada website lain .

Ada begitu banyak strategi membangun backlink yang bisa dikembangkan , salah satunya adalah fokus membangun backlink yang sehat serta berkualitas .bukan membangun backlink yang dilarang .

Untuk mendapatkan nilai plus dalam membangun backlink tentu yang dianjurkan adalah dengan membangun link yang sehat agar kiranya posisi website anda semakin hari akan semakin bagus pula posisinya lalu kemudian aman .

Demikian pula sebaliknya jika anda membangun link yang tidak sehat yang tidak sesuai dengan rules yang ditentukan google maka tentu pada akhirnya website yang anda miliki berpotensi kena penalty oleh google .
Penyebab Penalty Google Karena Cara Anda Salah Membangun Backlink

Untuk itu anda perlu mengetahui apa saja cara membangun backlink yang salah yang dapat menyebabkan sebuah website kena penalty google .

Saya akan coba berbagi kepada anda dan mengulas apa saja yang melanggar pedoman kebijakan dari google yang dapat menyebabkan sebuah website akan dianggap tidak bermutu dan akan di depak atau dipenalty ketika website tersebut tidak mengikuti kebijakan dari google .

Sebaiknya anda mulai cermati demi masa depan website anda agar akan tetap dianggap website yang sesuai dan mengikuti rules .

Membangun Backlink Salah Yang Bagaimana Tidak Sesuai Dengan Kebijakan Sehingga Berpotensi Kena Penalty Dari Google ???


Google tidak main main dalam menghukum sebuah website yang dianggap melanggar kebijakan, penalty ini pun akan sangat membuat resah serta kesal bagi pemilik website.

Bagaimana tidak, faktor setelah dipenalty akan menghasilkan perubahan drastis pada trafik.

Dan sebaiknya sejak dini anda ketahui dan pelajari serta mulai sadar untuk memperbaiki kesalahan itu .
Beberapa cara berburu backlink yang salah diantaranya :
 

1.Saling bertukar link atau yang biasa disebut enchage link

Saling tukar link antara website satu ke website sempat booming pada tahun 2007 , teknik tersebut juga sempat sukses dalam mendongkrak rangking sebuah website.

Jaman tersebut dimana algoritma google belum dikembangkan jadi teknik black hat seo juga merajai dunia search engine saat itu .

Namun seiring perkembangan teknologi serta algoritma google sudah diperbaharui dimana google sangat sensitif maka yanh paling diutamakan adalah kualitas sebuah konten, bukan rujukan dari sebuah backlink .  


Teknik pertukaran link bukan berarti sudah tidak dapat dilakukan , sampai saat ini enchange link juga masih dibutuhkan, seberapapun algoritma google diubah sebuah backlink masih saja menjadi senjata utama.

Namun jangan salah, berburu backlink juga ada poin tertentunya, salah satunya adalah backlink yang berkualitas dari situs berotoritas sangat disarankan .

Jika kemudian anda mencari link mudah ditemukan seperti web spam maka tentu website anda juga akan mendapatkan imbasnya .

Demikian pula ketika anda bertukar link kepada website lain sebaiknya telusuri dulu riwayat website tersebut apakah web tersebut aman untuk anda jadikan sebagai partner link .

Paling bagus ketika anda saling bertukar link jika website anda relevan isinya dengan calon pertner anda .

2. Menyembunyikan link akan dianggap curang

Ada banyak cara curang yang biasa dilakukan bloggers dega niat untuk secara cepat mengembangkan website miliknya, terutama pada poin mendapatkan banyak backlink . cara menyembunyikan link ini sangat tidak baik bagi masa depan website anda .

Bukannya akan memiliki kesempatan untuk lepas dari jeratan penalty namun akan tetap terkurung dalam jeratan sanbox . cara curang menyembunyikan sebuah link yang akan dianggap sebagai tindakan menyalahi aturan seperti ini . 
  1. Anda membuat anchor text kemudian menyematkan link namun warna link tersebut sama dengan warna laman artikel anda jadi link tersebut tidak akan kelihatan.
  2. Anda membuat anchor text namun link tersebut sama dengan warna font lainnya yang bukan link , kelakuan ini akan dianggap salah
  3. Anda menempatkan link pada sebuah script yang kemudian meredirect ke website anda akan dianggap sebagai tindakan black hat
Secara pandangan manusia kegiatan seperti ini mungkin sah sah saja karena yang melihatnya manusia, namun jangan salah paham .

Kita yang berada dalam dunia internet di juri oleh mesin perayap . robot mesin pencari sudah di set sedemian rupa untuk mendepak para pembuat link dengan cara curang .

