Belajar SEO: Teknik Seo Lengkap Untuk Pemula

Apakah anda lagi mencari tutorial belajar seo  Lengkap dan paling mudah dimengerti.. ?

Anda sudah berada pada tempat yang tepat.

Karena disini saya mau beritahukan secara lengkap panduan belajar seo yang bagus untuk pemula.

Ini akan sedikit susah namun harus dipelajari,sebab sudah menjadi kebutuhan pokok bagi para pemilik website.

Tak lain dan tak kurang agar trafik website milik anda bisa terus meningkat, agar visitor organik selalu bertambah.

Percaya saja panduan ini akan mudah anda pahami sekalipun anda seorang pemula.

Dan disini saya coba paparkan 11 tenik seo paling sangar yang dilakukan dalam isi artikel.

Kata lainnya ini adalah teknik seo on-page.

Sebuah teknik seo yang jarang sekali orang share secara lengkap.

Dan jika anda lakukan dengan benar sesuai dengan panduan yang ditutorialkan dalam postingan ini maka untuk menjadi nomor 1 di google tidaklah lagi menjadi susah.

Ada sebagian pemilik website diluar sana mengatakan " Tidak Usah Belajar Seo ". Saya yakin orang yang mengesampingkan seo pasti pengunjung yang menuju ke websitenya 99% Berasal dari sosial media.

Memang tidak ada ketentuan melarang anda membangun visitor yang berasal dari sosial media, bahkan beberapa marketer dunia menyarankan hal tersebut Namun pengunjung organik yang datang dari search engine tetap saja menjadi pilihan utama bagi para pemilik website.

Seo masih saja menjadi pilihan yang paling utama untuk anda.

Belajar SEO: Teknik Seo Lengkap Untuk Pemula

Belajar Seo


Satu-satunya agar website anda bisa trafiknya meningkat secara drastis dan juga website anda bisa mendapatkan pengunjung organik yang banyak maka Anda harus belajar seo untuk website Anda.

Seo bukan sebuah cara melainkan sebuah teknik yang seharusnya Anda kuasai.

Tidak perlu terlalu lengkap, setidaknya mengenal inti pentingnya saja sudah sanggup mendongkrak rangking website yang Anda miliki.

Apalagi jika memang Anda menggeluti dan terus mengembangkan teknik seo tersebut.

Untuk Pemula, Rasanya memang aneh ketika kita fokus pada bahasa " Belajar seo " Karena hal seperti ini tidak pernah dipelajari semasa sekolah.

Tapi, diluar itu, Ini perlu diketahui dan semakin dipelajari.

Jadi jika Anda bertanya bagaimana bisa mendapatkan banyak pengunjung organik ?

Maka satu satunya cara adalah terus belajar seo.

Tapi, Kita juga harus Hati Hati Dengan Cara Seo Yang Salah , Tahun 2018 dimana tahun sekarang ini algoritma mesin pencari kian hari makin ketat aturannya.

Salah sedikit website Anda tidak akan menghasilkan apa-apa.

Lansung saja....

Untuk bisa memaksimalkan hasil dari belajar maka sejak dini Anda harus membiasakan diri untuk dapat mengerti tentang maksud dan kemauan dari mesin telusur itu sendiri.

Itu langkah awalnya...

Oleh karena itu..

Pelajaran yang perlu diperhatikan untuk mengenal SEO lebih jauh adalah 2 poin ini :
  1. Mengerti search engine dan..
  2. Lakukan pada luar dan dalam website Anda.
Hanya dua poin itu saja sudah cukup memadai untuk mengawali Anda untuk megerti fungsi seo serta mengerti tekniknya secara khusus yang berujung Anda akan sangat mudah memahami apa maunya search engine.

Dulu saya pernah berbagi tentang Teknik Menggunakan Keyword Pada Title Postingan , Belajar Seo Blogger.

Itu salah satu strategi seo yang sederhana namun hasilnya powerfull.

