2017/06/29

Cara Google Bekerja Menemukan Website Yang Cocok Dengan Pencarian Orang

Google adalah mesin pencari paling kuat, paling besar, paling akurat dalam system pencariannya di seluruh dunia. Tapi google melakukannya? Dan lebih penting lagi, bagaimana google bekerja dan menuntut Anda sebagai pemilik website agar terus meningkatkan visibilitas konten website Anda? Pada postingan ini saya akan berbagi kepada Anda lebih lenjut tentang bagaimana cara kerja google bekerja, saya akan memberitahukan kepada Anda bagaimana google bisa melacak berbagai halaman website diseluruh dunia pada mesinnya.dan dari sini Anda bisa mengambil kesempatan memperbaiki website Anda agar bisa mendapatkan keuntungan dari google. Lebih kerennya lagi karena Anda akan tahu bagaimana peringkat terbaik untuk sebuah halaman diberikan pada sebuah website ketika seseorang mencari informasi melalui google.

1) Visibilitas Konten

Tahukan Anda bahwa diluar sana ada begitu banyak halaman website, ada milliaran jumlahnya, namun tidak semua di index oleh google, bahkan yang sudah terindex pun masih diperhatikan dulu dan di tilik satu persatu lalu diberikan rangking.

Coba lihat gambar berikut...

Gambar menjelaskan daftar halaman dihasil pencarian
Ketika Anda menggunakan mesin pencari google Anda pasti akan menemukan daftar halaman 1-10. tapi ketika Anda melakukan klik pada halaman 10 maka halaman 11,12,13 kemudian muncul. Itu jika google masih mau mengindex halaman lain. Secara logika, halaman lainnya setelah halaman 10 tidak berhenti sampai disitu saja. bahkan cuma dalam hitungan detik maka tercipta halaman ke 14. Ini artinya bahwa halaman website yang ada didunia jumlahnya sangat banyak. Permasalahannya adalah google terkadang tidak mengindex sebuah halaman. terkadang google berhenti sampai pada halaman itu 10 saja. kenapa ? Karena, halaman lain tidak memiliki nilai informasi. yang artinya nilai vivibilitasnya buruk. Oleh karena itu google menempatkan ke posisi paling belakang bahkan tidak di index sekalipun.

Dari sini lah Anda bisa mengambil kesempatan itu... Dengan cara memberikan yang terbaik. Bagaimana Anda harus melakukannya?? Caranya mudah saja. perhatikan ini....

Google selalu mencari halaman website yang menyediakan sesuatu yang baru dan ketika google menemukan itu maka google akan menempatkan halaman tersebut pada peringkat paling baik. peringkat nomor 1.

Menjelaskan hal ini akan sangat panjang tapi jika Anda membaca konten terdahulu saya maka Anda akan menemukan secara keseluruhan apa yang google mau.

Sesuatu yang baru juga jangan didefinisikan salah. karena ada 2 hal penting untuk menilai kata " Baru" bagi google. diantaranya;
  1. Memang baru, belum pernah di terbitkan orang
  2. Menyediakan sesuatu yang baru, artinya revisi dari informasi yang sudah pernah ada.
Poin pertama saya rasa Anda sudah tahu. baru yah baru. Namun mengenai revisi informasi lama adalah dimana sebuah konten diperbaharui. Misalnya. Anda pernah membuat konten pada tahun 2016 dengan tutorial memperbaiki hp maka untuk tahun ini seharusnya Anda merevisi itu dengan memberikan informasi terbaru. Misalnya, cara memperbaiki hp ( hp apa ) tahun 2017 sebab pada hp yang ada pada tahun 2016 pasti akan beda dengan hp yang ada tahun 2017 walaupun merknya sama.

Dari sini Anda bisa mengambil keuntungan. dengan memperhatikan website orang lain, membaca isinya,kemudian Anda perbaiki dan gunakan hasil perbaikan tersebut menjadi konten,artikel,postingan untuk website Anda. 

2) Pahami Cara Kerja Spider Google

"Spider" atau biasa disebut sebagai perayap google adalah inti dari algoritma yang terus menerus dikembangkan. Spider ini bekerja dengan merangkak, menjelajahi link demi link, halaman dari halaman untuk mencari informasi yang sudah di index google. cara kerja perayap ini terlebih dulu melakukan perayapan untuk mencari informasi baru sebab informasi yang lama sudah diposisikan yang artinya nilai perayapannya sudah ditetapkan atau terhenti sampai disitu karena perayap ini sudah mengenal halaman tersebut. Namun, beda dengan informasi yang baru. ada 2 hal untuk menyenangkan perayap ini:
  1. Terus menerus memberikan informasi yang baru
  2. Informasi yang terus diperbaharui
Maka dari itu Anda sebagai pemilik website kiranya terus menyediakan hal-hal baru agar terus dirayapi oleh spider.

Akan terasa sulit jika mendengar ketentuan tersebut, untungnya bahwa masalah umum ini dapat dilakukan dengan mudah bahkan tanpa melakukan atau memberikan informasi baru. Caranya adalah mempertahankan konten Anda agar itu tetap dianggap sangat bagus dan belum saat diperbaharui. Jadi disini yang menjadi kewajiban Anda adalah ketika membuat konten pastikan bahwa Anda sudah melengkapi koten itu, Anda harus pastikan kalau yang Anda buat benar-benar sudah lengkap dan jika itu sebuah tutorial maka pastikan apa yang Anda tutorialkan sudah terbukti dan memang benar-benar bisa menjadi solusi. ketika tutorial tersebut memang benar, mudah dipraktekkan maka google tidak akan menggeser posisi konten tersebut, justru ditempatkan semakin baik setiap harinya.

Mengapa hal ini terjadi ? karena google ini mau agar mesin penelusuran miliknya tetap menjadi alat telusur terbaik didunia. google mau setiap manusia mendapatkan informasi yang benar2 terbukti yang didapatkan dari mesin pencari google.  Jadi, jangan heran ketika Anda mendapatkan halaman Anda tergeser dan melorot kebawah. ini dikarenakan milik orang lain lebih bernilai dibanding milik Anda. sebaliknya, jika Anda ingin mengalahkan website lain maka teruslah meningkatkan kualitas konten Anda.

Pertanyaannya, apakah website yang sudah lama namun tidak memiliki banyak visitor atau pengunjung bisa dipermantap lagi? apakah website itu bisa untuk lebih sering dikunjungi google? Jawabnya tentu bisa. selama anda terus mengupayakan visibilitas konten anda.

Tips Agar Google Selalu Menemukan Website Anda

Saat menulis konten pastikan Anda menggunakan attribut penulis, melengkapi meta tag deskripsi penelusuran dengan benar. Hal lain yang tak kalah lebih penting yaitu Anda harus memastikan bahwa yang ada tuliskan benar keasliannya. Anda harus menyediakan konten orriginalitas, tidak perlu mengindahkan EYD, Buatlah itu sesuai dengan karakter Anda agar bisa dikatakan unik. dan ingat seperti yang sudah saya katakan tadi diatas; bahwa google suka dengan website yang selalu menyediakan sesuatu yang baru.

2 komentar

Sudah saya coba mas, dan alhasil bisa langsung page one dengan kata kunci sedang :)

~

Yah, terima kasih balik karena sudah meluangkan waktunya berkomentar. Silahkan dipermantap lagi yah...

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

EmoticonEmoticon