2017/03/12

Algoritma Fred Diluncurkan Oleh Google, Banyak Blog Tumbang Trafiknya !

Algoritma Fred Diluncurkan Oleh Google
Tepat tanggal 8 maret para pakar seo disibukkan mencari info tentang " Fred " Yang dikenal sebagai algoritma google terbaru . Kali ini google mengupdate dan memperbarui algoritma google ranking atau peringkat google dalam hasil pencarian . Dan informasi ini telah diketahui pada saat tanggal 8 maret 2017 kemarin. Dan dampak dari fred ini bisa dilihat dari menurunnya trafik blog anda secara tiba-tiba dan sebagai orang yang beruntung , Anda mungkin justru mengalami kenaikan trafik yang sangat signifikan .

Banyak pakar seo diluar sana mengatakan jika update algoritma dari google ini disebut dengan nama "Fred Update", sebuah nama untuk update algoritma baru yang diusulkan oleh salah satu karyawan yang berasal dari google yakni Gary Illyes.  Mengenai target dari algoritma ini lebih fokus mengatasi "Related link " Link terkait Dimana penggunaan link pada tiap-tiap halaman akan diberi poin baik buruknya dan dinilai dari segi relevansi link tersebut .

Penasaran dengan algoritma tersebut saya pun mencari tahu diluar sana apa,bagaimana dan siapa saja yang mendapatkan imbas dari algoritma ini . Dan percayakah anda , Bukan cuma 1 atau 2 pemilik website yang mengalami penurunan trafik secara drastis bahkan ada ribuan dan tidak menutup kemungkinan akan mencapai nilai jutaan .

Lantas Mengapa Mereka mengalami penurunan trafik ? ? Mengingat bahwa ini hal penting untuk anda ketahui maka pada artikel ini akan dijelaskan hal tersebut .

Google ranking update ‘Fred’ Related Links


Hal yang paling pokok dan perlu diperhatikan dari bahasa " Related links " adalah link terkait dari dalam satu halaman yang menuju ke halaman lain . Link terkait ini terbagi 2 macam yakni
  1. Link internal dan..
  2. Link External
Keduanya memiliki hak untuk dinilai seberapa baik dan buruknya halaman tersebut sehingga diberi poin " Rangking " Dan inilah yang menyebabkan halaman tersebut tiba tiba hilang dari peredaran search engine yang berimbas website anda mengalami penurunan trafik ketika link tersebut tidak saling terkait atau memiliki nilai relevan .

Google sebagai search engine terkemuka dari dulu sudah diketahui jika hasil penelusuran yang diberikan ke pengguna yang melakukan " Mencari informasi "  diberikan hasil akurasi yang baik dan sangat relevan . Setelah itu , Ketika seorang pengguna diperhadapkan dengan sebuah halaman maka kenyamanan pengguna kemudian menjadi pokok penting . Hal ini sudah dikemukakan ketika Hummingbird diluncurkan beberapa tahun lalu .

Oleh karena itu, algoritma fred kembali melengkapi apa yang menjadi kebutuhan pengguna dengan Slogan " Related Links " Atau link terkait yang pemilik website harus lebih memperhatikan lagi cara penggunaannya .
Sebagai pemberi informasi omblogging coba untuk uraikan hal tersebut dengan 2 penjelasan sebagai berikut .

1 ) Related Link Internal

Dalam strategi seo untuk meningkatkan sebuah rangking halaman maka penggunaan internal link sangat penting dilakukan . Sebuah halaman akan terdongkrak naik di serp ketika jumlah kunjungan halaman tersebut memiliki banyak views .  Semua pakar seo akan setuju dengan pernyataan tersebut .
Related link ini kemudian diperhatikan dari segi anda menempatkan sebuah link yang kemudian di arahkan ke halaman lain . Jika link tersebut memiliki nilai referensi yang baik dan benar maka artikel tersebut akan mengalami kunjungan yang drastis ( Rangking baik= Trafik naik ) Jika tidak maka ( Rangking Buruk= Trafik Down ) .

