2017/04/07

Cara Mengoptimalkan Gambar Dalam Postingan , Teknik Seo

Tags
Optimalkan gambar postingan agar lebih seo
Menggunakan gambar didalam postingan lalu kemudian gambar tersebut mau supaya nilai kualitas Seo nya saling terikat dengan isi artikel tentu harus dilakukan dengan beberapa teknik . Intinya , Anda bukan hanya semata-mata memasukkan gambar lalu kemudian menyematkan title dan alt text nya lalu kemudian Anda menganggap bahwa cara Anda sudah sesuai dengan search engine . Cara yang ada lakukan juga harus sesuai dengan keperluan search engine , keperluan para pengunjung dimana gambar yang Anda gunakan memang sudah terstruktur dan rapi . Lantas apa maksudnya .... ??
Dalam hal ini terstruktur bahwa gambar tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan para pengguna lalu rapi dan lebih penting bahwa Anda mengutamakan kebutuhan pengguna .
Yang artinya , ketika Anda  sanggup mengoptimalkan gambar pada postingan Anda maka Anda akan mendapatkan hal baik ini :
  1. Mudah Pageone
  2. Artikel Lebih Berkualitas
  3. Pengunjung Mudah Mengerti
  4. Search Engine Akan Semakin Sering Merayapi
Oleh karena itu dalam melakukan optimasi seo maka gambar postingan harus selalu  di prioritaskan .
Namun bukan itu saja ...
Para pengguna search engine juga harus diutamakan.
Para pemilik website harus memberitahukan terlebih dahulu kepada mesin pencari bahwa gambar yang Anda gunakan untuk postingan Anda  sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna . Dalam hal ini Anda harus bisa menjaga kepercayaan mesin pencari . Jika apa yang Anda sudah sediakan dan Anda bisa meyakinkan mesin pencari bahwa gambar tersebut memang sudah cocok untuk dirayapi dan tidak akan membuat pengguna susah  maka robot perayap ini akan memberikan nilai plus untuk gambar Anda , Itu jika perayap ini menganggap bahwa gambar tersebut memang sudah cocok .

Teknik Mengoptimalkan Gambar Postingan


Perhatikan bahwa mesin pencari akan memberikan otoritas kepada situs yang memang dapat menyediakan konten terbaik , mesin pencari akan selalu menganggap bahwa situs itu dapat dipercaya karena selama ini situs tersebut selalu dapat menyelesaikan apa yang selalu menjadi kebutuhan pengguna . Nah , kali ini omblogging mau berbagi tips dan trik dalam mengoptimalkan penggunaan gambar dalam artikel yang Anda posting . Apa saja itu ?? simak baik-baik wawasannya....

1) Resolusi

Jangan sekali kali Anda menggunakan ukuran gambar yang terlalu besar kedalam artikel Anda . dalam hal ini jika gambar yang Anda gunakan dalam artikel lebih besar nampak dibanding text maka tentu para pengguna tidak akan merasa nyaman . Ini disebabkan karena pengguna merasa kurang dinavigasi , akan merusak kontrol pengguna saat membaca , selain itu posisi untuk text penting dapat saja dilupakan karena dipengaruhi oleh gambar yang Anda gunakan karena terlalu besar resolusinya . Coba untuk gunakan gambar yang resolusnya sesuai dengan struktur template dalam artian usahakan gambar tersebut bisa ikut menjadi berstatus " Responsive" dan pastikan itu Anda lakukan . Untuk tips perbaikannya Anda bisa memulai untuk merubah struktur template Anda agar setiap kali gambar yang Anda guanakn bisa mengikuti ukuran template yang sudah digunakan .

2 Size / Ukuran

Hampir sama dengan penjelasan poin nomor satu diatas , namun size kali ini dalam artian jangan gunakan gambar dengan size yang ukurannya terlalu besar . Ideal size untuk sebuah gambar dalam artikel adalah 30 hingga 50 kb . Jika ternyata gambar yang Anda gunakan memang sizenya melebihi dari stAndaritas ukuran yang ideal cobalah Anda compres terlebih dulu baru setelah itu Anda menggunakannya untuk kelengkapan konten Anda . Tips untuk melakukan kompres bisa Anda peroleh dengan memanfaatkan situs kompres gambar secara gratis yang bertebaran di luar sana.

