2017/03/30

Blog Harus Dirawat Agar Trafik Tidak Turun , Penting !

Memiliki sebuah blog bukan hanya sekedar mempercantik tampilannya saja lalu kemudian kita sudah merasa bahwa kita sudah merawat baik blog yang kita kelola selama ini . Untuk satu ukuran blog yang dikatakan perawatannya memadai maka visitor , Trafik , yang menjadi tolak ukur . pasalnya , dengan visitor yang berlimpah maka blog tersebut pun baru bisa dikatakan sukses , itu karena kita merawat blog tersebut dengan serius .
Nah, akhir-akhir ini ada begitu banyak blog yang trafiknya terjun bebas alias turun drastis Itu dikarenakan perawatan blog tersebut kurang memadai . Kenapa saya katakan demikian ? karena seiring perkembangan algoritma google yang kian hari kian mencari relevansi konten pada setiap blog maka google memberlakukan sebuah ketentuan dan ketentuan ini berbentuk algoritma , tapi kita selaku pemilik blog tidak pernah memperhatikan itu bahkan kita menganggap hal itu biasa-biasa saja , Padahal dengan mengikuti perkembangan algoritma mesin pencari lalu kita melakukan perubahan dan perbaikan pada blog yang kita miliki baru dianggap sebagai keseriusan merawat blog . Dan ini perlu, ini penting , semua ketentuan itu harus dituruti agar perkembangan blog yang kita miliki tetap aman jaya sentosa.
Disini, selalin mau berbagi tips merawat blog yang baik saya juga akan berbagi sedikit tips mengatasi algoritma google yang membuat trafik blog anda turun drastis dan semoga dengan trik ini bisa mengembalikan trafik anda kembali seperti semula dan mengingatkan kita agar jangan mengulang kesalahan yang sama .
Baik, untuk menambah wawasan anda saya sajikan sebagai berikut

1 ) Hapus Semua Link Error

Langkah awal untuk menjaga tidak menurunnya trafik blog maka anda harus memeriksa satu persatu data link error yang ada dalam blog milik anda. Ini harus karena google mencari sebuah informasi dan ketika informasi yang dirayapi adalah konten crash atau linknya rusak maka potensi dampaknya akan sangat buruk bagi kesehatan blog anda.
Ciri-ciri untuk mengetahui bahwa blog anda memiliki banyak link error bisa dilihat dari webmaster tools . Jika modelnya seperti ini
ada link error

Maka blog anda banyak link errornya
Dan jika modelnya seperti ini
Aman dari link error

Maka blog anda aman dari link error karena semua suskes terindex dengan rapi .
Nah, untuk memeriksa sekalian mengatasi link error  Anda bisa temukan wawasannya pada tautan berikut : Cara Cek link error atau link rusak pada blog dengan mudah

2 ) Kurangi Link Internal

Terkadang karena terlalu serius dalam mengupayakan kenyamanan pengguna sehingga kita mengoptimasi link demi link yang akan mengarahkan pengguna ke halaman lainnya kita ikut lupa bahwa link yang kita gunakan terlalu banyak . saking banyaknya kita juga ikut lupa bahwa link yang kita sajikan adalah link yang tidak relevan yang mengarah keartikel lainnya . Untuk itu , Disini Anda harus meluangkan waktu anda untuk bisa lebih fokus pada pengurangan link internal . Silahkan dihapus link yang dirasa tidak memiliki relevansi dengan artikel yang sedang dibahas . Nilai relevansi antara artikel 1 ke artikel lainnya sebaknya dijaga. jika ada yang keluar jalur dari pembahasan baiknya dihapus saja atau diganti degan ink artikel yang lebih relevan.

3 ) Perhatikan Konten Yang Baru Anda Terbitkan

Melakukan update setiap hari memang sangat dianjurkan . Pasalnya , jika blog memiliki banayk konten tentu juga akan kaya dengan text . Namun karena terlalu serius melakukan update artikel terkadang kita membuat kesalahan . Biasanya karena menggunakan kata kunci yang persaingannya terlalu ketat atau karena kita membahas artikel yang tidak sesuai dengan judul sehingga pembahasan dalam artikel tersebut ngambang yang kemudian nantinya tidak akan dianggap sebagai konten yang informatif . Untuk mengetahui hal tersebut anda bisa melihat pada statistik counter blog anda, Jika ada penurunan perhatikan kapan mulai terjadi , tanggal berapa lalu cocokkan dengan konten yang anda publikasikan sesuai dengan tanggal tersebut . Contohnya seperti yang ada pada gambar ini
Trafik turun pada tanggal 24-25-26 maret
Trafik turun pada tanggal 24-25-26 maret , Maka langkah perawatan yang anda harus lakukan adalah melakukan perbaikan ( edit ) Pada artikel yang anda terbitkan pada tanggal tersebut karena sudah pasti bahwa kesalahan yang membuat trafik blog anda menurun ada pada tanggal tersebut . Adapun perbaikan yang bisa anda lakukan adalah dengan mengganti nama judul menggunakan kata kunci yang lemah dan juga mengubah permalinknya kemudian menghapus semua link yang ada dalam artikel tersebut .

4 ) Hapus Script Iklan Popup

Pada agustus tahun 2017 google memberlakukan agar semua pemilik blog harus ( Wajib ) Memperhatikan kenyamanan pengguna lebih baik lagi . ini harus dan tidak boleh tidak atau website anda akan mendapatkan penalti . Salah satu yang membuat pengguna tidak merasa nyaman karena adanya script iklan yang meredirect atau mebuat halaman terbuka dengan sendirinya . Untuk itu , agar blog anda tidak didepak oleh google sebaiknya anda melepas semua jenis iklan yang meredirect atau membuak halaman ( Popup ) dengan sendirinya .

5 ) Buat Blog Anda Semakin Ringan Dan Bersahabat

Dan lagi lagi kenyamanan pengguna harus diutamakan . Gunakan template ringan  responsive dan mobile friendly dan juga warna yang natural  , jangan menggunakan widget terlalu banyak , Gunakan java script seadanya , dan jangan terlalu banyak melakukan over optimasi seperti merubah struktur data tag heading. Cukup apa saja yang pertama kali anda gunakan biarlah itu yang terbaca seterusnya oleh google dengan begitu blog anda akan semakin dikenal secara baik oleh mesin pencari .
Oke ? hanya itu saja yang menurut omblogging cara merawat blog agar trafik yang tadinya turun drastis bisa kembali normal lagi .

~~ Selamat Memelihara Blog Anda.

1 komentar so far

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

EmoticonEmoticon