Salah satu cara optimasi standar Sebagai awalan yang perlu diketahui bahwa Mesin telusur akan merayapi website Anda ketika mesin pencari sedang bekerja. Bagaimana cara kerjanya..???

Cara kerja mesin pencari adalah mencari relevansi, kesamaan dengan apa yang diketikkan orang.
Query penelusuran.

Karena itu, untuk mempertahankan kemampuan belajar Anda mengenai SEO maka teknik ini juga harus terus dikembangkan.

Oleh karena itu wawasan Anda ditambahkan dengan belajar teknik SEO khusus pemula sebagai berikut :

1 )  Pelajari Apa Kebutuhan Manusia

Untuk mendapatkan hasil serta nilai plus yang baik maka terlebih dulu Anda harus mempelajari apa yang menjadi kebutuhan manusia.

Hasil dari pelajaran ini dibentuklah sebuah teknik mencari tahu apa yang sering dilakukan orang terhadap mesin pencari dan teknik tersebut disebut juga sebagai "Use the google trends to explore " Atau gunakan google trends explore.

Karena dengan menggunakan tools gratis dari google tersebut Anda bisa mengetahui apa saja yang paling trending saat ini hingga 5 tahun terakhir.

Jika sudah mengetahui apa yang trending maka Anda juga tahu apa kebutuhan manusia yang paling banyak saat itu.

Jika bisa mengetahui lebih banyak lagi maka target Anda untuk mendapatkan banyak pengunjung juga bukan lagi menjadi hal sulit karena seo memang tujuannya untuk mendapatkan pengunjung yang banyak.

Sekarang....

2 )  Kenali Lebih Jauh

Sekarang tugas Anda adalah mengenal lebih jauh kebutuhan manusia ini .

Apa maksudnya ?

Inilah yang dimaksud dengan teknik riset keyword  adalah Sebuah usaha untuk lebih dalam lagi memahami, mengetahui bahwa diluar sana ada sejumlah orang yang melakukan pengetikan/ pencarian pada mesin telusur.

Fungsi lebih pastinya adalah untuk bisa mengetahui sebuah kata kunci yang memiliki berapa persen sering dicari orang dan juga Anda sebagai pemilik website bisa menentukan untuk menggunakan kata kunci tersebut atau tidak sebab menggunakan kata kunci yang jarang digunakan oleh pemilik website lain adalah cara terbaik.

Artinya, semakin sering kata kunci tersebut digunakan orang-orang tentu persaingannya menjadi ketat dan akan susah untuk Anda mengoptimalkan target Anda nantinya.

Cara melakukan riset keyword menggunakan tools online. Yang paling mumpuni yakni dengan menggunakan tools milik google yaitu google adword research keyword.

Tapi jika anda mau melakukan riset keyword tanpa menggunakan tools maka pilihannya bisa anda coba pada artikel Teknik Mengolah Kata Kunci, Cara Sederhana Riset Keyword Tanpa Tools

3 )Optimasi Kata Kunci

Setelah menemukan kata kunci yang pas maka langkah selanjutnya adalah mengoptimalkan kata kunci tersebut.

Langkah ketiga ini disebut juga sebagai optimasi SEO pembuatan judul artikel.

Optimasinya ada beberapa macam namun bisa dikominasikan.

Silahkan dipelajari satu satu dan jika sudah paham maksud keduanya bisa di kolaborasikan hingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Beberapa panduan yang pernah saya bagikan diantaranya
  1. Satu Judul Artikel Banyak Kata Kunci , Keyword Abstrak , Target Pageone 
  2. Hal Penting Diperhatikan Jika Anda Mau Membuat Judul Artikel 

4 )Menyebar Kata Kunci

Teknik berikutnya adalah menebar kata kunci di segala tempat yang potensial.Bisa dilakukan dengan banyak cara.

Agar lebih maksimal Anda bisa menambah wawasan Anda mengenai strategi SEO ini.Dengan belajar dengan bijaksana saya yakin akan mendapatkan nilai plus kemudian hari.

Untuk panduannya bisa Anda temukan pada artikel Cara menyebar keyword.

