Blogging cara tepat untukmu

Cara Memilih Template Yang Baik, Khusus Untuk Pengguna Blogspot

Saya sering sekali saya mendapatkan pertanyaan dari sesama teman blogger "Om,bagaimana sih memilih template yang baik?" Dan pertanyaan ini rata-rata datangnya dari pengguna blogspot. kebetulan saya juga pengguna setia platform blogger maka dari situ saya mempunyai beberapa tips untuk bisa dibagikan bagi Anda dalam hal memilih template blog yang baik,Kali ini khusus blogger yah. Sebenarnya, untuk menggunakan sebuah template blog yang baik itu memang susah susah gampang. Disatu sisi template si A sudah sesuai dengan warna idaman tapi disisi lain ada saja kekurangan sehingga template yang tadinya sudah menjadi pilihan paling top berubah menjadi ingin saja diganti karena sesuatu dan lain hal. Kegagalan lain karena template tersebut mungkin struktur datanya masih banyak error sehingga tidak power full untuk bersaing di search engine lalu Anda kemudian mencari sebuah template yang Anda yakini nantinya bisa menjadi sebuah template pilihan terbaik.

Sebenarnya, untuk bisa memiliki template yang nantinya benar-benar bisa menjadi pilihan yang paling baik cara paling pertama adalah jangan pernah tergiur dengan template yang digunakan oleh blogger yang sudah sukses. Biasanya blogger pemula percaya bahwa template yang sering membuat artikel pageone adalah template blog.  Itu salah besar. Template ibaratnya kulit, yang pageone itu isi dari blog yakni konten,maka dari itu mulai sekarang Anda sebaiknya buang jauh-jauh pikiran yang menganggap penyebab blogger bisa mendapatkan trafik tinggi karena sebuah template. Seharusnya Anda yakini satu hal saja yaitu template blog yang baik adalah template yang bisa memanjakan pengunjung.

Lantas,Bagaimana Cara Memanjakan Pengunjung Dengan Sebuah Template ?


Template itu layaknya sebuah baju. Jika Anda pakai kemudian Anda terlihat menarik berarti baju itu tergolong baju yang bagus. Bukan masalah harga baju tersebut karena yang mahal belum tentu akan terlihat menarik ketika Anda pakai. Demikian juga sebuah template blog kalau harga bukanlah penentu bahwa template itu dikatakan baik karena yang baik adalah dimana Anda merasa nyaman,enak dipAndang dan beberapa hal menyenangkan lainnya. jadi disini Anda harus berperan menjadi orang lain terlebih dahulu agar Anda nantinya Anda bisa tahu kalau template yang Anda gunakan memang sudah layak untuk blog Anda.

Cara Memilih Template Yang Baik


Sebenarnya tidak ada ketentuan khusus dalam menentukan template blog yang baik untuk blog kita,yang paling pokok hanya ada 2 saja yakni mengikuti instruksi dari search engine bahwa Anda sebagai pemilik blog sebaiknya menggunakan sebuah template dengan struktur data yang baik lalu kemudian mengutamakan kenyamanan pengguna. 2 Hal itu saja sudah cukup. mengenai warna, jumlah kolom itu terserah Anda yang penting 2 hal pokok tadi tetap harus di prioritaskan. Nah, mengenai 2 hal pokok tersebut, seperti apakah? Oleh karena itu sebaiknya Anda menyimak baik-baik saran dari omblogging dalam hal memilih template blog yang paling cocok untuk Anda sebagai pengguna blogspot.

1) Template Yang Responsif

Gunakan Template yang tampilannya bisa ikut menyesuaikan dengan perangkat pengunjung gunakan, contohnya saat pengunjung menggunakan smartphone maka layar pada smartphone pengguna tampilan blog Anda bisa menyesuaikan dengan ukuran yang terload secara otomatis jadi disini pengguna tidak perlu melakukan settingan lagi pada ponselnya semisal melakukan zoom atau memperbesar layar secara manual. Hal ini sangat penting. selain bisa memanjakan pengguna ketika Anda menggunakan template yang responsif maka Anda juga sudah mengikuti peraturan algoritma google yang berlaku yaitu algoritma mobilegeddon dimana algoritma ini mengacu dan memperhatikan sebuah tampilan website dan sangat menyukain website dengan tampilan yang mobile frindly dalam artinya tampilan yang ramah ponsel.

