2017/02/26

Tips Merintis Toko Online

Tips Merintis Toko Online
Tidak ada toko online gratis terbaik. Hati-hati saja dengan penawaran jasa membuat toko online yang sangat murah bahkan tanpa membayar sama sekali. Sebagai calon pebisnis, Anda harus siap segalanya bahkan sebelum bisnis Anda berjalan. Yang dipikirkan bukanlah cara buat toko online gratis selamanya, tetapi bagaimana cara membuat website toko online sendiri sehingga Anda tidak perlu membayar jasa orang lain.
Namun sebelum hal tersebut dibangun, Anda sudah harus punya siteplan. Siteplan ini akan sangat berguna memperjelas tujuan dan kemana arah toko online tersebut selama satu bulan, satu semester, satu tahun bahkan lima tahun mendatang.
Matangkan dulu persiapan merintis toko online dengan memulai belajar beberapa hal sampai lumayan memahami. Misalkan cara membuat toko online di facebook dengan beberapa tunjangan sebagaimana di bawah ini.

1.Email Marketing

Ada yang bilang bahwa membuat email marketing hanya membuang-buang waktu. Jangan langsung percaya omongan orang lain yang belum pernah membuktikannya. Spekulasi hanya akan menghambat kemajuan Anda. Di samping cara membuat website toko online dengan html, Anda juga akan sangat terbantu bila tahu bagaimana membuat email marketing yang baik.

Jika konsumen Anda bukanlah orangtua yang usianya sudah tidak produktif atau anak-anak belum produktif, maka email marketing akan menawarkan produk Anda secara tertarget. Pelajari dulu mengenai email marketing sebelum Anda menjudgenya kurang efektif dalam bisnis online.

2.Riset

Bahasa lainnya yaitu analisis. Di saat membuat bisnis baru, Anda pasti sudah punya rencana kan? Nah, pada waktu merencanakan ini Anda harus melakukan analisis tepat. Riset akan membantu Anda mengenali siapa saingan Anda, bagaimana usaha mereka membesarkan tokonya, produk apa yang sedang diminati masyarakat dan lain sebagainya.
Sehingga Anda tidak sia-sia mengetahui cara membuat website toko online dengan php. Karena ada hal yang lebih mendasar sudah Anda pegang. Hasil riset ini akan menghindarkan Anda dari kemungkinan merugi.
Jika Anda terus berjualan hanya bermodalkan skill cara membuat toko online dengan blogspot, Anda berbisnis serampangan dan ini sama dengan berbisnis tapi main-main karena tidak mencari untung.

3.Customer Service

Anggap saja administrator Anda di toko online yang masih baru dibuat adalah customer service bagi pelanggan Anda. Nanti ketika Anda sudah memiliki website toko online sendiri, Anda pasti akan merasa tidak bisa mengatasi segalanya sendiri. Belum lagi bila orderan bertambah banyak dan barang yang Anda jual diproduksi secara handmade (bukan reseller atau dropshipper).
Di masa-masa seperti ini, Anda sudah harus menyiapkan budget sejak awal.
Namun boleh saja Anda mengeluarkannya sejak awal launching produk atau jika merasa sudah kepepet dan keteteran.
Admin akun sosial media bertugas untuk menjawab semua pertanyaan konsumen, mencatat orderan, memposting konten baru yang segar dan menarik. Nantinya mereka ini disebut sebagai pegawai Anda dan karena itulah mereka harus melaporkan perkembangan media sosial atau website toko online yang dikelolanya.

4. Iklan

Di internet ada jutaan toko online di seluruh dunia yang jualannya menyamai produk Anda. Namun tentu saja masing-masing dari mereka memiliki kelebihan dan kekurangan serta keunikan tersendiri. Pebisnis yang serius, walaupun hanya di dunia maya mereka siap mengeluarkan budget lebih agar dilihat oleh orang banyak.
Hampir semua platform sosial media yang sedang ramai sekarang ini menyediakan tempat bagi para pebisnis membangun iklan dan citra positif di masyarakat. Namun tentu saja ada budget yang harus ditebus sebelum itu. Persiapkan semuanya dulu daripada website toko online Anda terbengkalai akibat kurang diexplore.


Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

EmoticonEmoticon