Hal inilah yang menyebabkan "fred" diluncurkan . Mengingat teknik blackhat banyak bertebaran . penggunaan link yang tidak relevan banyak bertaburan pada tiap-tiap halaman yang akhirnya memberikan imbas buruk pada website anda.

walaupun anda merasa tidak melakukan kegiatan tersebut , tapi percaya saja bahwa tanpa sengaja anda sudah melakukannya . Jika..
  1. Anda menggunakan artikel terkait secara otomatis didalam postingan 
  2. Anda sering menggunakan " Baca Juga " yang tidak ada kaitannya dengan artikel dengan link yang menuju ke baca juga .
Google mau kita sebagai pemilik website menavigasikan pengguna secara baik seperti memberikan sebuah arahan link yang menuju ke artikel lainnya dengan nilai sebuah referensi . Seperti , ketika anda membuat sebuah artikel yang membahas mengenai Feetch As Google lalu mengarahkan pembaca ke artikel Cara Daftatr Webmaster tools . Sebab , Orang hanya bisa melakukan feetch as google Jika website mereka sudah terdaftar ke webmaster google bukan dengan memberikan rujukan seperti ( Baca juga : Cara Menghapus crawl error di google ) . Itulah yang disebut sebagai Related Links .
Lantas halaman mana yang akan mendapatkan imbasnya ?? Jika hal ini terjadi maka halaman yang akan turun peringkatnya adalah halaman yang memberikan rujukan ke link yang tidak terkait tersebut .
Dalam blog omblogging juga ada beberapa artikel yang seperti itu . dan halaman halaman tersebut mendapatkan penurunan kunjungan , salah satu artikel saya dengan kata kunci " Trik Seo 2017 " Artikel yang tadinya nangkring dihalaman depan sekarang hilang dari peredaran . Akan saya upayakan perubahan pada artikel tersebut kiranya bisa mendapatkan posisi yang lebih baik lagi .

2 ) Related External Link

External link juga menjadi pokok penting dalam pembahasan kali ini . Google tahu cara curang yang sering dilakukan oleh para komunitas blackhat . Biasanya untuk mendapatkan backlink organik maka beberapa pemilik website kemudian mengembangkan teknik Blog Dummy agar website utama mereka bisa mendapatkan peringkat yang baik karena memiliki banyak backlink . dan percaya saja bahwa "Fred" Menyapu rata semua website yang melakukan teknik blog dummy tersebut .

External link yang memiliki nilai relevansi buruk bisa diartikan seperti ini :
  1. Anda membuat backlink dari banyak blog dengan satu author . Pada blog-blog tersebut anda menanamkan link ke blog utama yang tidak ada hubungannya dengan pembahasan blog utama sehingga dianggap backlink " Sengaja " bukan backlink referensi . Ingat, 1 Author ( Yang pasang link )
  2. Pada blog Dummy Anda membuat artikel lalu Sengaja menanam link menuju ke blog utama anda dan akan dianggap tidak memiliki referensi Jika ( Ingat , Jika ) Tidak ada rujukan yang bernilai . Dan lagi-lagi = 1 Author ( Yang pasang link )
Dengan begitu , Anda akan dengan mudah dikenali sebagai author yang melakukan kegiatan blackhat .
Lantas halaman manakah yang kemudian akan mendapatkan dampak buruk ??
Jika anda author yang melakukan kegiatan tersebut maka kesemua halaman ( website) yang anda miliki yang akan mendapatkan imbasnya .

Tapi, jika bukan anda dan anda justru dikerjai oleh orang-orang maka halaman mereka yang justru mendapatkan nilai buruk .

Tapi, Ketika mereka mereferensikan halaman anda dan memang sesuai dengan apa yang mereka bahas justru akan semakin meningkatkan rangking halaman mereka sehingga dengan sangat luar biasa mereka mendapatkan peringkat yang lebih baik dan secara drastis trafik mereka melejit  .

Selebihnya... Ini hanya argumen saya saja . Benar tidaknya anda punya tanggapan sendiri , Saya cuma mencoba untuk berbagi informasi yang saya dapatkan dari berbagai website seo terkemuka .
Dan untuk perbaikan ketika anda menjadi salah satu korban fred , bisa baca artikel tentang Cara Menghadapi Algoritma Fred Untuk Kembalikan Trafik


23 komentar

Duuuhhh... Harus beres-beres artikel lagi ini...
Artikel diblog saya juga banyak yang kurang relevan terkait related link, akhirnya jatuh nyungseb dari pageone hiks...

