2017/06/07

Ideal Jumlah Kata Pada Postingan Blog Untuk Melibatkan SEO

Salah satu pertanyaan yang paling sering saya dapatkan adalah pertanyaan seperti...Berapa banyak kata yang seharusnya disematkan dalam posting blog agar lebih ideal? Jawaban yang paling tepat adalah semakin banyak maka akan semakin lebih baik. Itu dengan anggapan bahwa Anda memiliki kualitas konten dalam postingan Anda nantinya.

Mari kita belajar dengan melihat tiga studi terbesar pada jumlah kata, sehingga nantinya kita dapat menguranginya ke jumlah aktual.

Jumlah kata rata-rata Top 10 Dari Hasil Pencarian Google

SerpIQ menemukan bahwa jumlah rata-rata kata dalam postingan yang mendapatkan peringkat nomor satu di Google adalah artikel dengan kata-kata lebih dari 2450.Bahkan kebanyakan postingan dengan kata kunci bersaing mendapatkan peringkat #10 besar di Google karena artikel itu memiliki kata kisaran 2000 kata.
Jumlah kata rata-rata Top 10 Dari Hasil Pencarian Google

Rata-rata jumlah kata yang potensial mendapatkan backlink

Studi lain oleh Phoenix hug melihat korelasi antara jumlah kata dan link balik. Hasil yang ditemukan postingan yang memiliki lebih daripada kata-kata 2500 paling sering mendapatkan link balik.
Rata-rata jumlah kata yang potensial mendapatkan backlink

Rata-rata jumlah kata yang mendapatkan share paling banyak pada media sosial

OkDork dapat lebih melihat ke dalam bagaimana content-length berdampak lebih banyak mendapatkan share sosial media. Postingan dengan kata-kata 3000 hingga 10000 memiliki jumlah terbesar dari sosial media shares. bukan berarti konten pendek juga tidak bisa mendapatkan share namun perhitungan ini setidaknya mendapatkan bahwa paling banyak mendapatkan share adalah artikel diatas dari 2000 kata.
Rata-rata jumlah kata yang mendapatkan share paling banyak pada media sosial

Ketika Anda memperhatikan diagram diatas, perhitungan okdork,disitu Anda dapat melihat bahwa yang mendapatkan share paling banyak adalah untuk postingan blog dengan 2500 + kata-kata.

Percaya Bahwa Postingan Yang panjang Dapat Mempengaruhi Peringkat

Beberapa waktu silam saya memperbaiki postingan blog klien saya, sudah lebih dari 3 tahun blog yang memiliki rata-rata 500 kata untuk setiap postingan. Setelah saya edit dan menambahkan beberapa kata agar postingan itu semakin panjang, Postingan itu semakin kaya dengan kata kunci dan semua mengalami peningkatan peringkat di google.

Dari sini bisa diambil kesimpulan bahwa Google menyukai domain yang mempublikasikan konten panjang. Anda juga harus lakukan ini agar setiap postingan Anda bisa menempati peringkat terbaik. Yah,Setidaknya mencoba untuk menulis satu posting per minggu dengan jumlah kata lebih banyak. Jika perlu buat postingan dengan jumlah kata-kata sebanyak 2500.

Tapi tunggu dulu.... Setiap topik pembahasan akan beda perhitungannya karena tidak semua postingan harus dibuat panjang.

Yang kita butuhkan agar postingan kita nantinya bisa melibatkan SEO didalamnya agar bisa bersaing dengan para pesaing kita di SERP.  Bukan begitu ?

Baca baik-baik....

Topik lain membutuhkan hitungan kata yang berbeda


Praktek terbaik untuk menentukan jumlah kata yang ideal untuk setiap jenis postingan blog adalah adalah dengan Melihat jumlah rata-rata kata para pesaing pada peringkat top 10 Google untuk frase kata kunci yang Anda sedang usahakan agar mendapatkan peringkat terbaik di google.