Apakah template yang Anda gunakan sudah termasuk dalam kategory template yang responsif ? Sebaiknya Anda pastikan dengan melakukan check melalui link berikut https://www.responsinator.com/
Caranya mudah saja. ikuti instruksi dalam gambar berikut
Template Yang Responsif


2) Template Dengan Tampilan Yang Bersih Dan User Friendly

Cara kedua adalah memilih Template dengan tampilan yang sederhana, minimalis dan bersih karena template yang seperti ini sangat di sukai oleh google sebagai mesin pencari terbesar didunia, selain nyaman dan enak di pAndang dimana pengunjung Anda nantinya bisa merasa dimanjakan, template seperti ini juga akan terlihat rapi dan tidak semborono, pengunjung pasti merasa lebih memahami bahwa Anda bukan seorang blogger yang neko-neko namun lebih memperhatikan isi blog dan kenyamanan pengguna.

3) Template Yang Memiliki Loading Cepat

Kecepatan loading juga sangat mempengaruhi masa depan blog Anda. Pengunjung yang mengunjungi blog Anda akan merasa dimanjakan ketika proses loading tidak terjadi begitu lama. apa jadinya ketika seseorang mau mengunjungi blog Anda kemudian meninggalkan blog Anda dalam keadaan proses halaman sementara terload? Hal ini akan sangat berpengaruh bagi histori mesin pencari, mesin akan mengetahui sehingga mesin pencari seperti google akan merangking hal ini. Jadi jangan heran ketika Anda memiliki tingkatan bouncing blog yang menggendut, salah satu penyebabnya adalah halaman blog Anda terload sangat lama. Jadi silahkan pilih template dengan loading yang cepat. Anda bisa menguji kecepatan loading sebuah template sebelum Anda gunakan. Caranya dengan mengunjungi link berikut https://gtmetrix.com/
Caranya:
Template Yang Memiliki Loading Cepat

4) Struktur Data Template

Template dengan struktur data error dapat membuat halaman-halaman Anda juga nantinya mendapati error pada webmastertools milik google,sebaliknya,template yang tanpa error maka dipastikan akan disukai mesin pencari. google memastikan bahwa template yang mengikuti kebijakan aturan,dimana template dengan no error pada struktr data akan lebih mudah dikenali oleh mesin perayap. maka dari itu gunakanlah template tanpa struktur data error atau jika Anda sudah terlanjur menggunakan template yang Anda sukai maka segera perbaiki agar kualitas blog Anda semakin baik dimata google. Untuk menguji apakah template yang Anda gunakan benar-benar bersih tanpa error bisa dengan mengunjungi link berikut https://developers.google.com/structured-data/testing-tool/

Kesimpulan

Jadi menurut saya hanya 4  hal saja yang sangat perlu diperhatikan ketika Anda sedang memilih template. Jangan percaya dari nama " Template Seo " Sedangkan strukturnya error sebab yang memicu trafik, datangnya pengunjung yang banyak, adalah konten, sedangkan template hanya memungkinkan pengunjung merasa nyaman. Ketika Anda memiliki ketentuan diatas maka tentu mesin pencari akan tahu bahwa website Anda memang bisa memanjakan penggunanya oleh karena itu web/blog Anda akan mendapatkan perhatian lebih dibanding website yang menggunakan template error atau tidak sesuai dengan kebijakan google.

Tag : Tips blogger
0 Komentar untuk "Cara Memilih Template Yang Baik, Khusus Untuk Pengguna Blogspot"

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan


Back To Top