2017/03/14

Persiapan Sebelum Meluncurkan Blog Baru

Memiliki banyak blog tentu sebuah modal besar bagi kita "Blogger" , Apalagi jika kesemua blog yang kita kelolah bisa berkembang dengan baik . Pasalnya, banyak blog banyak rejeki . Banyak tempat untuk mendulang pundi pundi dollar . Para publisher adsense tentu lebih paham persoalan ini . Tapi, mengurus banyak blog juga akan menguras banyak tenaga Anda , Dimulai mengatur isi dalam hingga isi luarnya .
Secara pribadi , Ketika saya membuat sebuah blog baru ada saja persiapan yang saya lakukan terlebih dulu sebelum meluncurkannya ke search engine dan persiapan inilah yang akan saya bagikan kepada Anda . Ketika persiapan untuk blog baru ini sudah selesai maka tugas anda berikutnya tidak akan susah lagi . Anda hanya tinggal mengisi konten saja setiap hari .

Persiapan Blog baru , sebelum diluncurkan ke mesin pencari akan dijelaskan dengan beberapa poin penting saja. Dan diantaranya sebagai berikut  :
  1. Template
  2.  Menu
  3.  Judul Blog
  4.  Kata Kunci
  5. Deskripsi Blog
  6. Deskripsi penelusuran
Agar blog baru tersebut lebih SEO dan Anda tidak akan susah lagi untuk mengurusnya setiap hari , hanya tinggal mengisi konten saja , Maka ke enam persiapan tersebut dijelaskan sebagai berikut .

1) Template

Pastikan anda sudah mempersiapkan 1 buah template yang menurut anda sudah sangat bagus .Untuk mendapatkan nilai plus dari mesin pencari maka anda sebaiknya jangan suka berganti-ganti template, makanya, sebelum meluncurkan blog baru anda terlebih dulu persiapkan sebuah template yang betul betul menurut anda sudah bagus dan tidak akan diganti -ganti lagi .

2) Menu

Setelah template blog sudah ada langkah berikutnya mempersiapkan daftar menu yang sesuai dengan kebutuhan anda tapi fokuskan juga untuk pengunjung . Anda bisa mulai dari membuat kebijakan blog anda seperti disclaimer,privacy policy , tos dan lain lain . Setelah itu beri link yang menuju ke laman tersebut ke daftar menu yang sudah anda buat tadi . Biasanya pada sebuah template sudah disediakan daftar menu, Anda hanya tinggal menggantinya saja . 

3) Judul Blog

Gunakan judul blog yang baik . Gunakan judul persis dengan kata kunci yang akan bahas nantinya pada blog anda . Jangan asal asalan supaya nilai plus dari mesin pencari juga akan lebih cepat mengenal blog anda . Jika url blog anda  www.contohsaja.blogspot.com maka judul yang paling baik adalah dengan menggunakan kata " Contoh Saja " bukan dengan judul blog lain .

4) Kata Kunci

Kata kunci juga menjadi salah satu bahan periapan dan paling pokok ketika anda mau meluncurkan blog baru . Untuk menggunakan kata kunci ini ditempatkan pada meta tag yang ada didalam template anda. Misalnya...
 <b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<meta content=' Kata Kunci Disini ' name='keywords'/></b:if>
Dan untuk mendapatkan kata kunci yang baik untuk blog baru anda, Anda bisa menggunakan 3 buh pilihan . Diantaranya :
  1. Menggunakan Judul Blog
  2. Menggunakan Deskripsi Penelusuran Blog
  3. Menggunakan Kata Pilihan ( Not recomended )
Rekomendasi dari saya gunakan saja deskripsi penelusuran blog agar bisa lebih mudah dipahami oleh seaech engine .

5) Deskripsi Blog

Deskripsi blog beda dengan deskripsi penelusuran . Jangan salah paham . Deskripsi blog ditujukan untuk pengunjung yang datang ke blog anda agar mereka bisa paham apa saja isi  dan mengenai apa blog anda ini .
Deskripsi blog bisa dilihat dari pengaturan blogger dengan masuk ke setelan > Dasar > Seperti gambar dibawah ini :
Deskripsi Blog
Sedangkan untuk deskripsi penelusuran menunya ada pada dashboard blogger > prefensi penelusuran> Tag meta
Deskripsi Blog
Dan itu untuk penulusuran keseluruhan blog anda . Bukan artikel anda . untuk deskripsi penelusuran artikel akan dijelaskan pada poin dibawah .

6 ) Deskripsi Penelusuran

Deskripsi penelusuran sebaiknya anda aktifkan sebab ini penting . Sebab deskripsi penelusuran adalah apa yang menjelaskan secara keseluruhan blog dan artikel anda . Untuk mengisi secara manual deskripsi pada artikel anda yang siap untuk diterbitkan maka anda bisa kekotak penelusuran yang letaknya sebelah kanan saat anda menulis artikel .

Deskripsi Penelusuran
Dan untuk deskripsi yang mau anda masukan adalah poin penting dari penjelasan dalam artikel yang anda buat tadi .

Demikian sedikit wawasan mengenai apa saja persiapan yang perlu anda terapkan ketika anda mau meluncurkan sebuah blog baru . Setelah persiapan diatas lengkap maka langkah selanjutnya anda hanya akan sibuk dengan mengisi konten , optimasi seo On-page pada artikel , Dan berburu backlink yang natural.


2 komentar

thanks ,sangat bermafaat,awalnya saya gk bisa bedain dekripsi blog sma dekripsi penelusuran :v

Seep bro .
1 deskripsi untuk penelusuran blog dan 1 nya lagi untuk pengunjung . Beda yah..

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

EmoticonEmoticon