Masih ingat kasus google panda yang membuang ribuan bahkan jutaan website2 spam ?? semoga salah satu website tersebut bukan milik anda . 

3. Backlink Yang Ditempatkan Pada Sidebar Dan Footer

Sebuah link yang dipasang pada sidebar atau footer secara otomatis akan menjadi backlink untuk semua laman pada website tersebut .

Backlink tersebut akan mendapatkan rujukan dari semua laman, jadi secara keseluruhan website yang memasang link website kita akan memberikan kita rujukan backlink yang banyak.

Sejumlah dengan banyaknya isi artikel dalam website tersebut . apakah akan sangat menguntungkan ?? tentu karenaa kita mendapatkan sebuah kiriman backlink dari tiap tiap artikel .

Teknik seperti ini biasanya digunakan oleh para pembuat template yang membagikan templatenya secara gratis lalu kemudian memasang link credit .

Pengaruhnya akan sangat bermanfaat sekali kepada pembuat template ketika yang menggunakan template tersebut relevan dengan website pembuat template itu.

Lalu apa pengaruhnya kepada blog yang menggunakan template gratis ?? pada poin ini saya tidak berani jawab, takut salah ucap .

Terutama menyinggung para pembuat template kemudian tidak ada hal pasti yang sesuai dengan pengetahuan saya . yang saya tahu hanya terjadi sebuah ikatan backlink satu arah .

Walau sampai saat ini belum ada peringatan mengenai penempatan link tersebut , tetap saja anda harus hati hati ,mengingat google makin hari makin pintar .

Utamanya bagi para pembuat template , seseorang bisa saja menggunakan template anda lalu kemudian membuat link anda sengaja redirect ke website anda , yang berpotensi dianggap webspam oleh google  . 

4. link yang anchor textnya tidak kreatif

Dalam membangun backlink sebaiknya anda kreatif . anda harus menggunakan anchor text yang berbeda beda setiap kali anda membangun sebuah link bulding .

Hal ini dapat dipastikan bahwa website yang menggunakan anchortext itu itu saja akan dianggap website spam yang kemudian berpotensi kena penalty google, karena selalu menggunakan anchor text yang sama .

Sebaiknya sejak dini anda merubah pola ini . saat anda membangun link building coba gunakan anchor text yang berbeda beda agar tidak terdeteksi sebagai webspam .

Hal ini lebih cenderung terjadi pada website website baru yang mengejar target papan atas lalu kemudian tidak sadar bahwa cara ini sangat berpotensi terjebak google sanbox , sebuah penalty google yang sangat meresahkan.

Jika anda pemilik website baru, dan mau membangun link building sebaiknya gunakan anchor text yang kreatif , unik, sesuai dengan kata kunci website anda, jangan itu itu melulu .

Apalagi jika anda menggunakan jasa pasang backlink ? sebaiknya hati hati karena sipemasang link lebih cenderung menggunakan copy paste daripada menuliskan keyword anda secara manual .

5. Link yang disematkan pada artikel berbeda bahasa

Masih selalukah anda memasang link pada komentar DEMO pada sebuah template yang disuguhkan link demo ?? bukankah isi web demo tersebut bertuliskan " lorem ipsum " lalu isi artikelnya tidak dimengerti apa maknanya.

Si pembuat template biasanya menyuguhkan form contact name/url , sesaat anda merasa ini adalah kesempatan untuk memasang link , padahal sebenarnya justru sangat bahaya sebab link yang anda tanam tidak relevansi dengan website anda.

Lalu kemudian , web demo tersebut bukan web yang di konsumsi pembaca , itu hanya sebuah web demo . sebaiknya anda hati hati pada poin ini . 

6. Backlink dari situs yang isinya duplicate content

Dengan gencar gencarnya anda membangun link building , segala cara anda halalkan , andapun kemudian berpikir membangun blog blog dummy sebagai pondasi blog utama anda.

Kemudian mengisi blog dummy anda artikel copy paste dan kemudian menyematkan link blog utama .
Hal ini akan dianggap sebagai website miskin , website yang kemudian akan dianggap sebagai web spam , website yang membangun link tidak natural lalu kemudian di penalty oleh google .

Pernyataan tersebut dapat diperkuat karena :
Menurut Matt Cutts backlink yang datang dari situs-situs yang miskin konten dan tidak bermanfaat yang isinya hanya duplicate content atau spin content , jika terendus akan menurunkan peringkat sebuah website dimesin pencari .
Sebelum terlambat , jangan gunakan cara tersebut , jika sudah terjadi coba anda ubah dan hapus atau tinggalkan saja cara tersebut .

