Blogging cara tepat untukmu

Cara Agar Google Lebih Mudah Menemukan Dan Merayapi Website Anda

Postingan kali ini adalah apa yang sebaiknya Anda lakukan pada website Anda agar dapat membantu Google sebagai mesin pencarian nomor 1 di dunia dapat menemukan, mengindeks, dan memberi peringkat situs Anda.

Sebaiknya Anda perhatikan betul hal penting ini sebab apa yang akan saya jelaskan dibawah ini juga menjadi salah satu bentuk yang biasa Anda lakukan sehingga Anda mendapatkan peringatan dari google hingga website Anda di hukum.

Apakah web blog Anda pernah dihapus dari index google  ? apakah halaman web Anda tidak muncul dalam hasil penelusuran google ?

Itu karena Anda melakukan sebuah praktik yang tidak disukai oleh google, biasanya, praktik ini adalah tindakan spam sehingga web/blog Anda di hukum dan dihapus dari index google.

Cara Agar Google Lebih Mudah Menemukan Dan Merayapi Website Anda

Bagaimana Cara Google Menemukan Halaman Dalam Sebuah Website ?


Lakukan hal berikut sebagai upaya Anda untuk membantu google menemukan halaman web Anda.

1) Tautan

Pastikan bahwa semua laman yang ada dalam website Anda bisa untuk saling terkait, hal ini akan menjadikan web Anda ramah navigasi. Pastikan setiap link dapat dijangkau oleh manusia, artinya link hidup dan dapat di klik serta tidak error. Silahkan baca panduan Cara Cek link error atau link rusak pada blog dengan mudah

Setelah itu setiap link yang Anda gunakan haruslah relevan dengan target. Untuk memudahkan google memahami itu maka sertakan text ( Anchor text )

Jangan lupa untuk membatasi jumlah tautan/ link dalam setiap laman, pastikan Anda mengunakan dalam jumlah yang masuk di akal.

2 ) Sitemap

Sitemap adalah peta situs yang megarahkan perayap untuk menjelajahi semua halaman penting dalam website milik Anda.

Jadi jangan lupa untuk mengisi sitemap pada webmaster google.

Bukan cuma itu, untuk lebih memaksimalkan peforma website Anda maka sebaiknya Anda menyediakan sitemap web yang berisikan kumpulan link yang dapat dengan mudah dibaca dan dijangkau manusia.

Kumpulan link tersebut juga terindex di google dan ini sangat baik.

3 ) HTTP If-Modified-Since

Pastikan bahwa server web Anda mendukung header HTTP If-Modified-Since dengan tepat.

Tau apa maksudnya ?

HTTP If-Modified-Since adalah fungsi yang mengarahkan server web milik Anda untuk memberi tahu Google apakah konten Anda berubah sejak terakhir google merayapi situs.

Untuk pengguna blogspot tidak usah pikirin fungsi ini :) cukup buat web yang di hosting saja.

Kelebihan dari HTTP If-Modified-Since karena dapat menghemat bandwidth dan overhead.

Lakukan Submit Url Dan Sitemap Agar Google Dapat Dengan Mudah Menemukan Website Anda


Berikut yang harus Anda lakukan;

1- Lakukan Submit url agar google bisa lebih mudah menemukan situs Anda. silahkan Anda menuju kesini https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url?continue=/addurl

2-  Tambahkan file sitemap agar google bisa mengetahui pembaharuan,penambahan konten dan juga peforma penelusuran Silahkan masukkan ke Google Search Console

Tambahkan Wawasan Agar Google Menyukai Situs Anda Secara Keseluruhan


Secara keseluruhan yang menjadikan sebuah website agar lebih mudah dipahami google adalah isi website tersebut. Hal inilah yang diberikan penilaian.

Jadi bukan hanya kecepatan loading dan tampilan yang good looking melainkan yang paling penting adalah isinya.

Berikut hal yang harus Anda lakukan.

1. Situs Yang Berguna

Tugas Anda adalah membuat situs yang kaya informasi. setiap konten dalam web Anda benar-benar dapat beguna untuk manusia. ( Untuk Manusia ) dan pastikan bahwa apa yang Anda gambarkan dalam konten Anda dapat dengan mudah dipahami dengan jelas.

2. Kata Kunci

Sekarang, sebelum membuat konten terlebih dulu persiapkan kata kunci. Kata kunci yang baik dapat diambil dari Anda sendiri dengan cara terlebih dulu berpikir seperti apa nantinya yang diketikkan orang agar bisa menemukan website Anda. Pastikan bahwa setiap kata kunci yang sudah Anda siapkan termuat dalam konten yang Anda terbitkan.

3. Judul, alt, deskripsi

3 elemen ini dalam satu konten benar2 harus spesifik, harus akurat, maksudnya apa yang Anda jelaskan relevan dengan judul, alt dan deskripsi. Pastikan bahwa apa yang Anda maksudkan dan sedang Anda bahas memiliki nilai kesamaan dengan 3 elemen tersebut.

4. Konten Yang Lengkap

Google selalu menyarankan kita agar melengkapi konten yang kita buat dan terstruktur. Disini artinya ketika sebuah pembahasan memangg perlu untuk disematkan sebuah video maka isi video untuk konten tersebut, demikian juga gambar maka isi gambar, hal ini bertujuan agar manusia paham dengan jelas.

Agar Google sepenuhnya dapat memahami konten dalam website Anda, maka lakukan perenderan. Anda bisa melakukannya pada webmaster tools milik  google.

Jadi perayap akan merayapi setiap file css dan java script ketika Anda melakukan perenderan, perayap melihat file css dan script sama seperti manusia dan ini sangat mempengaruhi peforma website di search engine.

5. Pastikan Semua Dapat Diakses

Pastikan setiap laman dapat dilihat dengan jelas dan pastikan bahwa dapat diakses. Google dengan algoritma pintarnya dapat mengakses semua file bahkan yang tersembunyi sekalipun disetiap elemen dalam website Anda.

Jadi pastikan semua dapat di akses oleh manusia. utamanya navigasi seperti menu tab atau hal lainnya yang seharusnya dijangkau manusia.

Jika ada satu saja yang tidak dapat diakses oleh manusia maka google akan menganggap itu tidak baik, seharusnya Anda membuat semuanya dapat diakses. dan perayap tahu ini bahwa Anda menavigasikan pengguna dengan baik maka dari itu halaman web Anda dapat dipercayai google.
Tag : Webmaster
0 Comments for "Cara Agar Google Lebih Mudah Menemukan Dan Merayapi Website Anda"

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Back To Top