Blogging cara tepat untukmu

Optimasi Artikel Lama Agar Bisa Pageone , Postingan Blogger Seo Pemula

Pada sebuah blog yang sudah memiliki banyak postingan tentu masing masing Artikel itu ada yang memiliki banyak kunjungan dan juga ada yang kurang mendapatkan pengunjung, bahkan ada pula Artikel yang sudah memiliki umur lama namun cuma mendapatkan pengunjung sangat minim, demikian pula mengenai Artikel yang baru hitungan hari, Jika porsi optimasi seo yang diterapkan memang dalam kadar yang pas maka tidak perlu menunggu waktu yang lama agar Artikel tersebut bisa pageone di google dan mendapatkan pengunjung organik dimana trafik bisa membludak secara drastis, Namun jika Artikel tersebut tidak di optimasi dengan baik maka tentu hasilnya akan nihil. Dapat dilihat pada posisi view yang ada dalam dashboard blogger seperti beku dan nilai kunjungannya hanya disitu-situ saja, tidak meningkat, tidak mendapatkan visitor yang memadai, sedangkan para pemilik blog mau agar setiap Artikel yang ada dalam blognya bisa mendapatkan pengunjung yang banyak ( Gede Trafik ) Istilah untuk para pemburu visitor.
Kejadian seperti ini biasanya lebih dominan pada stratei seo yang diterapkan untuk Artikel itu salah.
Panduan Optimasi seo blogger pemula edit artikel lama
Anda membuat Artikel tersebut beberapa waktu lalu mungkin karena terlalu over optimasi atau mungkin tidak di optimasi sama sekali maka dari itu Artikel tersebut tidak bisa pageone lalu kemudian tidak mendapatkan pengunjung organik sesuai dengan harapan Anda.
Bagi seo blogger pemula hal ini wajar-wajar saja...
Jika tidak ada kesalahan mana mungkin ada yang namanya perbaikan. Utamanya perbaikan pada Artikel lama.
Nah, over optimasi yang biasa Anda lakukan hingga tidak membuahkan hasil yang memuaskan biasanya seperti ini :
  1. Anda menggunakan kata kunci terlalu padat dalam Artikel
  2. Terlalu banyak tag heading yang porsinya tidak sesuai dengan jumlah kata pada paragraf
  3. Anda menggunakan gambar terlalu banyak dan titile dan alt textnya salah penggunaan
  4. Permalink belum di optimasi
  5. Anda lupa menggunakan deskripsi atau deskripsi yang Anda gunakan tidak baik
Sehingga Artikel tersebut tidak mendapatkan posisi yang baik di mesin pencari. Ketika Anda medapatkan hal seperti ini jangan pernah merasa malas untuk melakukan perbaikan, Justru bagi saya sendiri jika mendapati hal seperti ini akan sangat menguntungkan, pasalnya ketika kita melakukan perbaikan pada Artikel tersebut lalu kemudian membuahkan hasil nantinya tentunya kita juga dapat ilmu baru dan pengetahuan ini akan terus berkembang sehingga suatu hari Anda segera merasa mudah melakukan optimasi seo blogger yang sebenar2nya.

Optimasi Artikel Lama


Maka dari itu, untuk memperbaiki Artikel lama tersebut dan nantinya bisa pageone atau kata lain bisa mendapatkan posisi terbaik halaman 1 google maka lakukan optimasi ulang. walaupun akan memakan sedikit waktu Anda, namun percaya saja bahwa Anda tidak akan rugi melakukan perbaikan pada Artikel lama, justru akan sangat menguntungkan bagi Anda sendiri nantinya, ketika Artikel tersebut memang sudah pas optimasi seonya maka Anda akan tertawa sendiri melihat kunjungan yang terus menerus datang pada Artikel tersebut.Oleh karena itu Anda bisa mendapatkan wawasan Optimasi Artikel lama seperti cara ini.

