2017/02/02

Enkripsi di Whatsapp Supaya Tidak Bisa Disadap

Sosial media belakangan ini memang menjadi pengganti media komunikasi langsung. Manusia tidak perlu lagi menghabiskan waktu berhari-hari bahkan berbulan-bulan hanya untuk bertatap muka dan menyampaikan satu dua pesan singkat. Itu hanya waktu pengirimannya saja, belum nanti menunggu balasan dari tujuan surat.

Tentu saja orang di zaman dahulu selalu membutuhkan orang lain yang bisa dipercaya supaya pesan-pesannya tidak salah tangan. Apalagi jika pesan yang ingin disampaikan tergolong pesan rahasia bermuatan bisnis dan politiknya para elit kerajaan. Nah, di zaman modern ini sudah hadir media sosial yang dapat mengganti kebutuhan tersebut.

Enkripsi di Whatsapp Supaya Tidak Bisa Disadap
Keamanan chatting media bernama whatsapp telah dilengkapi enkripsi end to end. Enkripsi artinya pesannya diamankan dengan kode khusus. Sementara end to end artinya tidak akan ada yang dapat membuka pesan tersebut kecuali dua orang yang saling berkomunikasi.

End to end encryption adalah enkripsi yang hanya dapat dinikmati oleh sesama pengguna whatsapp 

versi paling mutakhir. Pihak whatsapp sendiri telah memastikan bahwa yang dapat berinteraksi lancar hanyalah Anda dan pihak lawan sendiri.

Mereka bahkan tidak memberikan kesempatan kepada pegawainya di jabatan apapun untuk berhak membobol whatsapp end to end encryption.

Cara pengamanan nya sendiri tidak hanya terdiri dari selapis saja. Keamanan whatsapp ini dikunci oleh kunci istimewa yang berupa kode angka atau scanning QR code.

Kemudian akan dilapisi pula dengan kunci untuk setiap pesan yang Anda sampaikan. Tidak ada pengaturan khusus untuk cara menonaktifkan end to end whatsapp maupun mengaktifkannya kembali. Semua proses enkripsi ini sudah otomatis diperoleh oleh semua pengguna whatsapp. Syaratnya, Anda hanya perlu meningkatkan versi whatsapp saja.

Whatsapp memang berniat memberikan kawalan keamanan ini kepada seluruh pelanggannya. Sehingga jangan sampai Anda berharap menemukan artikel cara membuka enkripsi password whatsapp di internet.

Sebenarnya setiap chat yang sudah Anda kirimkan kepada seseorang sudah langsung terenkripsi. Hanya saja, Anda belum memerintahkan sistem untuk melakukan pekerjaan rahasianya. Cara agar chat biasa yang sudah terenkripsi bisa segera bekerja dengan baik yaitu dengan melakukan verifikasi kode.

Anda hanya perlu memastikan bahwa chat Anda sudah terenkripsi end to end secara aktif dan tidak ada seorang pun yang bisa menyadap percakapan bisnis Anda. Lalu di mana letak kode QR maupun kode angka yang terdiri dari 60 digit nomor itu ? Jawabannya ada di setiap kontak. Kode angka tersebut tidak mungkin sama antar sesama kontak Anda. Semuanya sudah disiapkan oleh whatsapp dan bernilai spesial.

Coba bandingkan 60 digit angka verifikasi yang ada di handphone Anda dengan kode di smartphone teman Anda. Cara lain yang lebih simple yaitu dengan memindai kode QR. Sayangnya cara ini hanya bisa dilakukan jika Anda dan si kontak berada di lokasi sama.

Uniknya lagi, kode yang Anda lihat di kontak whatsapp tersebut sebenarnya bukan kode keamanan asli. Kode yang original tidak akan pernah diberitahukan oleh pihak whatsapp. Jadi, Anda tidak perlu takut ada pembobol ulung yang akan mengutak-atik pesan Anda.

Jika Anda belum tahu cara memulai percakapan rahasia ini. Coba bukalah salah satu chat yang ingin dienkripsi. Tap sekali pada nama kontak sehingga terbukalah layar info kontak. Selanjutnya, ketuk enkripsi dan terlihatlah 60 deretan angka serta QR code.

Langsung pindai kode Qrnya saja jika secara fisik, kalian berdua berdekatan. Namun bila tidak memungkinkan, copy 60 digit tersebut dan kirimkan pada sang kontak. Jika nanti sudah ada tanda centang hijau yang muncul, berarti pesan di chat kontak tersebut telah terenkripsi dengan sempurna.
Untuk ponsel keluaran windows, apple dan android, Anda bisa langsung membagikan 60 digit kode keamanan whatsapp.

Minta si kontak untuk memastikan 60 digit yang ada di HP Anda sama dengan miliknya. Kalau ternyata proses enkripsi masih gagal, coba minta kontak Anda memperbarui versi whatsappnya dan kalian harus memindai ulang kode keamanan tersebut.

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

EmoticonEmoticon