Misalnya artikel panjang tentang pendidikan atau mungkin artikel panjang tentang teknologi,artikel panjang tentang kesehatan dan lainnya.

Nantinya,Kalikan jumlah kata rata-rata sebesar 20% untuk mengidentifikasi jumlah minimum kata posting blog Anda nantinya.

Contoh Artikel Panjang


Jika jumlah rata-rata kata frase kata kunci semisal "Cream pemutih badan" adalah 1000, maka postingan Anda perlu memiliki kata-kata setidaknya 1200 untuk bersaing.

Beberapa blogger yang juga membahas tentang dunia blogging dan seo akan sangat akuratif dan mengharuskan Anda untuk menulis kata-kata sebanyak 4000.

Blogger lain yang memiliki pandangan berbeda agar tidak banyak memiliki pesaing mengharuskan Anda untuk menulis postingan dengan jumlah kata hanya 800 saja.

Sebagian besar dari kita tidak memiliki waktu untuk menulis postingan blog yang panjang rutin setiap hari,apalagi jika postingan itu mengharuskan agar bisa memiliki kata-kata lebih dari 2500.

Maka dari itu Anda harus memiliki perhitungan agar bisa menentukan sebara idealnya jumlah kata pada postingan blog Anda.

Sebagai contoh untuk topik tertentu...

Hari Senin = 800 + kata pos
Hari Rabu = 1200 + kata pos
Hari Jumat = 2500 + kata pos

Dengan jadwal ini, maka Anda perlu memiliki 3 macam kata kunci sesuai dengan topik. Jika Anda akan membahas 1 macam topik dengan 3 kata kunci maka ciptakan 1 buah konten dengan urutan 3 hari kerja agar Anda bisa fokus. namun jika Anda membahas 3 topik dengan 3 kata kunci tertarget maka ciptakan 3 buah konten dengan urutan Harian khusus.

Jika saja Anda bisa menyelesaikan 1 postingan dalam 1 hari maka itu akan semakin baik karena hari berikutnya Anda bisa menerbitkan postingan lainnya.

Peluang Anda.....

Tahap#1 untuk 800 + kata dalam postingan
Frase kata kunci dalam postingan ini akan memiliki kurang dari 100.000 hasil Google.

Tahap#2 untuk 1200 + kata dalam postingan
Frase kata kunci dalam postingan ini akan memiliki antara 100,000 dan 200,000 hasil Google.

Tahap#3 untuk 2500 + kata dalam postingan
Frase kata kunci dalam postingan ini akan memiliki lebih dari 200.000 hasil Google.

Strategi ini memungkinkan Anda untuk menggunakan kata kunci penelitian metrik untuk menentukan berapa lama artikel itu sebaiknya diselesaikan. Semakin besar jumlah pencarian Google untuk sebuah frase kata kunci tertentu, maka tentunya semakin banyak jumlah kata-kata dalam postingan yang harus Anda gunakan untuk bisa bersaing.

6 komentar

Mantap, artikel nya mudah dipahami dan cukup menarik om. Untuk memenangkan pertarungan melawan kompetitor yang handal di SERPs, jurus ampuh nya memang make konten panjang kya kereta babaranjang. Hehe..

Ya, konten panjang memang patokan untuk melibatkan seo. Btw, terimakasih sudah mampir

mantap jiwa om...Jadi jangan asal nulis ya om. hehehe
artikel panjang penuh arti dan masukan kata kunci..
like dulu laaah :D

bos mana yang lebih bagus jumblah artikel sedikit tapi pageviews banyak atau jumlah kata banyak tapi pageviews dikit.

Seiring berjalannya waktu,seiring blogger2 muda juga ikut berkembang maka percaya saja bahwa artikel dengan jumlah kata yang sedikit akan mengalami keterpurukan karena mesin pencari selalu mengutamakan kejelasan. Saran saya... yang bagus itu perlahan tapi pasti. Artikelnya panjang dan terus konsisten agar nanti pageviewnya banyak.

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

EmoticonEmoticon