Pada Artikel itu isinya memandu Anda dalm teknik menggunakan keyword yang baik sesuai dengan pemahaman omblogging.

5 ) Strategi Internal Link

Internal link digunakan bukan tujuan untuk mengakali laman demi laman tapi lebih kepada menavigasikan penggguna agar laman lain dikunjungi.Arti lebih pas untuk teknik internal link adalah menjelaskan 1 buah artikel dalam artikel itu sendiri.

Seperti yang saya lakukan dalam artikel ini mengarahkan Anda untuk mempelajari beberapa teknik SEO lainnya dengan menyematkan link untuk Anda kunjungi.

Ketika laman lainnya Anda kunjungi maka poin akan diberikan pada artikel induk yang mengoper link ke halaman lainnya dengan begitu halaman lainnya juga akan terdongkrak page viewnya yang kemudian posisinya akan semakin baik di serp.

Ini penting dan itulah Alasan Mengapa Anda Harus Mempelajari strategi Internal Link

6 ) Optimasi Penggunaan Gambar

Optimasi gambar juga perlu diterapkan untuk melengkapi dalam belajar teknik SEO pemula kali ini.Optimasi dilakukan karena pada mesin pencari bukan telusuran untuk mencari text saja didalam sebuah website, namun juga pencarian dalam bentuk gambar, Misalnya seperti ini
Untuk mencari Frase yang cocok

Untuk mencari frase yang cocok dengan hasil pengetikan pada search engine.

Kemudian, optimasi untuk gambar berikutnya adalah memberi nama file ( Bisa sama dengan judul ) dan mengisi alt dan title sehingga frasenya bisa cocok dengan hasil pengetikan. Bisa lihat dibawah :
Contoh title dan alt

Contoh title dan alt pada gambar seperti itu. sama dengan dibawah ini ketika saya mau mengisi alt dan title untul gambar yang ada tulisan panah arjuna diatas..

compres image agar blog menjadi ringan

Dan selebihnya melakukan compres image terlebih dulu supaya size gambar tidak terlalu besar agar loading blog Anda menjadi ringan.

7) Penggunaan Tag Heading

Penggunaan tag heading lebih mudah dipahami ketika Anda mengartikannya sebagai judul kedua. Anak judul, Judul kecil. Tag heading digunakan biasanya untuk membedakan mana unsur utama dari artikel setelah judul utama dan digunakan untuk poin poin penjelasan.

Untuk bisa menavigasikan pengguna
Untuk bisa lebih mudah memahami perhatikan saja sebuah ebook disitu Anda dituntun dengan poin penjelasan sesuai dengan urutan agar pembaca mudah mengerti urutan tutorial dalam ebook itu sendiri.

Bisa juga melihat contoh Dalam artikel ini  dengan memperhatikan kata  " Teknik " yang ter urut mulai dari 1 - 11 poin karena memang artikel ini harus menjelaskan 11 poin karena judul utama mengatakan bahwa ini adalah panduan SEO untuk pemula.

Jadi lebih mengartikan bahwa kita menavigasikan pengguna atau mengarahkan pengguna mengenai apa saja yang perlu mereka lakukan.

8 ) Otimasi Label Blog

Label blog juga dikenal sebagai kategori untuk artikel yang dibuat saat itu.

Untuk mendapatkan hasil terbaik dari upaya Anda melakukan teknik SEO ini sebaiknya label blog di buat 1 jenis saja sesuai dengan apa yang Anda bahas.

Artinya artikel tersebut ditampung yang memiliki relevansi sama kedalam 1 label.

Misalnya, Anda membahas mengenai aplikasi maka labelnya isi di aplikasi namun jika aplikasi tersebut harus di download maka keputusan Anda memilih antara label aplikasi ataupun download.

Ini dimaksudkan agar artikel Anda nantinya saling terkait satu dengan yang lainnya.

9 ) Permalink

Biarkan bot merayapi dan mengenal lebih dalam makna isi artikel Anda.