8. Melalui komunitas Link Building bersama

Pada poin ini saya pernah mendapatkan sebuah komunitas dimana kegiatan mereka saling oper link dari artikel ke atikel .

Artinya pada sebuah artikel mereka sisipkan sebuah link yang merujuk kepada salah satu website sahabat komunitas tersebut .

Sebenarnya sah sah saja, namun ketika tidak relevan dengan isi artikel kemudian merujuk ke artikel orang yang tidak relevansi maka akan dianggap pembuat artikel tersebut dianggap sebagai web yang membangun link dengan cara curang .

Kebijakan google mengatakan bahwa , link yang keluar , yang merujuk , harus relevansi agar pengunjung dapat dengan puas dengan artikel rujukan anda. dengan demikian anda akan mendapatkan nilai plus .

9. Anda menggunakan Jasa Link Berbayar agar meningkatkan PageRank

Dengan ini sangat tegas saya katakan bahwa google sebagai situs search engine terkemuka didunia yang memiliki algoritma paling canggih sejagad sangat membenci sebuah website yang mencari peningkatan rangking dengan cara menggunakan link berbayar .

Sama dengan tindakan komentar yang diterbitkan secara membabi buta yang kemudian nanti dianggap cara spamming.

Demikian pula dengan sebuah cara brburu backlink secara cepat tanpa mengetahui kualitas link tersebut.

Cara ini Akan dianggap spam . tindakan ini akan memicu sebuah website terjaring sanbox penalized , bahkan tidak mungkin website ini akan didaftarkan dalam sanboxed dimana web tersebut akan deindex .

Lalu Bagaimana Cara Membangun Backlink Yang Baik Dan Benar Agar Tidak Kena Penalty Google ???


Dari sekian banyak cara mencari backlink yang bisa dipelajari maka timbullah pembelajaran buat kita bagaimana cara membangun link building yang benar dan bisa aman dari penalty google .

Caranya dengan mengikuti beberapa cara diatas namun melakukannya secara natural , dengan cara aman dan tidak membabi buta . namun tidak pada poin ke 8 . bukan saran dan sebaiknya tinggalkan .

Backlink seperti apa yang harus anda cari ?

Tentu saja link yang bersumber dari situs berotoritas yang disukai google , link dari website yang sudah populer dan bukan website spamming .

Dengan demikian link building anda akan dinyatakan sehat dan mengikuti rules karena yang anda miliki adalah backlink higt quality .

Ingat untuk selalu berada pada jalur yang ditentukan agar apa yang anda bangun selama ini tidak sia sia . sebagai referensi untuk anda silahkan baca Tips Mencari Backlink hight quality , backlink yang bermutu .

Bagaimana menghadapi ketika anda kena penalty ??

Jika kemudian anda sudah terlanjur kena penalty dari google langkah awal yang harus anda lakukan adalah kembali membangun link yang natural .

Ingat, bukan hanya menambahkan link yang mengarah ke website anda namun justru sebaliknya anda harus melempar link keluar ke website2 besar seperti google , wikipedia.  

kenapa harus memasang link yang mengarah ke google dan wikipedia ??

Karena google adalah induknya sedangkan wikipedia diakui sebagai website natural . 

Kesimpulan

Google sebagai mesin pencari terbesar memiliki tolak ukur tersendiri dalam menjuri kemudian mengenal kapan aktivitas seorang bloggers harus dicurigai .

Apakah mereka pantas untuk mendapatkan penalty atau tidak . jadi saran saya selalu bermain dalam lingkup aman , gunakan cara natural , jangan spamming agar website anda dapat bertumbuh secara aman


8 komentar

Mau bertanya +OM BLOGGING​. saya pernah menaruh sebuah link di dalam postingan berupa foto. apakah itu termasuk salah satunya kesalahan dalam membangun backlink?

Jika gambar tersebut di berikan alt text yang menjadi text jangakar dan sesuai dengan link rujukan maka itu sah sah saja, namun ketika anda melakukannya secara membabi buta dalam artian spamming tentu akan bernilai buruk

ya memang sebaiknya pakai cara yang natural saja :)

Meskipun pakai cara natural ini lama banget tapi dibanding pakai cara spam mending pake cara biasa aja lah cari aman hehehe

yang natural sajalah, sajikan informasi yang benar-benar bermanfaat soal backlink biarlah blogger lain yang menilai dan google akan memrikan terbaik. Intinya jangan terburu-buru :D

Seep.. natural selalu menjadi yang terbaik apalagi menyangkut backlink

Ya ya semoga kita tidak akan pernah terkena penalty google.

Tidak akan selama mengikuti rules.. google akan mengerti dan lebih paham

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

EmoticonEmoticon