Blogging cara tepat untukmu

Bisnis Online Modal Kecil, Dropship Tips

Semua pengguna perangkat elektronik khususnya smartphone atau tablet PC sudah pasti mengenal dan memahami apa itu yang namanya internet. Mereka semua menggunakan layanan internet memiliki alasan dan tujuan tersendiri, ada yang menggunakan untuk bersosialisasi dan ada juga yang menggunakan layanan internet untuk kepentingan berbisnis hingga mereka menggunakan Tools yang membantu para pekerja marketing online, tapi di artikel ini saya akan membahas penggunaan internet untuk keperluan bisnis,bukan tools.  Sebutan atau istilah bisnis yang menggunakan fasilitas internet ini sering kali disebut sebagai bisnis online atau istiliah keren lainnya yaitu online shop (untuk pelaku bisnis dibidang perdagangan jual beli).

Lantas bisnis online seperti apa yang hanya membutuhkan modal kecil? 


Jawabannya adalah bisnis dropship, yaitu bisnis yang bergerak di bidang perdagangan. Bisnis dropship bisa dikatakan sebagai bisnis online dengan modal kecil dikarenakan sebagai pelaku bisnis dropship tidak diwajibkan memiliki stok barang, tapi tidak menutup kemungkinan kalau ingin tetap memiliki stok barang dengan menganalisa barang yang sedang booming dan tentunya laris dicari banyak orang.

Banyak orang yang mencoba bisnis dropship dikarenakan perputaran uang sangat cepat bahkan seperti yang saya jelaskan diatas yaitu tidak wajib mempunyai stok barang dan artinya uang kita tidak berbentuk barang atau produk yang memakan waktu terlalu lama (menunggu adanya pembeli).

Hal Apa Saja yang Perlu Diketahui Untuk Mencoba Bisnis Dropship?


Apabila kita tertarik untuk mencoba menjalankan bisnis online dengan modal kecil, setidaknya kita wajib memiliki alat komunikasi. Alat komunikasi ini tentunya yang sudah menggunakan teknologi internet juga, karena yang namanya bisnis online berbeda dengan bisnis offline yang mengharuskan penjual dan pembeli bertemu tatap muka, bukan cuma itu, ketika anda sudah memiliki alatnya anda juga perlu mengetahui Tips dasar untuk menjadi reseller sukses.

Gadget zaman sekarang umumnya sudah pasti sanggup melakukan pengerjaan secara online baik itu berkirim pesan melalui sosial media atau email, berbeda dengan cara komunikasi offline secara lisan.

Berikut hal - hal yang perlu diperhatikan untuk memulai berbisnis secara online:

1) Pengetahuan cara penggunaan alat komunikasi untuk berinteraksi secara online

Ini alat yang sangat wajib kita miliki, saya sarankan minimal menggunakan gadget atau tablet yang memiliki sistem operasi seperti Android atau iOS. Alat ini menjadi kunci utama kita bisa mendapatkan informasi seputar barang - barang yang lagi booming saat ini dan alat komunikasi ini juga yang membantu kita mengirimkan informasi produk yang kita jual lagi.
Tapi ingat tidak hanya sekedar memiliki gadget saja, sedikit banyak kita wajib memahami cara penggunaan gadget sebagai sarana komunikasi utama kita di dunia online.

2) Riset produk yang sedang booming

Mengetahui dan menganalisa produk sebelum kita memasarkan secara online sangatlah penting, karena jangan sampai kita memiliki jaringan customer yang besar namun produk - produk yang kita publikasi tidak diminati oleh mayoritas customer kita dikarenakan kualitas yang buruk.

Mungkin kita akan bertanya "Namanya berdagang yang ga mungkin 100% produk laris semua kan?", iya betul namanya berdagang tidak ada yang namanya produk 100% laris semua tapi yang saya sarankan setidaknya kita juga menciptakan sebuah pencitraan yang bagus di mata customer.