Untung saja saya sudah menerapkan link internal dan eksternal,walaupun tidak berpengahruh terhadap traffic,tapi saya percaya bahwa hal itu sudah relevan dan sudah ada artikel saya yang masuk page two(syukurin saja).Walaupun dulu masuk 10 besar saja sulit sekali.

Ane blognya jadi banyak pengunjung om tapi Amerika banyaknya tapi beda sedikit sihh sama Indonesia

wah ini saya udah dapat imbasbya n trimakasih atas penjelasanya akan segera ane perbaiki mz bro n mau tanya bila blog dummy yang sudah ada sebaiknya apa di hapus ya semua artikelnya karena selama ini belum banyak vewnya..?

Gak perlu dihapus artikelnya, dibenahi aja dan lepas link yang anda pasang bro..

misalkan nih ya.. saya buat artikel bahas "film wonder woman". nah di artikel film wonder woman ini saya kasih link internal menuju ke artikel "pemeran wonder woman". berarti yang bakalan naik serpnya yng artikel "pemeran wonder woman" gitu ya om buat hadapin algoritma google fred ?

Keduanya akan memiliki poin sama .
Film wonder woman akan naik peringkatnya karena memberi link " Referensi " Ke pemeran wonder woman yang kemudian menjadikan artikel kedua ikut naik karena potensi mendapatkan klik sebab orang mau tahu siapa pemerannya fil itu .

Tapi, secara detailnya bahwa nilai relevansi yang berperan penting .

Masa artikel tentang film mau ngoper link menuju ke artikel
Baca juga : Penyebab televisi anda rusak
walaupun wonder woman tersebut ditonton lewat tv .

Banyak blog ane yang kena si fred ini.

Apa popular post juga termasuk artikel yang dianggap tak terkait?

Kalau related link di widget, berpengaruh tidak?

Widget related link hanya istilah untuk widget tersebut . Untuk optimasinya, tidak perlu dihapus, mungkin menyatukan semua artikel anda kedalam label yang relevan saja sudah cukup .

ane kena tendang google gegara kebanyakan blog dummy, wkwkwk

owh oke2.. 1 pertanyaan lagi om diantara kedua ss ini menurut om yang lebih relevan yang mana?
1. http://prntscr.com/elc7es
2. http://prntscr.com/elc7mr
note : ss no 1 saya kasih link ke label bukan ke artikel
ss no 2 saya kasih link langsung ke artikelnya.
mohon jawabannya om hihi

Sebaiknya gunakan yang pertama .tapi linknya ke artikel . Kalo mau make link label maka anchornya pakai nama label dan biar pengunjung gak bingung buatkan kalimat bahwa itu adalah label. Intinya jaga relevansi, kenyamanan pengguna yang utama .

saya selaku korban algoritma, sedih juga lihat trafik, tapi setelah baca artikel ini, saya menjadi sedikit bersemangat lagi menaklukkan FRED, thanks omblogging

oke makasih om pencerahannya :)

pantesan blog saya turun om . thanks atas infonya .. tapi saya mau nanyak om ?? blog saya itu visitornya sekarang naik turun om, apa lagi setelah ada peraturan baru ini .. nah perasaan artikel saya baik2 saja om hanya saja pada saat saya posting saya kasik link baca juga ke artikel sebelumnya tapi dalam bahasan yg sama om apa itu juga bermasalah ??

Penyebab visitor naik turun tidak selamanya karena algoritma fred ini . Apalagi Anda sudah merasa bahwa tidak ada hal yang meragukan . Jadi, tidak boleh segera salah tanggapan . kecuali trafiknya turun drastis baru bisa ambil kesimpulan

Aku yo meluan kena om Fred. Sedih rasanya lihat trafik jadi turun drastis. Padahal sebelumnya, meski tidak update artikel, kunjungan tetap berada pada angka 300an. Ini mah sangat menyedihkan 😂

Pantesan om...blogku pv_nya naik tiga kali lipat...makasih Fred

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

EmoticonEmoticon