Beritahukan bahwa Anda membuat sebuah link dan link itu lebih fokus dengan mengisi 2 - 3 kata paling penting dari keseluruhan isi artikel yang Anda buat.

Kata lain adalah Anda menggunakan kata kunci utama pada link yang Anda buat, bukan keseluruhan judul.

Agar lebih bisa memahami mengenai permalink ini silahkan baca tekniknya pada artikel berikut tentang Cara Mengatur Permalink Artikel Blogger

10 ) Deskripsi Blog

Pada artikel sebelumnya saya pernah mengupdate beberapa info mengenai penggunaan deskripsi yang baik ketika Anda sudah selesai dan siap mempublish satu artikel yang Anda buat.

Bahwa pada dashboard blogger pengaturan deskripsi penelusuran sebaiknya Anda aktifkan lalu kemudian kotak deskripsi penelusuran untuk 1 artikel selalu di isi dengan baik.

Tips untuk ini adalah mengisi deskripsi penelusuran :
Ambil setidaknya beberapa kalimat yang paling penting untuk memberitahukan calon pengunjung dan mesin telusur mengenai isi keseluruhan dari artikel Anda.
Ketika deskripsi tersebut dapat lebih jelas dipahami maka Anda memiliki nilai poin plus.

11 ) Dan Yang Terakhir Untuk DasaR SEO Pemula - Konten Pilar

Ini adalah teknik terakhir untuk stAndar belajar SEO pemula. Bukan diartikan bahwa setelah memahami ini Anda sudah finish mengenal SEO.

Itu belum. SEO harus terus dikembangkan sesuai dengan algoritma yang berlaku.

Dan 11 teknik ini hanya secuil dari strategi sei yang ada.

Ini hanya untuk teknik dasarnya saja.

Namun Anda bisa melihat perubahannya secara signifikan ketika Anda serius menggeluti dunia blogging.

Tips terakhirnya adalah membuat konten Anda menjadi konten pilar artinya, 1 konten di dukung oleh 10 konten lainnya.
Ada 2 keuntungan disini..
  1. Konten pilar akan kuat di serp
  2. Artikel Anda bertambah karena harus membuat 10 artikel lainnya 
Jadi, Membuat konten pilar akan membawah berkah untuk masa depan artikel Anda di kemudian hari.

Dan ingat... yang kita pelajari kali Ini hanya secuil dari teknik SEO yang ada.

Masih ada banyak yang perlu dikembangkan setelah Anda sudah bisa paham 11 panduan diatas. misalnya, mencari backlink dofollow berkualitas.

Dan tentunya Anda bisa dapatkan update pengetahuan SEO berikutnya, salah satunya mendongkrak artikel lama yang tidak bisa pageone menjadi pageone,   hanya pada omblogging.
~~ To Be Continue....

Related Posts

43 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Emoticon Emoticon

.

Lengkap dan jelas apayang disampaikan diatas nih OM, selaras dengan apayang saya butuhkan sebagai pemula di blog tehnik-tehniknya mengenai Optimasi SEO sangat menarik, dari semua trik SEO dan uraian jadi tambahan ilmu berguna buat saya untuk ngeblog terimakasi atas semua yang telah Penulis sampaikan. Sukses selalu..

Balas Hapus
.

Salam sukses balik mas warman dan ucapan terima kasih balik juga sudah meluangkan waktunya untuk memberikan komentar yang berkesan sekali untuk saya .Komentar ini Semakin memicu saya untuk lebih lagi berbagi tentang teknik seo berikutnya yang bisa dipelajari bersama .

Balas Hapus
.

Bingung mau komen apaan hiks...
Yang Penting udah tak save buat pegangan hidup dalam dunia blogging...
Maturtengkyu om... 😂😂😂

Balas Hapus
.

Tidak usah bingung bro . Bilang aja makasih om ganteng.. hehehe :D :D :D

Balas Hapus
.