3 ) Nama File Gambar

Pastikan setiap kali Anda mau menggunakan gambar terlebih dulu Anda memberikan nama khusus untuk gambar tersebut . Ini dikarenakan semua file yang ada dalam situs Anda akan terindex ke mesin pencari, demikian pula mengenai gambar yang ada.  Nah, pada mesin pencari ada begitu banyak nama gambar yang sudah terindex dengan nama yang sama. misalnya , ketika Anda menggunakan gambar yang Anda ambil pada ponsel yanga Anda gunakan , nah , nama tersebut yang diawali dengan ( IMG.00.00. NN.MM ) Dan sebagainya akan memiliki kemiripan dengan gambar yang duluan ( milik orang ) yang sudah terlanjur terindex . Agar tidak mendapatkan yang namanya duplikat maka usahakan untuk memberikan nama file terlebih dulu . Keuntungannya bukan cuma untuk menghindari duplikat tapi justru akan memberikan nilai plus karena itu adalah gambar pertama dan lain dari yang lainnya .

4 ) Alt text Dan Title

Nah , ini yang paing penting . Ketika memasang gambar dalam artikel jangan pernah sekali kali Anda melupakan untuk mengisinya dengan title dan alt text . Ini bertujuan untu memberitahukan mesin pencari bahwa gambar yang Anda gunakan juga memiliki penjelasan dan biarkan penjelasan itu dirayapi oleh mesin pencari . Caranya bagaimana ? Ketika Anda memasukkan gambar dalam artikel pastikan title gambar itu Anda isi dengan kata kunci utama yang Anda gunakan jika gambar tersebut berada pada posisi sebelum tag heading pertama , untuk alt textnya isi dengan kutipan singkat dari maksud judul ( Kata kunci utama ) Dan jika gambar tersebut berada setelah tag heading maka isi title gambar itu dengan kata kunci heading itu , demikian juga ketika gambar itu berada di posisi bawah sub heading maka isi dengan kata kunci yang sesuai dengan subheading yang Anda gunakan. untuk alt text nya masih sama bahwa isi keterangan singkat sesuai dengan posisi masing2.

5 ) Link

Gambar juga dapat dipasangi link namun tidak semua gambar harus dipasangi link . perlu diketahui bahwa untuk menggunakan link dalam gambar Anda harus terlebih dulu mengerti bahwa link yang Anda sematkan nantinya tidak akan membuat para pengguna kesasar. dalam hal ini Anda harus bijak mengarahkan pengguna . Jika memang harus menggunakan link coba pastikan terlebih dulu link yang tertuju sama dengan maksud pada gambar . Jangan melakukan pemasangan link dimana tidak ada kaitannya dengan maksud pada gambar . Ketika pengguna mengunjungi dan mereka ternyata merasa bahwa link tujuan tersebut tidak sesuai dengan makna gambar itu maka pengguna itu merasa bahwa mereka tidak diarahkan dengan baik justru mereka merasa bahwa mereka di akali dan percaya saja bahwa hal ini tidak baik.
Oleh karena itu, penggunaan gambar postingan memang harus lebih hati hati dan sangat terstruktur .

~ Selamat Berjuang....

7 komentar

Wah kebalik yah om padahal kukira semakin besar gambar semakin bagus ternyata ndak ta ? trus selama ini sy ndak pernah kompres image . ic ic.. ternyata teknik makai gambar gitu toh. makasih yak om artikelnya bermanfaat sekali

Tidak seperti itu , semakin besar gambarnya maka semakin merusak pemandangan dan pengunjung tidak merasa nyaman.. selain itu loading blog juga akan terganggu karena sangat berat sehingga nilai seo blognya akan berkurang . Coba terapkan cara diatas dan rasakan hasilnya... , sukses buat Anda yah

ane tanya gan,, di sett blogger kan ada pilihan small med large. nah itu di pilih apa ya biar bagus?

Pilih large atau medium saja jika gambarnya terlalu besar. tidak usah pilih oroginal size jika templatenya tidak responsive yang bisa menyesuaikan ukuran gambar

Maaf om mau tanya saya belum tahu cara compres gambar terimakasih.

kalo untuk mengompres diandroid bisa pakai aplikasi photo compress, jika maen di pc langsung aja masuk ke smallseotools

Ini perjuangan mempunyai website blog dalam urusan gambar apalagi (bahasan wisata), padahal pemilik blog ingin menyertakan gambar yang prima namun tebentur optimasi-optimasi seperti ini. Semoga sabar aja

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

EmoticonEmoticon