1 ) Ubah Judul

Langkah awal Anda harus mengubah judul Artikel Anda. ini bertujuan Anda harus mengganti kata kunci utama pada Artikel tersebut sebab kata kunci utama yang ada dalam Artikel secara keseluruhan di bawahi oleh judul pada Artikel. Nah, Untuk tipsnya agar Anda tidak salah lagi menggunakan judul untuk perubahan Artikel tersebut sebaiknya Anda lakukan pratinjau untuk Artikel itu lalu kemudian mulailah membaca pada paragraf pertama hingga paragraf kedua karena porsi inti penjelasan keseluruhan isi Artikel ada pada tempat tersebut, lakukan membaca berkali kali hingga Anda sudah mengerti sendiri apa makssud dari tujuan Artikel tersebut, dengan begitu Anda akan dengan mudah menggunakan judul yang pas.

2 ) Perkaya Text

Terkadang dalam Artikel pada setiap paragraf ada yang asupan katanya sedikit. sebenarnya sedikit pun tidak apa-apa jika penempatan kata kuncinya cocok. Untuk mengakali kesalahan tersebut coba Anda tambahkan beberapa kalimat lagi pada setiap paragraf, bahkan jika bisa Anda menambahkan beberapa paragraf lagi yang tentunya isi bahasannya semakin relevan dengan judul baru yang dibuat tadi. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir density keyword yang berlebihan ( Akan dijelaskan pada Artikel mendatang ). Coba perhatikan pada poin kedua ini. memperkaya text dalam Artikel akan semakin bagus tapi ingat untuk menambahkan pembahasan relevan, jangan karena hanya mau memperbanyak text dalam postingan tersebut lalu kemudian Anda hanya sekedar menambahkan beberapa kalimat tanpa memiliki nilai relevansi dengan judul Artikel. ini penting diperhatikan.

3 ) Compres Gambar Dan Perbaiki Title Dan Alt Text

Penggunaan gambar dalam satu Artikel adalah cara dimana Anda juga memperkaya isi Artikel Anda. Sebab kenapa ? 1 gambar yang Anda gunakan bisa mewakili 1000 text yang ada dalam Artikel itu jika title dan alt textnya cocok. Dan mengenai mengapa gambar mesti di compres itu bertujuan agar pengguna merasa nyaman, ketika loading halaman Artikel yang Anda miliki terlalu berat maka orang yang berkunjung kesitus Anda lebih memilih untuk menutup halaman tersebut ketimbag untuk menunggu hingga halaman selesai terload dan Anda akan sangat dirugikan sekali.
Sebaiknya Anda mendapatkan pengetahuan mengenai optimasi gambar pada tautan berikut Cara Mengoptimalkan Gambar Dalam Postingan, Teknik Seo

4 ) Ubah Permalink

Permalink Artikel yang lama juga harus Anda ganti, ini perlu karena kata kunci pada judul Artikel sudah Anda ubah maka permalink untuk Artikel yang di perbaiki juga harus Anda ganti. Perhatikan 2 hal ini ketika Anda melakukan perubahan permalink
  1. Link yang lama akan menjadi error pada index google
  2. Link yang lama harus Anda hapus pada webmaster tools
Tujuannya agar blog Anda tidak memiliki crawl error.
Nah, untuk mendapatkan optimasi permalink bisa Anda temukan wawasannya disini Cara Mengatur Permalink Artikel Blogger
Sedangkan untuk menghapus crawl error pada webmaster tools bisa Anda dapatkan pada tautan berikut Cara menghapus link yang error pada index google menggunakan webmaster tools

5) Ubah Deskripsi

Deskripsi yang lama bisa saja menjadi kenapa Artikel itu tidak bisa menempati posisi terbaik di google alias tidak pageone, oleh karena itu Anda harus mengganti isi deskripsi itu. cara yang paling baik adalah dengan mengutip beberapa kalimat yang isinya bisa menjelaskan keseluruhan isi Artikel Anda. Karena itu memang sudah menjadi fungsi deskripsi tersebut.
Kesalahan Anda biasanya mengutip 1 paragraf dan menempatkan ke kotak deskripsi itu, nah itu salah, jadi silahkan diperbaiki.