Rasanya banyak sekali yang harus berguru sama blog yang satu ini, dari cara menerap kata kunci dalam artikel hingga panduan lengkap teknik SEO yang harus benar benar dipahami oleh blogger seperti aku. Rasanya ingin berguru secara langsung agar blog yang sedang aku upgrade bisa mengikuti jejak blog ini. Jadikan aku sebagai murid mu

Balas Hapus
.

Mata lhoong,hi bro.. makasih buat feedbacknya . Ada rejeki dan jika jodoh kita bakal ketemu dan saling berbagi . Saya juga masih butuh banyak pengetahuan dan yang diatas hanya secuil saja dari beberapa teknik seo yang ada...
sukses buat anda yah ..

Balas Hapus
.

dari ke 11 poin itu memang penting, tapi kalau dibaca saja dan enggak diterapin gimana dong?

Semangat belajar SEO seharusnya poin no 1, hehehe

Balas Hapus
.

Yah, kenali dan pelajari lalu terapkan .

Balas Hapus
.

Saya sejak tahun 2009 ngeblog tapi kok gak mudeng2 SEO..kalah sama mastah2 muda...hehehe

Balas Hapus
.

2009 ? Itu sudah terlalu lama. saya juga mulai ngeblog sejak 2005 bro sempat vakum pada tahun 2011-2013 karena tahun itu belajar seo sangat susah . Tapi semua menjadi bisa ketika kita mau belajar . :)

Balas Hapus
.

Saya sekarang sedang mengotimasi gambar.. kebetulan masih sedikit jadi mendingan yang kalo udah banyak lumayan repot.. biasanya saya nulis alt disamakan sama judul post karena lihat dari blog-blog lain.. ternyata sekarang saya paham maksud dari itu, bahwa ALT adalah penyambung tulisan dibawah.. *cheers

Balas Hapus
.

Gak ngerti sih gan ane... tp bagus artikel nya ane coba lah gan makasih yah infonya

Balas Hapus
.

Risetna itu loh yang bikin saya melongo karena melihat artike bagus milik omblogging maju terus dan tambah bagus aja ini blognya kang omblogging

Balas Hapus
.

Riset keyword gak susah kawan, udah dibuatkan artikelnya beberapa waktu silam. silahkan menyelam gunakan fasilitas search yang ada dalam blog ini . selebihnya makasih dan luangkan waktunya untuk berkomentar yah . sukses buat Anda

Balas Hapus
.

makasih mas atas ilmunya
ini sangat membantu sekali...

Balas Hapus
.

Bingung du penggunaan tag heading om
Mohon bantuannya

Balas Hapus
.

Sudah pernah di buatkan artikelnya bro, silahkan gunakan search box dan ketik cara menggunakan tag heading

Balas Hapus
.

Pemaparan yang lengkap dan mantaap buat agan yang satu ini...g pernah di ragukan lagi untuk ilmu seonya.
Penjelasan di atas sangat rinci dan di realisasikan untuk pemula sekalipun mudah d pahami..
terimakasih untuk keterangannya gan.

Balas Hapus
.

Seep bro, makasih buat komentarnya.
sukses buat Anda

Balas Hapus
.

artikel nya sangat bagus dan lengkap, mudah untuk di pahami untuk blogger pemula seperti saya. Banyak artikel yang saya pelajari di blog ini.

Balas Hapus
.

Wah mantap nih,, ijin praktek kang 😁

Balas Hapus
.

Oke mba sekar, silahkan di praktek. Jika sudah pelajari trik seo pada artikel ini dan sudah masuk ke halaman 1 google, jangan lupa berkunjung ke mari yah dan beritakan kabar baiknya :D

Balas Hapus
.

banyak juga ia ternyata hal yang harus di mengerti agar konten kita masuk halaman pertama om google, semoga apa yang ane baca barusan ini bisa masuk di nalar ane sertabisa mempraktekkan dengan baik supaya blog yang ane kelola juga ngehit kayak punya om, suwun atas informasinya yang telah diberikan. salam

Balas Hapus
.

