2017/02/14

Pilih Blog Niche Tunggal Atau Blog Gado-Gado

Seperti yang bloggers ketahui, pada umumnya jika ditinjau dari isi kontennya maka blog terbagi menjadi 2 (dua) jenis yaitu blog niche tunggal (blog yang membahas satu topik tertentu) dan blog gado-gado (blog dengan banyak topik pembahasan). Seorang blogger ketika akan memulai pengembangan blog biasanya akan mengalami dilema diantara 2 pilihan ini. Apakah sebaiknya mengembangkan blog gado-gado atau blog niche? Bagusan yang mana sih?
Tentu jawaban dari pertanyaan ini berupa debatable. Karena pastinya banyak perbedaan pendapat diantara blogger.

Pilihan Antara Blog Niche Tunggal Atau Blog Gado-Gado
Hal ini tentu wajar mengingat pengalaman tiap blogger berbeda. Seorang blogger yang fokus di niche tertentu akanlah tidak etis jika dia mengatakan blog niche tunggal lebih baik padahal dia sendiri tidak mempunyai pengalaman dalam mengembangkan blog gado-gado.

Yang bisa kita lakukan hanyalah menganalisa kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik dari blog niche tunggal maupun blog gado-gado.

Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini omblogging akan membantu menjabarkan kelebihan dan kekurangan blog niche dan blog gado-gado.

Kelebihan blog gado-gado:


1. Konten blog gado-gado mudah dibuat
Kelebihan pertama yang dimiliki blog gado-gado berkaitan dengan isi konten. Blog gado-gado kontennya mudah dibuat karena kita mempunyai banyak opsi topik.

Banyaknya pilihan ini membuat blog gado-gado bisa memiliki berbagai macam artikel dengan judul clickbait, sehingga mudah menjadi viral.

Artikel yang viral ujung-ujungnya akan membuat blog kebanjiran visitor. Tentu hak itu merupakan idaman semua blogger. Baca tipsnya disini Tips membuat konten viral teknik menjaring banyak visitor

2. Update artikel bisa lebih sering
Sudah bukan rahasia lagi, jika ingin membuat blog menjadi besar maka update artikel secara rutin adalah keharusan.

Dengan banyaknya opsi topik yang tersedia di blog gado-gado, maka update artikel bias dilakukan lebih sering. Hal ini tentunya menjadi kelebihan tersendiri untuk blog gado-gado.

3. Visitor datang dari berbagai kalangan
Konten gado-gado yang berisi banyak konten informatif, menjadikan banyak kalangan visitor yang dapat menikmati isi blog tersebut.

Banyaknya variasi konten di blog gado-gado membuat visitor tidak terjaring banyak sehingga menjadi nilai plus tersendiri.
Setiap ada kelebihan pasti ada kekurangan.

Kekurangan Yang Dimiliki Blog Gado-Gado:


1. Blog gado-gado susah memiliki identitas
Kekuatan utama pada blog gado-gado adalah konten. Itupun konten anda haruslah informatif, berguna, atau viral. Jika diolah secara setengah-setengah dan konten yang ada tidaklah penting bagi pembaca, maka bisa dipastikan blog gado-gado anda akan mudah dilupakan karena tidak memiliki identitas yang jelas.

Ini merupakan salah satu kekurangan untuk blog gado-gado. Oleh karena itu sebaiknya blog jenis ini dikelola secara tim dan melalukan kerja sama dengan guest writer agar makin banyak konten viral yang bisa dimuat didalamnya guna memperkuat identitas blog.

2. Visitor blog tidak loyal
Kekurangan lainnya dari blog gado-gado yaitu visitor biasanya tidak loyal. Biasanya visitor masuk hanya untuk mencari informasi yang dibutuhkan saja, setelah itu langsung pergi. Mereka bahkan bisa saja tidak mengingat nama blog tersebut.

Lalu bagaimana dengan situs portal berita yang visitornya jutaan dan loyal? Tentu jangan disamakan, situs-situs berita banyak digandrungi karena percepatan informasinya, padahal blogger lepas mungkin dapat membuat artikel yang sama atau lebih baik dari yang ada di portal berita.

Selanjutnya mari kita bahas kelebihan dan kekurangan blog niche tunggal .

Kelebihan Blog Niche Tunggal


1. Posisi SERP di mesin pencari lebih baik
Blog niche dengan topik yang berkaitan dan relevan dapat memperbaiki posisi di mesin pencari. Hal ini karena blog niche memudahkan kita dalam melakukan optimasi SEO On Page. Seperti yang kita tahu bahwa artikel yang berkaitan mengarahkan blog ke satu topik.

Jadi mesin pencari mudah menemukan blog tersbut karena banyaknya artikel yang bisa dituju pada satu jenis pencarian.

2. Visitor loyal terhadap blog
Target visitor blog niche adalah orang-orang yang mempunyai ketertarikan yang sama terhadap niche yang dikembangkan. Anggap saja ada seorang penggemar film yang ingin terus mencari informasi mengenai film, tentunya dia akan mencari blog dengan niche film.

Jika menemukan blog dengan niche tersebut, maka seseorang akan terus bolak balik melakukan kunjungan karena memang sesuai dengan minatnya. Maka jika anda mempunyai minat tertentu dan suka menulis, rasanya mengembangkan blog niche tunggal lebih cocok bagi anda.

3. Banyak pilihan monetize
Blog niche tidak cuma mengandalkan jumlah trafik saja, tetapi juga kualitas visitor yang datang. Dalam artian jika konten anda berkualitas dan memang digemari oleh visitor maka monetize jenis affiliate semacam product review bisa dicoba.
Baca apanduannya disini
Seperti Apakah Konten Berkualitas Itu Agar Bisa Page One ??
Jadi, jenis monetize yang fleksibel merupakan salah satu keunggunlan blog niche.

Kekurangan Blog Niche Tunggal :


1. Sering kekurangan ide artikel
Topik yang terbatas dan perkembangan yang lambat di bidang niche tersebut seringkali membuat blogger sulit dalam menemukan inspirasi tulisan.

Ujung-ujungnya ide artikel yang sedikit membuat blogger harus pandai berkreasi dalam menemukan ide yang terkait dengan niche tapi juga menarik bagi pembaca.

2. Persaingan lebih ketat
Mengembangkan suatu blog niche maka berarti anda bersaing dengan blog lain yang bisa saja lebih ahli di bidangnya.

Oleh karena itu, ketika memutuskan akan mengembangkan blog niche harus dipastikan anda mempunyai minat mendalam atau betul-betul ahli di bidang tersebut.

Agar blog anda dapat terus eksis, belajar lebih dalam mengenai topik yang dikembangkan adalah hal wajib.

Atau setidaknya gunakan keunggulan-keunggulan lain yang tidak dimiliki leh pesaing anda, seperti tampilan blog yang lebih menarik, lebih infomatif, Bahasa yang lebih mudah dimengerti dan lainnya.

Itulah tadi opini pribadi omblogging mengenai keunggulan dan kekurangan blog gado-gado dan blog niche. Terima kasih atas perhatiannya dan salam.


2 komentar

om klo kita bangun blog dengan niche tertentu
tpi sesekali kita buat post click bait untuk meningkatkan visitor(artikel tidak terkait niche)
apakah ini strategi yang bagus ??

Yah kalo bahasnya sesekali saja tidak apa2 asalkan tidak memperkaya halaman dengan kata kunci yang berbeda. saran saya tetap fokus jika bikin blog dengan 1 pembahasan

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

EmoticonEmoticon