6 ) Lakukan Fetch As Google

Langkah berikutnya adalah melakukan fetch as google. tujuannya untuk mendapatkan index baru ke google untuk Artikel yang sudah diperbaiki secara instant. Caranya tidak susah dan beberapa waktu silam saya pernah membuat Artikel mengenai hal tersebut. silahkan Anda tambahkan wawasannya disini Cara Mempercepat Index Artikel Blog Ke Google Yang Baru Saja Dibuat

7 ) Share Artikel Dan Internal Link

Nah, ketika Anda sudah selesai melakukan fetch as google selanjutnya Anda periksa hasilnya. caranya dengan mengcopy judul Artikel baru kemudian paste ke search box google. jika judul Artikel Anda sudah berada pada posisi 20 besar google berarti Anda sudah berhasil melakukan cara optimasi seo Artikel lama Anda tidak perlu melakukan apa- apa lagi , namun jika hasilnya tidak ada sama sekali pada posisi 20 besar google itu berarti Anda harus melakukan optimasi ulang namun cara ini bukan dengan mengedit lagi namun kita upayakan agar Artikel tersebut mendapatkan otoritas. Caranya :
  1. Dapatkan pengunjung untuk Artikel tersebut dengan melakukan share ke sosial media seperti facebook ataupun G+ dan...
  2. Buat link internal . Caranya....
Cari Artikel lama dalam blog Anda yang memiliki view paling banyak. silahkan cari 2 hingga 3 Artikel lalu kemudian pada Artikel tersebut sematkan link Artikel yang baru saja diperbaiki. ini bertujuan agar pengunjung yang mengunjungi Artikel yang viewnya banyak juga memiliki kesempatan untuk mengunnjungi Artikel yang diperbaiki tadi. semakin sering mendapat kunjungan maka semakin naik peringkatnya, akan terdongkrak dengan sendiri.

Kesimpulan
Artikel Anda tidak akan mendapatkan posisi baik pada mesin pencari jika Artikel yang Anda perbaiki tadi tidak berbobot dalam artian tidak berkualitas. buat isi Artikel tersebut enak dibaca, bermanfaat bagi manusia dimana isi Artikel tersebut bisa menjadi solusi dari masalah orang-orang. Jika Artikel Anda memang bermnfaat kunjungan juga akan semakin memadai dan percaya saja dalam waktu singkat Artikel itu akan bertahan dihalaman 1 dalam jangka panjang.
Itu saja optimasi yang perlu Anda lakukan untuk Artikel lama agar nantinya bisa pageone.

~ Selamat berjuang
Tag : seo
39 Comments for "Optimasi Artikel Lama Agar Bisa Pageone , Postingan Blogger Seo Pemula"

Kalau artikel lama nya udah ke index dan share ke FB, lalu kita optimasi ulang dan ganti linknya. Otomati jadi broken link dong ?

Solusinya gimana tuh ?

Sudah dijelaskan didalam artikel gan . ada cara menghapus link error..

Sayangnya, percuma request hapus index dari webmaster kalo backlinknya masih ada. Akan tetap ada laporan crawl error. Solusi paling tepat utk ganti permalink adalah dg redirect 301.

kok permailink saya sudah permanen, tidak bisa diubah lagi ya

Bisa kawan, coba artikelnya kembalikan ke draft dulu

Backlink ? jika itu statusnya link internal maka anda juga harus melakukan edit untuk link internal tersebut secara manual namun jika tidak maka anda bisa melakukan hapus backlink via webmaster tools milik google :)

ini seharusnya kita siapin sebelum buat artikel yah?

tapi kalau lupa dan terlanjur jadi ulang optimasinya

saya jarang optimasi nih, ternyata penting juga biar page one

saya artikel yang kayak gini nambah pengetahuan
makasih

Keren artikelnya, niche artikel
Pengen jadi penulis kaya gini, berkualitas tulisannya
Sayang banget kalo ga baca nih

trimaksih ilmu nya gan, stelah baca saya sdar untukemperbrui artikel saya :D

Artikel lama malah tenggelam dimesin pencari

Terima kasih ilmunya Mas sangat bermanfaat untuk saya yang sedang belajar.