Om Blogging emang keren, Thanks for sharing! Izin bookmark untuk dipelajari dan diterapkan :) :) Terima kasih banyak om ganteng:)

Balas Hapus
.

Amin...silahkan di terapkan dan saya yakin setelah anda belajar seo pada panduan yang ada dalam artikel ini maka nantinya konten anda bisa masuk halaman 1 google.

Balas Hapus
.

Terima kasih buat pujiannya. silahkan bro di bookmark dan diterapkan. Selamat belajar seo yah...

Balas Hapus
.

Hey pendigames, terima kasih sudah menjadi pembaca setia. salam sukses yah

Balas Hapus
.

Tidak banyak yang mampu menulas tuntas untuk tips dan cara agar menjadi lebih baik khususnya di dunia bloging,, di situs ini saya menemukan keiklasan dalam berbagi sehingga mudah sekali untuk di pahami dan di mengerti orang awam seperti saya thanks mas ian. sukses selalu

Balas Hapus
.

Thanks mas ian....artikelnya sangat membantu...
freenet2015.blogspot.com

Balas Hapus
.

mantap sangat membuka wawasan

Balas Hapus
.

Setelah saya membaca konten belajar seo milik omblogging ini, saya sekarang sudah paham sedikit tentang seo dan cara-cara yang harus dilakukan untuk memaksimalkannya. Berkat ini, alhamdulillah blog saya mulai meningkat ranknya di mesin pencari. makasih omlogging

Balas Hapus
.

OM..keren banget isinya..sering pejwan nih blog :)

Balas Hapus
.

Mantaaap ini tekhniknya bisa saya coba

Balas Hapus
.

Gak nyangka jika tingkat kesulitan sampai sedalam itu, saya kira hanya menulis yang baik dan benar serta bermanfaat, setelah terjun kedunia ini,, banyak sekali yang harus dipelajari,salah satunya teknik seo ini...
terimkasih Om.

Balas Hapus
.

Blog yang sangat pintar dalam pencari pengunjung dan saya jadikan homepage pembuka browser

Balas Hapus
.

Mas mau tanya nih, kenapa ya artikel blog saya susah muncul di halaman pertama Google yang padahal artikel saya ini judulnya termasuk dengan kata kunci panjang dan unik karena gak ada artikel lain yang judulnya sama?
Padahal jika saya lihat sepertinya penulisan saya sudah bagus dan baik.

Terima kasih

Balas Hapus
.

Dalam dunia seo penulisan yang baik bukan berarti sudah menjadi artikel yang bagus.

Disini kata bagus itu dikategorikan.

Baguskah untuk dibaca atau bagus untuk search engine.

Mengenai mengapa judul artikel anda tidak ditemukan dihalaman satu, apakah menurut anda judul artikel yang anda buat sudah serelevan dengan penjelasan yang ada dalam artikel ?

Sebab mesin pencari menjelajahi query yang saling relevan.

Jadi disini coba perhatikan lagi, apakah judul artikelnya susah sesuai dengan apa yang anda bahas ?

Balas Hapus
.

Sepertinya sih sudah semua om. Mungkinkah pengaruh domain saya yang .net, soalnya sekarang langka banget lihat blog dengan domain .net mangkring dihalam utama google. Dan ketika saya membuat artikel di domain .coma atau .blogspot itu mudah banget dapat page 1 di Google. Atau karena lainya. Mohon bimbinganya om.

zanify . net

Balas Hapus
.

ya betul sekali saat saya awal nge blog saya gamau belajar seo karena menurut pemikiran saya pengunjung dari sosial media pun sama saja tapi sekarang saya paham mengapa perlu belajar teknik seo. terimakasih atas pencerahanya

Balas Hapus
.

Terima kasih kembali karena sudah berkunjung, sukses buat anda

Balas Hapus
.

mantab hu, nambah 2 ilmu ;v mwehehehehe

Balas Hapus
.

Awal mula belajar seo dari mas ian pemilik omblogging. Sangat berterimakasih kepada beliau,dan salam sukses selalu semakin jaya om blogging :)

Balas Hapus