2017/06/10

Cara Maksimalkan Seo Untuk Deskripsi Penelusuran

Tags
Pada dasarnya deskripsi artikel adalah kutipan singkat yang menjelaskan keseluruhan isi artikel yang telah Anda buat. deskripsi ini yang kemudian memberitahukan manusia apa separuh text yang bisa mereka baca di mesin pencarian. Karena orang yang melakuakn penelusuran ke search engine ketika mereka mau melakukan klik sebuah judul terlebih dulu membaca apa kutipan singkatnya jika cocok maka mereka kunjungi postingan itu atau selama mereka mengetikkan kata kunci namun dirasa tidak ada kecocokan dengan judul maka mereka ini akan membaca deskripsi postingan itu karena terkadang ada kalimat persis dan sama dengan apa yang mereka cari pada mesin penelusuran.

Deskripsi yang baik juga menjadi tolak ukur bagi search engine untuk menilik seberapa pantas artikel itu nantinya ditempatkan pada peringkat terbaik karena pada dasarnya mesin penelusuran ini bekerja dengan cara mencari query kecocokan. Jadi, jika Anda menggunakan deskripsi yang baik tentu akan mendapatkan hasil yang baik pula. Namun sebagian blogger tidak mengetahui fungsi sebenar-benarnya dari deskripsi penelusuran, sebagian tidak tahu kalau deskripsi penelusuran sebaiknya diaktifkan, ini berarti ketika Anda mengoptimasi seo konten Anda maka tambahan pada deskripsi akan semakin memberikan kekuatan untuk postingan Anda.

Jika Anda belum tahu cara mengaktifkan deskripsi penelusuran Anda bisa ikuti panduan berikut.

1- Login ke blogger
2- Pada dashboard blogger klik menu pengaturan
3-Prefensi penelusuran
4-Klik edit kemudian isi kutipan singkat dari isi blog Anda. Bisa lihat contoh gambar dibawah ini;
Deskripsi Penlusuran Isi dengan apa yang blog Anda ceritakan.
Isi dengan apa yang blog Anda ceritakan.

Lantas Bagaimana Mengoptimalkan Seo Untuk Deskripsi Artikel ?


Sama seperti yang sudah saya katakan diatas tadi bahwa deskripsi penelusuran itu adalah kutipan singkat dari apa yang artikel Anda kisahkan. Contoh jika Anda membahas tutorial maka deskripsi ini kemudian di isi tentang penggalaman kalimat yang maknanya persis dengan tujuan judul tutorial pada artikel atau totaly isi artikel.

Namun cara mengisi kotak deskripsi untuk artikel tidak semata-mata hanya memasukkan beberapa kalimat, karena beda judul beda penyampaian deskripsinya, Dan inilah yang akan Anda pelajaari sekarang. Anda perlu tahu tentang ini karena diluar sana ada begitu banyak teori abal2 dimana panduan mereka tidak bisa dipercaya untuk lebih memaksimalkan seo konten Anda. Salah satu yang pernah saya temukan isinya melarang Anda untuk memasukkan kata kunci pada deskripsi blog dengan alasan bahwa akan terjadi spammy keyword.

Mari kenali lebih jauh bagaimana deskrisi penelusuran bisa lebih dimaksimalkan seo nya. Caranya singkat saja dan berikut wawasannya.

1) Melengkapi Judul

Terkadang Anda membuat judul kepanjangan karena pikir Anda jika judul panjang maka Anda bisa menggunakan semua kata kunci sesuai dengan apa yang Anda targetkan.  Bukan begitu? Sayangnya, judul yang baik adalah judul yang awalan kata hingga akhir bisa nampak semua di search engine. Jadi disinilah deskripsi penelusuran bisa dimanfaatkan sebagai pelengkap kekurangan dari judul utama.
Misalnya seperti ini; Target judul artikel Anda ( 10 Cara mendatangkan pengunjung ke blog dengan cara paling mudah dengan menggunakan teknik seo terbaru ) Jika diperhatikan dengan seksama sudah jelas sangat tidak direkomendasikan untuk dijadikan judul artikel karena kepanjangan. Harusnya, (10 teknik seo untuk mendatangkan banyak pengunjung). itu contoh optimasi judul yang baik.

Namun Anda tidak setuju karena anggapan Anda kalau kata kunci yang Anda targetkan tidak digunakan semuanya bukan? Dari sinilah Anda bisa menggunakan deskripsi penelusuran untuk melengkapi judul artikel Anda. Anda bisa isi deskripsinya seperti ( Postingan Ini Berbagi 10 Cara mendatangkan pengunjung ke blog dengan cara paling mudah dengan menggunakan teknik seo terbaru ) Dengan begitu kelengkapan kata kunci pada judul bisa lebih teroptimalkan karena adanya bantuan deskripsi penelusuran.

2) Pengucapan

Poin pertama diatas sudah menjelaskan sedikit cara mengoptimalkan kata kunci yang ditempatkan pada deskripsi artikel, namun itu belum cukup karena saat Anda menggunakan deskripsi akan lebih baik hasilnya jika diucapkan sesuai makna kutipan. Ini artinya, beda judul artikel akan beda juga cara pengucapannya. tidak lain tidak kurang untuk memberitahukan kepada mesin penelusuran bahwa ini adalah penjelasan lengkap dari keseluruhan isi artikel.

Berikut cara pengucapan deskripsi yang baik;

a. Dipandu,Diajar,Dituntun

Kata seperti ini digunakan untuk artikel yang mengajarkan seseorang, memandu pembaca, menuntun pembaca dari isi artikel itu. biasanya artikel seperti ini adalah artikel tutorial. Jika artikelnya tentang membuat sesuatu Anda bisa menggunakan deskripsi seperti " Pada artikel ini Anda dituntun membuat...... " Atau, " Postingan ini mengajarkan Anda cara membuat..... " Atau " Disini Anda diajar cara membuat... " Yah, seperti itu.
Contoh mengisi deskripsi penelusuran

b. Menjelaskan,Memberitahukan

Untuk kata ini cocoknya pada artikel tentang informasi sehingga Anda bisa menggunakan " Pada postingan ini menjelaskan kepada Anda tentang...." Atau Postingan ini memberitahukan kepada Anda sebuah informasi tentang " lalu menyambungnya dengan kata kunci yang ada pada judul utama.

Intinya adalah mengucap sebuah kata yang bisa memperkuat makna kata kunci yang Anda gunakan pada judul utama karena pengertian deskripsi adalah kutipan singkat, adalah potongan kalimat pendek yang menjelaskan kepada manusia maupun mesin pencari bahwa deskripsi ini adalah penjelasan singkat dari keseluruhan isi artikel yang Anda buat.

3 komentar

Wah kayaknya saya belum isi kotak deskripsinya, mudah mudahan saya ingat nantinya, terimakasih om belum bisa koprek blog 2bln lebih om, ga tahu kondisinya gimana.

bang kalo dalam deskripsi kita tuliskan keyword aja apakah baik atau dapat dianggap spam? www.portalblogspot.net

kalo deskripsinya dituliskan dengan berbahasa, artinya dengan kalimat yang tertuju tentu tidak akan dianggap spam

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

EmoticonEmoticon