2017/01/07

Situs Yang Menyediakan Tempat Belajar Coding Secara Gratis

Jika kamu masih menganggap bila belajar hanya bisa dilakukan di sekolah, maka hal tersebut salah besar. Sebab belajar bisa dimanapun, apalagi dalam era ini, internet dapat dijadikan tempat alternatif untuk mencari ilmu baru. Salah satu ilmu yang bisa kamu dapatkan adalah bagaimana cara belajar coding, apalagi bagi kamu yang suka dengan dunia teknologi, akan sangat membutuhkan ilmu ini. Maka di sini, untuk membantu kamu, akan kami berikan daftar-daftar situs website untuk belajar coding

Situs Yang Menyediakan Tempat Belajar Coding Secara Gratis

Codecademy

Pada daftar pertama ada situs yang bernama Codecadamy, dimana situs ini telah diakses oleh lebih 24 juta orang untuk dapat belajar coding secara gratis. Apa saja yang akan kamu dapatkan dari situs ini? Yakni ilmu-ilmu tentang JavaScript, HTML dan CSS, PHP, Phyton, Ruby dan lainnya akan diajarkan untuk kamu di situs Codecademy ini.

Coursera

Situs ini berdiri sejak tahun 2012 yang lalu. Dimana situs yang bernama Coursera ini telah berkembang menjadi sebuah perusahaan di bidang pendidikan teknologi yang menawarkan kepada konsumen berupa 100 progrram bahkan lebih serta 119 institusi. Selain itu, yang membedakan situs ini, dari situs yang sebelumnya, di situs Coursera ini, kamu bisa mengeluarkan sejumlah uang untuk mendapatkan sertifikat.

edX

Selanjutnya, ada situs yang juga lumayan terkenal dalam bidang pendidikan teknologi bernama edX. Situs edX ini sendiri, telah berdiri sejak tahun 2012, sama dengan tahun berdirinya situs Coursera. Situs yang didirikan oleh Universitas Hardavard serta MIT ini, berisfat open source.

Udemy

Lahir lebih dulu dari situs Coursera dan edX, situs Udemy telah ada sejak tahun 2010. Proses pembelajaran dalam situs ini akan disajikan dalam bentuk video, dimana ilmu-ilmu yang akan diajarkan adalah berupa Programming for Entrepreneurs, Introductiion Phyton Programming, HTML dan CSS.

aGupieWare

Situs aGupieWare ini disebut-sebut memiliki standar kurikulum yang sama seperti di Stanford, MIT, Berkeley, Columbia, Carnegie Mellon dan lembaga pendidikan terkenal lainnya. Sebab situs ini sendiri, oleh lembaga terkemuka di Amerika Serikat telah dilakukan sejumlah survei yang menujukkan, bila situs aGuipeWare ini memiliki standar kurikulum yang sama, dengan lembaga pendidikan yang telah disebutkan sebelumnya.

GitHub

Bila tiba-tiba kamu terjebak dalam situasi yang mendesak, dimana kamu sedang membutuhkan buku referensi untuk belajar pemrogaman. Maka tenang, sebab situs yang bernama GitHub ini akan menyediakan lebih dari 500 buku pemrogaman yang dapat diakses secara gratis, dimana masing-masing buku referensi tersebut memiliki 80 atau lebih, bahasa pemrogaman yang berbeda-beda. Selain gratis, menariknya situs ini akan selalu mengupdate buku-buku referensi pemrogaman tersebut.

MIT Open Courseware

Selanjutnya ada situs bernama MIT Open Courseware. Situs ini dikhususkan untuk kamu yang merasa sudah cukup mampu memahami ilmu pemograman dasar, sehingga dengan mengunjungi situs ini ilmu kamu dapat berkembang lagi. Di situs ini, kamu juga dapat belajar ilmu Practical Programming. Selain itu, menariknya situs ini memanfaatkan couseware milik MIT untuk ilmu-ilmu pemrogaman yang dibagikannya secara gratis.

Free Food Camp

Tak hanya belajar ketrampila Coding seperti CSS3, Database, DevTools, HTML5, Javascript, Agile dan yang lainnya, dalam situs ini kamu dapat pula menunjukkan kebolehamu dalam mengaplikasikan ilmu coding yang sudah kamu pelajari sebelumnya. Dalam situs ini pula, kamu dapat bergabung dengan beberapa komunitas yang ada, seperti komunitas mahasiswa, komunitas yang sudah professional serta komunitas lainnya.

Demikian beberapa website yang menyediakan tempat untuk belajar coding secara gratis . moga bermanfaat yah..


Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

EmoticonEmoticon