2017/03/30

Loading Blog Sangat Lambat ? Ini Dia Penyebabnya !

Ketika mau mengutamakan kenyaman pengguna maka hal utama yang perlu diperhatikan lambatnya loading blog milik kita. Apa jadinya ketika seorang pengunjung yang berencana mau mengunjungi halaman milik kita lantas dihadapkan dengan loading yang sangat lama bukannya menunggu halaman tersebut hingga dapat terload dengan sempurna justru malah pengunjung tersebut akan lebih memilih menutup laman milik kita karena anggapan mereka bahwa " Blog Ini Hanya Menghabiskan Kuota Data Saja " Nah, ini yang harus diperhatikan oleh para pemilik blog bahwa kenyamanan pengguna yang nomor satu harus diutamakan adalah cepatnya proses loading satu halaman dalam blog masing-masing.
Perlu diketahui bahwa sejak algoritma google terus dikembangkan dimana kenyamanan pengguna terus selalu dikembangkan maka google menyarankan agar setiap pemilik blog mengutamakan cepatnya proses satu halaman . Salah satu bukti bahwa google tidak main-main dengan masalah ini bisa dilihat pada menu tema baru yang disediakan oleh google pada dasboard blogger anda . Ada banyak disediakan tema baru dan semuanya memiliki struktur faster load .
Maka dari itu selalu utamakan kecepatan blog terlebih dahulu barus setelah itu mengupayakan kebutuhan pokok lainnya . Apa jadinya jika artikel yang anda buat tidak mendapatkan banyak pembaca karena hanya masalah loading blog yang sangat lambat . Sudah susah-susah menyajikan informasi menarik tapi tidak mendapatkan pembaca . Maka dari itu selalu mengutamakan kecepatan loading halaman blog anda.
Loading blog pun dibagi beberapa standar yang dianggap sudah ideal , diantaranya :

  1. 0,4 - 1 detik ( Sangat Cepat )
  2. 1- 4 detik ( Lumayan Cepat )
  3. 4- 6 detik ( Lumayan )
  4. 6-10 detik (Termasuk Lambat )
  5. 10 - 20 detik ( Sangat Lambat )

Dan kita bisa mengetahui kecepatan loading tersebut melalui situs gmetrix yang memang diperunttukkan bagi pemilik website maupun blog untuk mengetahui seberapa cepat loading halaman blog yang dimiliki .
Cek di gmetrix loading blog

Oleh karena itu ketika anda mendapati kasus dimana blog anda loadingnya sangat lama alias sangat lambat maka sebelum melakukan perbaikan terlebih dulu anda memeriksa apa saja penyebabnya sehingga loading blog anda menjadi sangat lambat . Nah, disini saya mau berbagi penyebab kesalahan struktur template yang anda gunakan sehingga template anda loadingnya minta ampun , sekalian juga berbagi sedikit tips untuk mengatasi hal tersebut dan wawasan anda ditambahkan sebagai berikut :

1 ) Terlalu Banyak Menggunakan Widget

Memang untuk memanjakan para pengunjung juga menjadi hal pokok namun terkadang cara menyajikan apa yang dimaksud memanjakan ini bisa menjadi boomerang bagi blog itu sendiri . Misalnya begini , Anda berkeinginan menyediakan system navigasi yang baik untuk pengguna sehingga anda menggunakan banyak widget , Bukannya memanjakan pengguna justru membuat pengguna merasa linglung, bosan, loading lama karena hal ini :
  1. Banyak widget loading lambat
  2. Merusak pemandangan dalam blog itu sendiri
  3. Pengunjung pusing mau pilih yang mana
Sehingga hasilnya tidak memanjakan justru membuat pengunjung kabur .
Coba gunakan 1 widget saja yang memiliki multy fungsi . Kemudian jangan gunakan widget yang tidak begitu penting .

2) Size Gambar Terlalu Besar

Gambar yang digunakan dalam blog juga harus dioptimalkan. Bukan karena gambar itu menarik lalu anda juga ikut tertarik untuk anda gunakan pada artikel anda  .
Untuk mengoptimalkan sebuah gambar yang nantinya mau anda gunaka bisa lakukan dengan 2 cara ini :
  1. Crop ( Potong Gambar )
  2. Compress Gambar
Berhubung pilihan nomor satu mengurangi kualitas utuhnya sebuah gambar maka pilihan nomor 2 menjadi alternative yakni mengcompres gambar . Diluar sana ada begitu banyak situs penyedia compres gambar secara gratis yang bisa anda gunakan . Coba anda pilih satu yang terbaik .

3 ) Script Iklan Terlalu Banyak

Tidak dipungkiri lagi bahwa iklanlah yang membuat blog bisa mendapatkan penghasilan . dengan iklan yang menjadi sponsor untuk para pemilik blog menjadikan blog itu bisa mendapatkan uang namun karena iklan juga bisa menjadi boomerang bagi blog milik anda. terlalu banyak memasang iklan kedalam blog anda jelas akan membuat blog anda lambat loading .
Utamanya bagi para penayang iklan dari google dimana script iklan adsense menggunakna system java script , semakin banyak script yang dipakai akan semakin membuat blog anda proses loadingnya lama.
Untuk tipsnya : Coba gunakan 1 JS nya saja untuk memproses semua jenis iklan yang ada.

4 ) Template

Dan terakhir dari semua penyebab kenapa blog anda loadingnya bisa sangat lambat karena template yang anda gunakan bukan termasuk salah satu template seo friendly , bukan template yang bersahabat , Template yang anda gunakan banyak struktur datanya error seperti Java script yang tidak di defer terlebih dulu dan semacamnya sehingga membuat halaman blog anda sangat lambat . Oleh karena itu, coba pilih satu yang loadingnya cepat .
Saran saya gunakan saja template default blogger terbaru dimana speednya sangat maximum speed .

4 komentar

Tambah wawasan inih..bisa langsung cak cek cari tau penyebab blog ane lambat..kaya nya gara2 template nya pakainya ga yang premium..hahahha

Pakai template gratisan juga gak apa2 bro asal bisa diatur dengan baik pasti nantinya juga jadi kencang loadingnya

kalo omblogging ini pake template apa ya??

Saya pakai template simplifi buatan mba arlina design bro , simplifi versi 2

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

EmoticonEmoticon