2017/05/10

Teknik Berkomentar Yang Baik Dan Benar ( Blogwalking )

Tags
Sebagian orang menganggap bahwa melakukan komentar pada blog bloggers lain akan menguntungkan bagi yang punya artikel saja yang katanya jika berkomentar sipemilik artikel diuntungkan karena hanya memperkaya artikelnya dengan keyword dan sang pemasang komentar tidak akan mendapatkan apa-apa. Biasanya, Mereka juga menganggap bahwa hal setimpal melakukan komentar akan mendapatkan keuntungan bagi dua pihak jika sang pemilik artikel menyediakan form komentar Url/name, jadi maksudnya sang komentator mendapatkan backlink dan sang pemilik artikel diperkaya keyword. Itu bisa ya dan bisa tidak. Maksud saya, bisa menjadi baik dan bisa pula menjadi buruk untuk kedua belah pihak. Misalnya seperti ini....

Pemilik artikel- Sipemilik blog/artikel akan sangat bangga karena mendapatkan komentar dan segera menerbitkan komentar tersebut sedangkan sipemilik artikel tidak memeriksa jenis komentar tersebut terlebih dulu apakah sebaiknya diterbitkan atau tidak, bisa saja komentar spam

Pemilik komentar- Anda berkomentar dan menanamkan url blog Anda tanpa memeriksa terlebih dulu apakah halaman dimana tempat Anda berkomentar memiliki DA dan PA yang baik atau halaman tersebut kena penalty dari google atau tidak.

Jadi, berkomentar punya konsikuensi juga, tidak hanya sekedar berkunjung untuk menanam link dan bagi pemilik blog jangan asal publish komentar tersebut.

Apakah Berkomentar Harus Memasang Url/Name ?


Apakah Berkomentar Harus Memasang Url/Name ? Tidak harus. Nah inilah yang selalu menjadi permasalahan pokok seseorang dalam melakukan blogwalking yang hingga sampai saat ini tidak menghasilkan apa-apa untuk blog Mereka. Mau tahu kenapa ? karena yang Mereka kejar adalah " Dikenal" Bukan Terkenal" Karena definisi ini sangat beda pengartiannya. Anda mungkin berkomentar karena Anda mau dikenal dengan cara menyisipkan link dan berharap seseorang melakukan klik untuk link Anda padahal Anda tidak sadar bahwa seseorang melakukan klik karena ada alasan dan alasan inilah yang seharusnya menjadikan Anda terkenal. Oleh karena itu, jika mau terkenal, terkenal lah karena komentar Anda bukan karena url blog Anda. seharusnya seseorang mau tidak mau harus mengenal Anda..

Misalnya komentar ini, saya pribadi mengunjungi link yang disediakan oleh pemilik komentar tersebut karena menurut saya ada informasi penting yang sebaiknya saya ketahui.
Komentar yang menyediakan link lansung mennuju ke artikelnya. Walaupun bukan link aktif tapi tetap saja saya kunjungi karena dia berkomentar relevan dan berbagi informasi yang sama dengan artikel saya dan ini tidak hanya berlaku bagi saya saja tapi juga pengunjung saya yang membaca artikel dalam blog ini juga memiliki potensi untuk mengunjungi link dari komentator tersebut.

Itulah kekuatan berkomentar...

Tapi bagi pemilik blog dan juga berlaku bagi saya bahwa tidak semua komentar seperti itu akan saya terbitkan. ada beberapa hal dan jenis komentar yang perlu ditinjau terlebih dulu baru kemudian diterbitkan.

Jenis Komentar Seperti Apa Yang Jangan Diterbitkan ??


Ada beberapa jenis komentar yang bisa diterbitkan dan tidak. Karena ini sangat penting untuk Anda ketahui dan demi kelansungan blog Anda sendiri jadi silahkan simak baik-baik wawasan berikut.

1) Komentar Spam

Komentar seperti ini bukan berarti komentar yang menyertakan link hidup sebab selama ini jenis komentar yang menyertakan link hidup yang dianggap spam.
Jadi komentar spam itu adalah komentar yang dengan sengaja dilakukan oleh beberapa orang yang tidak bertanggung jawab dengan cara melakukan copy komentar yang sudah terbit di blog orang lain lalu kemudian mempaste ulang ke blog Anda. Ini bahaya karena akan menurunkan otoritas halaman Anda yang nantinya dianggap sebagai duplikat konten oleh mesin pencari.

Bagaimana Cara Mengetahui Komentar Spam?

Mudah saja, sebelum Anda menyetujui ( Publish) salin dulu beberapa kalimat pertama dan paste ke kolom search google, jika komentar itu sudah pernah ada maka akan nampak sama persis dengan kalimat yang Anda salin ke search google dan jika seperti itu jangan publish komentar tersebut.

2) Link Hidup

Link yang hidup juga perlu dikoreksi sebelum diterbitkan mengingat seseorang bisa saja mengakali Anda dengan menyertakan link situs yang mengandung malware atau link dari situs yang bisa membahayakan blog Anda. sayangnya pada komentar blogger yang dimoderasi tidak bisa melihat secara lansung pada komentar tersebut apakah memiliki sebuah link atau tidak jadi untuk mengatasi hal ini sebaiknya Anda melakukan set otomatis blokir link pada template Anda.