Bayangkan apabila kita sendiri memiliki kontak orang yang menjalankan bisnis online, ada satu orang berjualan produk - produk yang unik dan jelas kualitas produknya kemudian satu orang lainnya mayoritas menjual produk - produk yang tidak terlalu diminati bahkan kualitas produknya tidak terjamin.

Bagaimana kita sebagai pihak customer melihat seperti itu? 

Tentu kita akan memprioritaskan penjual yang memiliki produk jelas dan kualitas lebih terjamin walaupun namanya produk berkualitas pasti memiliki harga yang berbeda dengan produk yang kualitas tidak jelas.

3) Kejujuran nomor satu untuk bisnis online

Berbinis dibidang apapun dan dimanapun bisnis itu dijalankan, tetap kejujuran sangat penting dan jangan pernah beranggapan "Customer mana tau? Mereka yang penting beli dan barangnya tidak bermasalah." Kenapa saya bisa bilang begitu? Ingat bisnis online itu berjalan di sebuah jaringan online dimana semua informasi yang dipublikasi memiliki kesempatan besar untuk diketahui orang lain juga.

Mereka para pembeli tidak mungkin dengan ceroboh membeli sesuatu tanpa berusaha mencari tahu lebih dalam mengenai barang yang ingin mereka beli. Bisa dibayangkan apabila kita ketahuan berbohong dengan kasus menjual barang palsu TAPI kita memberitahukan bahwa barang kita asli atau orisinil? Nama kita sebagai penjual akan secepatnya hancur karena sifat kita sendiri dan karena kecanggihan teknologi jaringan pula kita tidak akan bisa menutupi keburukan kita dalam berbisnis. Lupakan saja strategi berbisnis dengan prisip membodohi atau membohongi.

4) Jaringan supplier

Khusus untuk kita yang mencoba berbisnis secara online dengan metode dropship ada baiknya kita harus mulai mencoba menjalin komunikasi dengan beberapa supplier jangan hanya satu supplier. Bisnis online dengan cara dropship pada umumnya tidak memiliki ikatan kontrak kerjasama atau sejenisnya, yang berarti kita yang bermain dropship memiliki kebebasan untuk menjual produk dari supplier mana saja.

Saya sangat menyarankan untuk kita yang bergerak dibidang bisnis online dropship setidaknya memiliki dua atau tiga supplier untuk setiap jenis kategori barang (kalau bisa lebih dari tiga ya lebih bagus). Memiliki beberapa supplier akan memudahkan kita membandingkan harga produk, kualitas produk, dan pelayanan supplier itu sendiri. Tentunya dengan memiliki beberapa jaringan supplier maka posisi kita sebagai pelaku bisnis dropship akan lebih aman, karena tidak bergantung pada satu supplier saja.

Kesimpulan mengenai bisnis dropship

Setelah saya mencoba menjelaskan beberapa hal mengenai bisnis online tanpa modal besar dengan beberapa poin - poin penting didalamnya, saya sedikit memberikan gambaran umunya pada bagian akhir artikel ini. "Jangan terlalu mengedepankan sebuah profit bisnis, tapi cobalah untuk saling menolong orang lain." Rezeki itu tidak akan menjauh apabila kita sedikit banyak ada rasa ingin menolong orang lain, baik itu didalam dunia bisnis dengan berperilaku profesional dan jujur (tanpa ada niat membodohi) percayalah bisnis yang kita jalankan akan lebih mendapatkan keuntungan (bukan hanya keuntungan sesaat melainkan untuk jangka panjang dengan jaminan kepercayaan yang sudah kita jaga).

Sampai disini dulu semoga artikel ini bisa berguna dan menjadi sebuah semangat untuk kita yang ingin mencoba terjun didunia bisnis.

Terima kasih banyak untuk Takekimurah Surabaya Online Shop yang sudah berbagi tips dan triknya kepada saya yang sangat bermanfaat.

0 Komentar untuk "Bisnis Online Modal Kecil, Dropship Tips"

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan


Back To Top