Setelah ganti judul, untuk mencapai ranking yang bagus perlu waktu lama juga nggak Mas?
Trims

jika optimasi yang anda lakukan sudah pas kayaknya tidak perlu waktu yang lama. coba bantu dengan backlink dofollow pr tinggi :)

Om, Tanggal Publish perlu diubah atau tidak ? agar bisa terlihat fresh gitu. mohon penjelasannya..

Tidak perlu, pakai tanggal post yang lama saja

oh ya om, dalam mengisi deskripsi penelusuran, pengulangan keyword boleh dilakukan apa tidak, kalau boleh berapa jumlah pengulangan yang baik?

Karena deskripsi adalah kutipan singkat tentang keseluruhan isi artikel, tentang arti dari judul utama maka gunakan keyword pada deskripsi sekali saja tapi mengena... Pribadi memasukkan judul artikel lengkap dan menambahkan beberapa kata diawal dan akhir

Oh ya Om, saya mengikuti petunjuk diatas, Tapi malah muncul peringatan di google webmaster "Masalah kesehatan yang parah ditemukan di properti Anda." Cara Ngatasinya gimana om ?

Masalah kesehatan biasanya pada struktur template,.

Masalah kesehatannya karena ada laman penting yang hilang atau terhapus gitu om notifnya, soalnya sayakan mengubah link pada artikel lama dan link lama saya kirim untuk dihapus

Fix ulang saja bro, fetch dan render ulang kemudian resubmit sitemap.. tunggu beberapa hari :)

berarti nanti permalink lama jadi page not found ya om ?

Jelas not found karena anda sudah ganti.
Perlu anda perhatikan bahwa permalink kadang tidak perlu diganti jika keyword dalam url itu sudah bagus lalu kemudian artikel itu sudah memiliki posisi yang baik di search engine.

Untuk optimasi artikel lama yang dimaksud dalam artikel ini berlaku untuk artikel yang dinilai kunjungannya minim bahkan sangat sedikit sedangkan artikel itu sudah diterbitkan sudah lama...

iya, mas artikel lama saya yang saya optimasi udah bagus di serp page 1 no.3, jadi harus gimana mas ? apa harus diganti lagi permalink artikel lama tadi ke permalink yang semula ?

Nah itu salahnya. yang di optimasi itu yang posiisnya tidak baik saja, kalau sudah bagus buat apa diganggu lagi.

Yah, coba gunakan kembali permalink lama lalu pada webmaster tools batalkan penghapusan untuk link itu jika masih bisa dan pada menu crawl error pilih fix untuk url itu...

ok om, udah bisa. terima kasih.Oh ya om saya mau tanya, sayakan daftar adsense non hosted lalu saya masuk ke halaman adsensenya kan disuruh masang kode dan review selama 3 hari. Nah pertanyaannya kode itu dipasang dimana ya om.

Pasang dalam template tepatnya dibawah kode < head >

kodenya harus diparse dulu ya om dan taruh kodenya disitu saja ya. soalnya para blogger lain ada yang mengatakan taruh di widget.

Iya, pharse kemudian simpan di bawah head

Om mau tanya, kalau saay membuat artikel begini:
10 film terbaik 2015 [best recommendations],
menurut om kalau penggunaan tanda "[]" itu bagus apa tidak ?

bisa saja karena keywordnya fokus pada 3 suku kata awal

bang brrti artikel lama yg pejwan kagak bsa rldi redirect gtu? brrti mubazir dong

tp enak sih bang setepah diperbaiki kata kuncinya meluas semuanya pejwan

Mas permalink saya kok ga bisa dirubah, kenapa ya??

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Back To Top