Cara Blokir Link Aktif

Anda bisa ikuti panduan blokir link sebagai berikut :
<script src='https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.7.2/jquery.min.js' type='text/javascript'/> <script type='text/javascript'> jQuery(document).ready(function(){ jQuery(&quot;#comments p&quot;).find(&quot;a&quot;).replaceWith(&quot;<span style='font-style:oblique; font-size:18px; color:#F00; outline-style:inset;outline-width:inherit; cursor:help; font-family:Curlz MT; background-color:#000;'>Maaf Link  Yang Aktif Akan Terhapus Secara Otomatis.</span>&quot;); }); </script>
Kode diatas Anda salin dan simpan dibagian bawah dari kode ]]></b:skin>
Catatan; Anda bisa mengubah kalimat yang saya beri warna merah diatas sesuai kemauan Anda sebab itu hanya sebagai kalimat peringatan saja bahwa blog Anda tidak menerima link aktif.

Lantas Komentar Seperti Apa Yang Sebaiknya Diterbitkan ???


Komentar yang wajib diterbitkan sebaiknya komentar yang mendidik Anda, komentar yang membangun Anda agar bisa lebih berkembang lagi.komentar seperti ini ada begitu banyak. Misalnya saja memebritahukan bahwa ada kesalahan huruf atau mengingatkan Anda bahwa penjelasan Anda salah karena ini dan itu dan komentar yang selalu mau melihat Anda berkembang seperti Mereka yang merasa wajib berterima kasih karena panduan yang Anda berikan untuk Mereka. Intinya, komentar seperti ini adalah kebalikan dari dua yang sudah saya jelaskan diatas.

Anda sebagai pemilik blog juga harus memberikan nilai plus kepada Mereka misalnya membalas setiap komentar yang ada karena ketika artikel Anda memang sangat dibutuhkan dan dapat menyelesaikan permasalahan Mereka maka saat itu Anda akan dibanjiri dengan pertanyaan atau pernyataan dan seharusnya Anda membalas setiap komen yang diberikan oleh Mereka, Jawab jika Mereka bertanya dan balas komen Mereka jika mengucap salam. Itu konsikuensi sebagai pemilik blog yang baik.

Nah, sekarang tugas Anda... Tugas Anda mengunjungi beberapa blog dan memberikan komen agar Anda bisa terkenal dan berujung blog Anda mulai merangkak naik trafiknya karena Anda sudah memperkenalkan diri Anda. Berikan komentar terbaik Anda untuk Mereka...

Bagaimana Berkomentar Yang Baik ??


Saya akan membagikan sedikit tips berkomentar sama persis yang pernah saya lakukan utamanya jika Anda mengejar sebuah link balik dari halaman tersebut. Percaya saja bahwa sampai saat ini cara ini masih mempan dan komentar Anda akan dengan mudah di approve oleh pemilik website tersebut. Dan beberapa teknik berkomentar yang benar sebagai berikut :

1# Memuji

Tidak perlu dibahas lebih jauh lagi bahwa memuji author/Penulis artikel tersebut adalah poin penting dan etika berkomentar yang baik namun memuji tidak selamanya akan di approve oleh Admin ketika Anda memberikan komentar yang menyertakan link hidup atau komentar Anda spam ( Duplikat ) jadi ketika Anda memuji Admin sebaiknya berikan komentar yang relevan dengan artikel yang Anda baca kemudian usahakan panjang dengan begitu link Anda bisa tertanam di form name/url

2# Melengkapi

Terkadang Admin/Penulis lupa beberapa poin penting dengan apa yang dijelaskan pada artikelnya, nah Anda bisa melengkapinya dengan menyertakan komentar dan memberitahukan atau mengingatkan pada Penulis tersebut bahwa masih ada 1 poin lagi yang sebaiknya Admin pertimbangkan. Trik seperti ini selalu berhasil...

3# Memperbaiki

Seorang Admin, pemilik blog akan senang sekali ketika seseorang mengingatkan bahwa ada kesalahan dalam blog Admin, misalnya ada script yang lepas dari body template atau banyak link error yang sebaiknya Admin hapus atau beberapa hal lainnya dimana sebaiknya Admin segera memperbaiki. Percaya saja komentar Anda akan di approve dan Admin akan merasa banyak banyak terima kasih...


Mungkin dari Anda masih memilii beberapa teknik berkomentar ?? Bisa luangkan waktunya menyisipkan komentar Anda dibawah....

6 komentar

Tak kenal maka tak sayang
Dikenal terkenal dan di sayang sayang :D
Mantap postnya gan....
share terus ilmunya, biar pada tau.
stop spam :D

"yang Mereka kejar adalah " Dikenal" Bukan Terkenal""

Kalimat yang membuat saya jadi berfikir lagi, untuk apa selama ini saya berkomentar di blog/website orang lain.

Dan pada akhirnya, saya memilih untuk menjadi Terkenal bukan sekedar dikenal.

Terima kasih banget Kang Ian hihi

Supaya bisa back gmn? Kalo ga blh masang link aktiv

Tidak selamanya berkomentar harus memasang link aktif gan.. lagian mencari backlink tidak hanya lewat berkomentar saja :)

apakah efek backlink masih berlaku gan? saya baca-baca google sudah tidak memperhatikan backlink lagi, jadi berkomentar di blog orang lain pun hanya untuk dikenal

Wah maaf nih om kalau komentar saya sering ngawur tidak karuan terimakasih salam.

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

EmoticonEmoticon