2017/02/24

Lejitkan Marketing dengan Penguasaan SEO dan SEM

Definisi SEO secara bahasa sudah sangat jelas tanpa perlu diuraikan. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Yaitu cara optimasi mesin pencari untuk blog, website atau bisa juga situs youtube (SEO khusus youtube). SEM yaitu mesin pencari pemasaran yang menitik beratkan pada keyword tertentu sebagai ujung tombak dari strategi marketing alias pemasaran suatu perusahaan. Strategi SEO baik yang On Page maupun Off Page sama-sama terdiri dari banyak unsur. Jika Anda memakai topik peluang bisnis daur ulang plastik untuk sebuah artikel, Anda juga harus menentukan kata kunci fokusnya, link-link di dalamnya, deskripsi peluangnya serta metadata hasil akhir yang ujungnya akan memberikan manfaat kepada pembaca Anda.

Lejitkan Marketing dengan Penguasaan SEO dan SEM

Cara membuat SEO sebenarnya tidak rumit bila sudah dipahami. Kalau ada yang bilang ribet itu karena dia belum mencoba mempraktekkan sampai berhasil. Nah, untuk SEM sendiri lebih berfokus pada pembayaran listings. Jadi misalkan Anda ambil contoh bisnis lokal tape durian. Anda membayar google adwords untuk mengiklankan tape durian Anda.

Siapa saja target market Anda, spesifikasi identitas mereka itu akan membantu optimasi SEM demi menentukan kata kunci paling akurat. Anda cari adalah klik dari peminat. Setelah itu harapan besarnya akan berakhir pada transaksi. Oleh karenanya Anda membutuhkan pengetahuan tentang jenis keyword SEO dan SEM. Semuanya sama pentingnya.

Anda perlu meriset dulu bagaimana kebiasaan target pasar Anda. Bisnis lokal adalah bisnis yang sudah memiliki lingkup tersendiri. Walaupun memiliki keinginan membesarkan di seluruh wilayah negeri, tapi bisnis lokal cenderung action secara fokus pada target wilayah dan orang tertentu.

Analisa dulu apa saja kebutuhan mereka. Buat materi unik dengan bantuan tekhnik copywriting serta hypnowriting. Jangan lupa menyisipkan SEO dan SEM hasil riset ke dalam konten.

Jika Anda merasa masih sangat pemula di dunia internet marketer jangan berkecil hati. Kini para pengembang software sudah sangat peka terhadap kebutuhan pasar internet sehingga selalu mencoba menghadirkan sesuatu yang dibutuhkan masyarakat, termasuk pebisnis online.

Coba pergilah ke SiteWit  untuk meminta bantuan menciptakan iklan dari perusahaan online Anda. Bagaimana Anda menyusun perencanaan berkampanye di dunia online sampai menentukan keyword yang siap dieksplorasi lebih luas bisa Anda dapatkan di sana.

Sama seperti di dunia nyata, dalam internet marketing masih sama saja. Anda harus berani mengeluarkan uang lebih jika menginginkan hasil tinggi. Sadarlah bahwa hampir semua pengusaha selalu memiliki kantor dan tokonya di dunia online. Mulai di tingkat reseller sampai supplier. Bahkan para distributor raksasa juga mulai membangun kedekatan interaksi dengan para pelanggannya di internet.

Biasanya Anda harus membayarkan sejumlah dana jika ingin tahu hasil analisis kata kunci dengan pencarian tertinggi. Mungkin jika Anda seorang blogger sudah lama tahu hal semacam ini di dunia blogging yang berfokus pada adsense. Tapi yang dimaksudkan di sini adalah kata kunci yang paling banyak menjaring calon pembeli.

Bagaimana kualitas SEO Anda akan sangat berdampak pada adwords. Jika Anda sudah fokus membidik kata kunci tertentu, besar kemungkinan Anda bisa menghasilkan tulisan dengan kualitas terbaik sehingga layak tayang di halaman satu SERPs.

Jadi mulai sekarang Anda harus bersedia membayar uang lebih demi optimasi SEM yang berorientasi pada hasil penjualan Anda. Di sisi lain Anda masih mengandalkan SEO yang akan menguatkan nama Anda di mesin pencari.

Jangan ragu mencari kata kunci terpopuler dari tahun ke tahun. Hal ini dapat membantu Anda mempelajari tingkah laku pasar secara manusiawi, bukan robot. Bagaimana grafik klik suatu kata kunci dari waktu ke waktu juga akan membantu Anda.

Jika Anda masih bertanya pada banyak internet marketer tentang lebih efektif mana SEM atau SEO?  Semuanya aktif dan efektif jika dipakai dalam pemasaran. Tinggal bagaimana kondisi kantong dan kesiapan Anda dalam bersaing konsistensi dengan diri sendiri pada akhirnya.


Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

EmoticonEmoticon